Simak Syarat dan Informasi Penting Kuliah di Malaysia Terkini

kuliah di Malaysia

Melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan menjadi hal besar bagi sebagian orang. Sehingga pilihan jurusan, universitas, dan prospek kerja menjadi indikator yang sangat diperhatikan. Salah satu pilihan pendidikan tinggi yang tak kalah penggemarnya adalah kuliah di luar negeri. Malaysia menjadi negara tetangga yang populer akan hal ini. Selain biaya hidup yang tidak terlalu tinggi, kuliah di Malaysia juga memungkinkan kamu mendapatkan lebih banyak pengalaman. Berikut ini adalah syarat kuliah di Malaysia serta beberapa informasi penting yang harus kamu ketahui sebelum mendaftar.

A.      Syarat Kuliah di Malaysia

Baik untuk jenjang S1 maupun S2, syarat kuliah di Malaysia tidak sulit. Hanya saja, setiap universitas memiliki syarat khusus sesuai dengan jurusan yang diambil. Jadi, selain syarat umum di bawah ini, kamu juga harus mengecek syarat khusus apa saja yang harus disediakan.

1.       Syarat S1

  • Ijazah SMA dengan rata-rata nilai minimal 7
  • Ijazah D3 (jurusan yang relevan) dengan IPK minimal 2.5
  • Fotokopi atau scan paspor (termasuk halaman kosong) dan KTP
  • Pas foto dengan latar belakang putih ukuran 4X6 (6 lembar)
  • IELTS dengan nilai minimal 4
  • TOEFL dengan nilai minimal 450
  • Lulus program Foundation/GCE/O Level/IB

2.       Syarat S2

  • Ijazah S1
  • Fotokopi atau scan paspor (termasuk halaman kosong) dan KTP
  • Pas foto dengan latar belakang putih ukuran 4X6 (6 lembar)
  • IELTS dengan nilai minimal 6
  • TOEFL dengan nilai minimal 550
  • Surat pengalaman kerja dan bukti karya ilmiah atau jurnal ilmiah, jika ada

Semua syarat di atas akan kamu kirimkan melalui email bersamaan dengan mengisi formulir pendaftaran yang bisa kamu unduh melalui website resmi universitas tujuan. Kemudian jika kamu telah resmi diterima, jangan lupa untuk membawa dokumen asli di atas ke Malaysia. Namun mengingat situasi saat ini, kemungkinan besar kamu akan diberi kebijakan lain selain datang ke Malaysia.

B.      Langkah Mendapatkan Visa Belajar

visa online imigrasi - Simak Syarat dan Informasi Penting Kuliah di Malaysia Terkini

Meskipun situasinya belum memungkinkan untuk melakukan studi offline ke Malaysia, namun kamu harus mempersiapkan kelengkapan untuk hidup di sana. Karena bagaimanapun juga situasi yang sulit ini pasti akan berakhir. Salah satu dokumen yang harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari adalah visa pelajar atau student pass. Student pass berfungsi sebagai izin belajar dan tinggal di Malaysia selama menjalani studi. Berikut ini langkah mendapatkannya.

Offer Letter

Pertama, kamu harus memiliki offer letter yang dikeluarkan oleh universitas tempat kamu diterima. Dengan dokumen tersebut kamu bisa membuat Visa Approval Letter (VAL). Proses pembuatan VAL ini harus dilakukan di lembaga Education Malaysia Global Service (EMGS).

SEV dan VAL

Kedua, apabila VAL sudah kamu kantongi, kamu harus segera membuat Single Entry Visa (SEV). Pembuatannya dilakukan di Kedutaan Besar Malaysia atau kantor khusus visa Malaysia. Beberapa dokumen yang harus kamu bawa adalah KTP asli, fotokopi KTP, paspor asli dan fotokopi paspor, pas foto dengan latar belakang putih, offer letter, dan VAL. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan biaya pembuatan SEV kurang lebih Rp 800.000 hingga Rp 900.000.

Student Pass

Ketiga, SEV inilah yang akan kamu gunakan untuk mengurus visa belajar di Malaysia. Serahkan paspor kamu kepada pihak universitas yang akan membantu administrasi, termasuk visa belajar, bagi mahasiswa internasional. Staf universitas akan mengurus konversi SEV kamu menjadi Multi Entry Visa (MEV), salah satu jenis visa bagi pelajar (student pass). Perlu menjadi catatan juga bahwa SEV hanya berlaku selama 3 bulan sehingga kamu harus menyesuaikannya dengan jadwal keberangkatan kamu ke Malaysia agar tidak perlu membuat SEV kembali.

Informasi tambahan : Dengan memiliki student pass atau visa belajar, kamu dapat membuat semacam kartu mahasiswa (Student Card bernaman i-Kad) di Departemen Imigrasi. Selain itu, kamu dan institusi tempat kamu belajar perlu menandatangani surat tanggungan (Personal Bond) sekaligus membayarkan biaya tertentu (kurang lebih RM 500). Biaya ini nantinya akan diberikan kembali kepada kamu saat masa studi telah selesai.

Kuliah di Malaysia bukanlah hal yang sulit untuk diraih. Hal ini tentu karena pengaruh kerja sama antara Indonesia dan Malaysia yang erat. Bahkan dalam situasi saat ini, kamu tetap bisa mengikuti pendaftaran kuliah di Malaysia. Meskipun dalam praktek pembelajaran masih menggunakan sistem online. Manfaatkan keadaan ini untuk mengembangkan diri. Tidak hanya syarat kuliah, pemerintah Malaysia dan Indonesia juga telah memiliki kerja sama dalam hal beasiswa. Sehingga apabila kamu memiliki niat yang kuat dan kerja keras yang tinggi, biaya kuliah bukanlah hambatan yang sulit dilalui.

Masih berkaitan dengan biaya, persiapkan juga alat yang bisa mempermudah kamu menerima biaya hidup dan biaya operasional lainnya selama di Malaysia. Qelola merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fitur lengkap untuk menyelesaikan urusan keuangan antara negara Malaysia dan Indonesia. Download dan pelajari Qelola melalui tautan ini.

Tags: , , , ,