6 Bangunan Bersejarah di Malaysia dengan View Instagenic

bangunan bersejarah di malaysia

Malaysia adalah salah satu negara tujuan wisata yang menawarkan berbagai objek wisata mulai dari wisata alam, kuliner, budaya, hingga sejarah. Mengunjungi beberapa bangunan bersejarah di Malaysia menjadi satu alternatif dalam mengisi liburan yang harus kamu agendakan. Selain plesiran, kamu juga bisa menyaksikan peninggalan sejarah Malaysia di masa lalu yang masih terjaga hingga sekarang.

Jauh dari kata membosankan, mengunjungi bangunan bersejarah di Malaysia justru akan memperkaya pengetahuanmu tentang negeri Jiran tersebut. Tak lupa, abadikan momen di setiap sudut bangunan yang instagenic tersebut untuk menambah koleksi fotomu di galeri sosial media. Berikut adalah pilihan berbagai bangunan bersejarah yang bisa kamu jelajahi saat liburan ke Malaysia.

  • Muzium Diraja Negara

Museum menjadi ikon bangunan bersejarah di negara manapun termasuk Malaysia. Tur bangunan bersejarah di Malaysia bisa kamu mulai dengan mengunjungi Muzium Diraja Negara di Kuala Lumpur. Dalam catatan sejarah, bangunan ini sudah berkali-kali pindah tangan sebelum pada akhirnya menjadi sebuah museum.

Awalnya, bangunan bersejarah tersebut menjadi kepunyaan Chan Wing yang berkebangsaan China. Setelah itu, bangunan ini ditempati gubernur asal Jepang. Tak lama kemudian, Inggris datang dan mengambil alih gedung tersebut. Sampai akhirnya Muzium Diraja Negara ditinggali oleh Sultan Selangor Malaysia.

Saat mengunjungi tempat ini, kamu akan diajak untuk mengelilingi halaman, sayap barat, dan sayap timur yang penuh dengan sejarah Kesultanan Selangor. Museum yang dibangun pada tahun 1928 ini buka dari jam 9 pagi hingga 5 sore dengan harga tiket 17 ribu untuk dewasa dan 7 ribu untuk anak-anak.

  • Masjid Jamek Sultan Abdul Samad

Malasia⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ 📍Masjid Jamek Sultan Abdul Samad Kuala Lumpur   . . . .  700x524 - 6 Bangunan Bersejarah di Malaysia dengan View Instagenic

Sumber: pinterest oleh William Hara

Masjid Jamek Sultan Abdul Samad menjadi situs bersejarah sekaligus objek wisata religi yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Malaysia. Memadukan gaya arsitektur Islam, Moor, dan Mughal, masjid yang berdiri pada tahun 1907 ini juga merupakan masjid tertua yang ada di Malaysia.

Siapa saja boleh masuk ke dalam kawasan masjid tersebut. Namun, kamu tidak diizinkan masuk saat masjid tersebut sedang dipakai untuk ibadah jamaah. Masjid yang menjadi pusat penyebaran agama Islam di Malaysia ini bisa kamu datangi mulai pukul 10 pagi hingga setengah 1 siang. Kemudian masjid akan dibuka kembali pada pukul setengah 3 sore hingga 4 sore.

  • Thean Hou Temple

Masih di sekitaran Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, terdapat objek wisata sejarah sekaligus religi lainnya yang bernama Thean Hou Temple. Hebatnya, Kuil Budha dengan desain khas negeri Tiongkok tersebut menjadi kuil terbesar dan tertua di Asia Tenggara.

Spot sejarah dengan arsitektur menawan ini sudah ada sejak tahun 1894. Kamu bisa mengunjungi tempat ini dari pukul 8 pagi hingga 10 malam di alamat 65, Persiaran Endah, Taman Persiaran Desa, 50460 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

  • Kellie’s Castle

Kellies Castle In Batu Gajah Ipoh - 6 Bangunan Bersejarah di Malaysia dengan View Instagenic

Sumber: freepik

Beralih ke kota Perak Malaysia, terdapat bangunan peninggalan sejarah yaitu Kellie’s Castle. Bangunan yang memiliki konsep seperti istana Mughal di Malaysia tersebut didirikan pada tahun 1910 oleh seorang warga negara Skotlandia. Selain memiliki tiga tingkat, istana ini juga punya ruang bawah tanah, terowongan rahasia, dan juga lift.

Bahkan, kamu akan menemukan lapangan tenis saat naik ke lantai dua. Terletak di 31000 Batu Gajah, Perak, Malaysia, bangunan bersejarah tersebut dibuka dari jam 9 pagi sampai 6 sore. Kamu cukup membayar tiket sebesar 35 ribu untuk dewasa dan 31 ribu untuk anak-anak.

Baca juga: Tempat Paling Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Perak Malaysia

  • Kota Belanda

Mengelilingi kota Perak, jangan lupa untuk mampir ke Kota Belanda. Dulunya, bangunan bersejarah di Malaysia ini berfungsi sebagai gudang penyimpanan biji timah yang dibangun oleh Serikat Hindia Timur Belanda di tahun 1670. Sempat hancur karena ulah penduduk di Malaysia, Kota Belanda kembali didirikan pada tahun 1749. Sayangnya, bangunan ini pada akhirnya menjadi terbengkalai karena kolonial Belanda saat itu tengah berperang dengan negara Perancis yang dipimpin oleh Kaisar Napoleon.

  • A’Famosa/ Benteng Melaka

Malaysia Malacca Portadesantiago - 6 Bangunan Bersejarah di Malaysia dengan View Instagenic

Sumber: wikipedia.org

Beralih ke wilayah Melaka, kamu tidak boleh melewatkan A’Famosa yang merupakan benteng tertua di Malaysia. Benteng tersebut dibangun selama 5 bulan pada masa penjajahan Portugis pada tahun 1511.

Tempat ini menjadi saksi pilu karena menelan banyak korban yang meninggal akibat kerja paksa di bawah perintah Alfonso de Albuquerque. Bangunan bersejarah di Malaysia yang bisa kamu akses selama 24 jam ini tidak dipungut biaya dan bisa kamu kunjungi di alamat Jalan Parameswara, Bandar Hilir, 78000 Alor Gajah, Melaka.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Dessert di Melaka Malaysia Yummy

Tak hanya menjelajahi berbagai bangunan bersejarah di Malaysia saja, kamu juga harus tahu aplikasi keuangan populer yang banyak digunakan oleh orang Indonesia di Malaysia. Salah satu aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online yang terpercaya adalah Qelola. Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi.

Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , , , , , ,