Daftar Sumber Daya Alam Malaysia, Beserta Komoditas Ekspornya

sumber daya alam malaysia

Siapa yang gemar makan durian? Ya, Malaysia adalah negara yang cukup terkenal karena ekspor buah duriannya. Negara Malaysia ini terletak di Asia Tenggara. Perbatasan darat antara Malaysia dengan Indonesia terbagi ke dalam perbatasan darat dan perbatasan maritim, di mana pulau Kalimantan adalah perbatasan darat antara Indonesia dan Malaysia. Sedangkan Selat Malak, Laut Cina Selatan, serta Laut Sulawesi adalah perbatasan maritimnya.

Malaysia juga memiliki banyak sumber daya alam, salah satunya adalah hayati. Keanekaragaman hayatinya sangat beragam karena wilayahnya yang berbatasan dengan Indonesia. Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan lebih fokus pada daftar sumber daya Malaysia dan kompetisi ekspor-impor Malaysia. Untuk menambah wawasanmu, pastikan kamu simak artikel ini sampai akhir! 

Kondisi Alam Wilayah Malaysia

Secara geografis, negara Malaysia berbatasan dengan Laut Cina Selatan, Indonesia, Selat Singapura, Singapura, Selat Malaka, dan Thailand. Malaysia ini terletak di antara 1 derajat Lintang Utara – 7 derajat Lintang Selatan, dan antara 100 derajat Bujur Timur – 120 derajat Bujur Timur. Malaysia memiliki iklim tropis, yang ditandai dengan curah hujan yang tinggi, yaitu rerata 260–800 mm sepanjang tahun.

Seperti wilayah lain di Asia Tenggara, keadaan iklim di Malaysia tersebut dipengaruhi oleh angin muson. Temperatur harian rata-ratanya adalah 21 derajat Celcius – 32 derajat Celcius di daerah pantai, dan 12 derajat Celcius – 25 derajat Celcius di daerah pegunungan. Berdasarkan pembagian daerah, Malaysia dibagi menjadi dua daerah yang berada pada dua pulau yang berbeda, yaitu Malaysia Barat terletak di Semenanjung Malaka (Asia), dan Malaysia Timur ada di Kalimantan bagian Utara.

Secara topografi, Malaysia Barat diliputi bentukan pegunungan dengan puncak tertinggi di Gunung Tahan yaitu 2.189 mdpl. Sementara itu, Titiwangsa merupakan pegunungan terpanjang di Malaysia (483 km) yang membentang dari perbatasan Malaysia dengan Thailand sampai dengan negara bagian Malaka. Di wilayah ini pula, tanahnya tidak begitu subur, sehingga banyak lahan yang digunakan sebagai area perkebunan dengan jenis tanaman yang homogen seperti kelapa sawit.

Sementara itu, wilayah Malaysia bagian timur mempunyai relief yang kasar. Di daerah Serawak, gunung-gunung bukan merupakan pegunungan vulkanis, dan titik tertinggi dari gunung-gunung di Malaysia timur ini terletak di puncak Gunung Kinabalu.

Daftar Sumber Daya Alam Malaysia

qelola 6 2 - Daftar Sumber Daya Alam Malaysia, Beserta Komoditas Ekspornya

sumber: freepik

Sumber daya alam yang menjadi andalan Malaysia adalah karet dan timah. Selain itu, Malaysia juga menjadi penghasil minyak kelapa sawit, minyak bumi, dan gas alam. Kayu-kayu yang diperdagangkan di dunia juga banyak yang berasal dari Malaysia. Daftar sumber daya alam Malaysia selengkapnya, simak ulasannya di bawah ini:

Sumberdaya alam yang dimiliki Malaysia antara lain adalah:

1. Minyak bumi

Malaysia adalah negara penghasil gas dan minyak bumi yang besar. Malaysia memiliki cadangan minyak bumi sekitar 3,6 hingga 4 milyar barel minyak mentah. Cadangan minyak ini pada umumnya berada di lepas pantai di timur Semenanjung Malaya.

2. Gas bumi

Malaysia juga memiliki cadangan gas, yaitu sebesar 2,35 triliun meter kubik. Sebagaimana minyak bumi, gas bumi di Malaysia juga kebanyakan berasal dari cadangan yang ada di lepas pantai. Cadangan terbesar berada di lepas pantai Serawak, tepatnya di bagian utara pulau Kalimantan.

3. Karet

Malaysia adalah salah satu penghasil karet yang terbanyak di dunia. Karet tersebut dihasilkan dari perkebunan karet yang menghasilkan latek yang kemudian diolah menjadi karet. Malaysia menghasilkan sekitar 996,210 ton karet dalam setahun pada tahun 2011. Sekitar 400 ribu digunakan untuk konsumsi dalam negeri dan sisanya untuk diekspor.

4. Timah

Sebelum tahun 1980-an, Malaysia menjadi salah satu negara penghasil timah terbesar di dunia. Namun saat ini, produksi dan ekspor timah di Malaysia sudah berkurang karena depositnya mulai habis. Saat ini, Malaysia hanya memproduksi sekitar 4000 ton timah setiap tahunya.

5. Minyak sawit

Malaysia juga menjadi produsen terbesar kedua minyak sawit di dunia setelah Indonesia. Pada tahun 2012 lalu, Malaysia menghasilkan sekitar 18,79 juta ton minyak sawit.

Komoditas Ekspor Malaysia

qelola 5 2 - Daftar Sumber Daya Alam Malaysia, Beserta Komoditas Ekspornya

sumber: freepik

Berdasarkan data Sekretariat Nasional ASEAN, Malaysia lebih banyak melakukan kegiatan ekspor daripada kegiatan impornya. Komoditas ekspornya terbagi ke dalam banyak jenis, yang memerlukan peralatan listrik, bahan kimia, produk karet, produk tekstil, dan lainnya.

Seperti negara-negara lain di dunia, Malaysia melakukan kegiatan ekspor untuk meningkatkan ekonomi di negaranya. Berikut ini adalah data yang dieksekusi Malaysia:

  • Karet
  • Kelapa sawit
  • Timah
  • Minyak bumi
  • Kayu
  • Tekstil

Negara tujuan ekspornya adalah Tiongkok, Singapura, Amerika, dan juga Thailand. Untuk melancarkan kegiatan ekspor-impor, negara Malaysia melakukan dua akses distribusi, yaitu:

1. Akses Distribusi Laut (Pelabuhan)

Di Malaysia sendiri, diberikan tujuh pelabuhan yang diterbitkan untuk ekspor-impornya. Pelabuhan-pelabuhan tersebut tersebar di seluruh wilayah Malaysia, yaitu Pelabuhan King, Pelabuhan Johor, Pelabuhan Tanjung Pelepas, serta Pelabuhan Kuantan. 

2. Akses Distribusi Udara

Selain memiliki pelabuhan yang banyak, Malaysia juga telah menyediakan transportasi udara demi kelancaran dan kenyamanan para pembelinya. Di antara bandar udara tersebut adalah Bandara Internasional Langkawi, Bandara Internasional Kuala Lumpur, Bandara Internasional Kuching, Bandara Internasional Pulau Pinang, Bandara Internasional Senai,  dan Bandara Internasional Melaka.

Baca juga: Simak Syarat dan Informasi Penting Kuliah di Malaysia Terkini

Setelah melihat langsung daftar sumber daya alam Malaysia, ternyata Malaysia juga memiliki komoditas ekspor yang beragam. Kalau kamu berencana untuk tinggal di Malaysia, jangan khawatir karena aplikasi Qelola akan setia menemanimu. Qelola akan membantumu untuk menyelesaikan berbagai macam pembayaran. Mulai dari bayar tagihan, beli pulsa dan paket data internet, hingga transfer antar bank. Kalau ingin tahu lebih banyak soal aplikasi canggih yang satu ini, langsung saja unduh Qelola di Google Play Store!

Tags: , , , , ,