Tips Mendapat Judul dan Ide Skripsi Menarik

creativity 819371 640 - Tips Mendapat Judul dan Ide Skripsi Menarik

Ide skripsi menarik sudah pasti menjadi impian para mahasiswa. Sayangnya untuk mendapatkan ide serta judul skripsi ternyata bukan perkara mudah. Hal ini seringkali menyita banyak waktu dan membuat masa studi menjadi semakin lama. Belum lagi jika ternyata judul skripsi yang sudah dibuat ditolak oleh dosen, makin membuat frustasi.

Penolakan judul skripsi biasanya dikarenakan sudah ada penelitian sejenis sebelumnya, judul kurang menarik atau relevan, topik judul skripsi terlalu luas atau terlalu sempit, dan masih banyak lainnya. Untuk menghindari penolakan dari dosen, maka kamu perlu menyodorkan judul yang menarik.

Pada penerapannya, mencari judul sangat melelahkan. Ide skripsi bahkan sudah dipikirkan lama namun tidak kunjung dapat. Lalu, bagaimana solusinya? Sahabat Qelola bisa mencoba beberapa tips agar mendapat ide dan judul skripsi menarik berikut ini. Simak dan baca sampai selesai agar tidak ada yang terlewat, ya!

1. Sesuaikan dengan Minat Kajian

pros 5201376 640 - Tips Mendapat Judul dan Ide Skripsi Menarik

Sumber: pixabay

Tips pertama dalam mencari ide skripsi adalah menyesuaikan dengan minat kajianmu. Hal ini sangat penting dan perlu dilakukan. Mengapa? Meneliti sesuatu yang kamu minati akan membruta lebih percaya diri. Selain itu, kamu akan lebih semangat dalam melakukan riset dan menulis skripsi nantinya.

Jika kamu memiliki lebih dari satu minat kajian, tidak menjadi masalah. Saat akan memilih judul sesuai minat coba pertimbangkan beberapa hal seperti tingkat kesulitan riset, dampak pada masyarakat dan dunia akademis, relevansi, dan lain sebagainya. Tidak perlu dipirkan apakah judul tersebut terasa menarik atau membosankan, selama memang di situ minat kajianmu kemungkinan berhasil lebih besar.

2. Baca Skripsi Sebelumnya untuk Referensi 

person 984236 640 - Tips Mendapat Judul dan Ide Skripsi Menarik

Sumber: pixabay

Mendapatkan ide menarik menjadi sia-sia jika ternyata sudah ada judul yang serupa atau bahkan sama. Guna mengantisipasi hal itu, kamu bisa membaca skripsi yang sudah ada sebelumnya. Kamu tidak perlu membaca semua skripsi, kok! Cari saja judul yang sesuai minat kajianmu untuk memastikan bahwa ide yang kamu miliki belum pernah dituliskan.

3. Lakukan Riset dengan Membaca Jurnal

man 791049 640 - Tips Mendapat Judul dan Ide Skripsi Menarik

Sumber: pixabay

Riset awal bisa mulai dilakukan dengan membaca berbagi jurnal yang mendukung. Tujuan riset awal ini untuk memastikan bahwa ide yang kamu miliki memang dapat diterapkan. Selain itu, dengan membaca jurnal maka beragam opsi judul menarik seringkali bisa muncul dengan sendirinya. Meski melelahkan, langkah ini sebaiknya tidak kamu lewati, ya!

4. Ikuti Workshop dan Seminar Terkait

lecture 3986809 640 - Tips Mendapat Judul dan Ide Skripsi Menarik

Sumber: pixabay

Tidak hanya riset dengan membaca saja, kamu perlu mendapat tambahan wawasan lainnya. Cara yang bisa ditempuh yaitu dengan mengikuti berbagai workshop dan seminar terkait. Dalam acara tersebut, kamu pun akan berkesempatan bertemu orang lain dengan minat dan bidang yang serupa. Ajak diskusi satu dua orang setelah selesai acara agar idemu semakin matang.

5. Diskusikan dengan Orang Lain 

lightbulb 2692247 640 - Tips Mendapat Judul dan Ide Skripsi Menarik

Sumber: pixabay

Kebanyakan orang seringkali merasa kesulitan mengukur diri sendiri. Maksudnya, apa yang dipikirkan terasa sudah sempurna dan tidak memiliki celah kesalahan. Ide yang kamu miliki bisa jadi sebenarnya masih sangat lemah dan kurant menarik, namun kamu tidak menyadarinya.

Pada saat itulah berdiskusi dengan banyak pihak menjadi penting. Kamu bisa mengajak bicara senior, teman seangkatan, atau dosen dengan minat yang serupa. Dari berbagai diskusi tersebut, idemu akan semakin berkembang dan lebih tajam. Alhasil, judul skripsi yang nantinya kamu buat telah dipastikan menarik dan tepat.

6. Buat Alternatif Judul Cadangan 

time 3613618 640 - Tips Mendapat Judul dan Ide Skripsi Menarik

Sumber: pixabay

Menyiapkan rencana cadangan juga penting. Meski kamu sudah sangat yakin dengan ide skripsimu, tidak ada salahnya membuat cadangan. Sejak awal sebaiknya kamu menyiapkan 3 hingga 5 judul sekaligus. Dengan begitu kamu telah mengantisipasi kemungkinan penolakan dan tidak perlu membuang waktu lagi untuk mengulang proses riset.

7. Mulai Tulis dan Jangan Terus Menunda

display panel 457381 640 - Tips Mendapat Judul dan Ide Skripsi Menarik

Sumber: pixabay

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah memulai. Apabila selama ini judul hanya ada di pikiran saja, segera tuliskan ide tersebut. Semakin cepat semakin baik asal memang sudah yakin. Setelah melewati berbagai tips dan berproses seperti di atas, besar kemungkinan bahwa judul yang kamu buat akan diterima. Yakini bahwa tidak ada yang sempurna sehingga jika ada reivisi judul dari dosen tidak perlu merasa kecewa, ya.

 

Dalam menentukan judul tentu saja kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor eksternal tambahan. Berbagai hal tersebut seperti lokasi penelitian, tenggat waktu skripsi, serta biaya yang dibutuhkan untuk pengerjaan. Jika budget terbatas, kamu bisa mengakalinya dengan mencari sponsor penelitan.

Selain itu, pengelolaan keuangan tetap perlu diperhatikan sehingga selama mengerjakan skripsi kamu tidak menjadi boros. Apa gunanya mendapat ide cemerlang namun banyak utang. Coba gunakan aplikasi Qelola agar pembayaran tagihan rutinmu menjadi lebih mudah. Kamu bisa membayar BPJS, PDAM, listrik pulsa, dan masih banyak lainnya. Unduh segera secara gratis aplikasi Qelola di Google Play Store!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,