Ini 6 Cara Mengatur Waktu yg Efektif Bagi Mahasiswa

cara mengatur waktu bagi mahasiswa

Seorang mahasiswa tentunya memiliki banyak kegiatan baik di dalam maupun di luar kampus, baik akademik maupun non-akademik. Itu artinya, selain mengerjakan tugas kuliah atau mengikuti kegiatan perkuliahan di dalam kelas, para mahasiswa juga memiliki kegiatan lain di luar kampus, seperti organisasi kampus ataupun organisasi kemasyarakatan. Banyaknya tugas dan kegiatan yang harus dijalankan, serta bagaimana cara untuk mengatur waktunya tentu harus diperhatikan. Apalagi untuk Anda yang menjalani kuliah di luar negeri yang harus dituntut untuk lebih mandiri. Oleh karena itu jika kegiatan Anda ingin berjalan dengan lancar, Anda harus bisa mengatur waktu seefektif mungkin. Lalu bagaimana cara yang tepat agar para mahasiswa dapat mengatur waktunya secara efektif? Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda.

1.  Membuat Jadwal Kegiatan

pexels photo 760710 - Ini 6 Cara Mengatur Waktu yg Efektif Bagi Mahasiswa

Membuat jadwal kegiatan adalah salah satu cara mengatur waktu yang paling efektif dan efisien. Buatlah sebuah daftar kegiatan yang akan Anda lakukan beserta waktunya pada sebuah kertas atau aplikasi pencatat jadwal pada smartphone Anda. Jangan membuat jadwal di dalam ingatan Anda, terutama bagi Anda yang pelupa. Dengan membuat jadwal kegiatan, Anda tidak akan mudah terlupa dengan aktivitas yang sudah Anda rencanakan. Keseharian Anda pun menjadi lebih terstruktur. Walaupun kadang mungkin jadwal kegiatan yang Anda susun tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya kegiatan yang Anda prediksi akan selesai dalam durasi tertentu bisa saja selesai lebih lama. Namun dengan membuat jadwal, paling tidak Anda tahu apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Jadi, luangkan sedikit waktu untuk membuat jadwal kegiatan-kegiatan yang ingin Anda lakukan.

2.  Membuat Skala Prioritas

pen calendar to do checklist - Ini 6 Cara Mengatur Waktu yg Efektif Bagi Mahasiswa

Setiap orang pasti memiliki prioritasnya masing-masing, begitu pula dengan Anda. Biasakan untuk membuat skala prioritas sesuai kebutuhan. Tentukan dan pilih tugas atau kegiatan mana yang paling mendesak dan harus Anda lakukan terlebih dahulu. Sebaiknya Anda tetap memprioritaskan tugas ataupun kegiatan kuliah daripada kegiatan di luar kuliah, karena tujuan utama Anda datang ke perguruan tinggi itu adalah untuk kuliah dan mendapatkan ilmu. Jika Anda mempunyai kegiatan-kegiatan yang memiliki jadwal yang sama, Anda harus menentukan kegiatan mana yang lebih penting untuk dilakukan. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengalokasikan kegiatan yang tidak diprioritaskan pada waktu tertentu ke waktu yang lain.

3.  Fokus Pada Satu Kegiatan

Melakukan lebih dari satu kegiatan pada satu waktu yang bersamaan atau multi-tasking adalah salah satu hambatan yang bisa membuang waktu Anda ketika beraktivitas. Oleh karena itu, selesaikan terlebih dahulu suatu kegiatan sebelum berlanjut ke kegiatan yang lain. Lakukan secara bertahap sehingga kegiatan-kegiatan Anda bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

4.  Membuat Sub dari Setiap Kegiatan

Ini bertujuan agar Anda tidak menyelesaikan masalah yang sudah diselesaikan sebelumnya dari suatu kegiatan. Buatlah sub-sub kegiatan dari satu kegiatan dan berikan checklist yang sudah selesai dikerjakan. Hindarilah menunda-nunda dalam mengerjakan sesuatu sehingga kegiatan yang seharusnya selesai pada waktu tertentu tidak berlarut-larut. Apalagi jika kegiatan Anda tidak memungkinkan untuk ditunda, maka Anda wajib mengerjakan semuanya secara tepat waktu, agar kegiatan Anda dapat berjalan secara teratur.

5.  Memaksimalkan Waktu Luang yang Tersisa

pexels photo 552598 - Ini 6 Cara Mengatur Waktu yg Efektif Bagi Mahasiswa

Jika Anda mempunyai waktu luang yang tersisa, seperti waktu luang di antara jadwal kelas, Anda dapat memanfaatkan waktu luang tersebut untuk mencicil tugas atau melakukan kegiatan yang bermanfaat. Selain itu, di universitas biasanya sering diadakan seminar atau workshop dengan pembahasan yang berguna untuk menambah wawasan dan keterampilan. Meski demikian, waktu luang di antara jadwal kelas mungkin merupakan satu-satunya waktu untuk istirahat bagi sebagian mahasiswa dengan jadwal padat selama kuliah. Jika demikian, Anda bisa memanfaatkannya untuk istirahat. Namun, apapun yang akan Anda lakukan dengan waktu luang tersebut, pilihlah dengan bijak dan manfaatkanlah dengan baik. 

6.  Menyisihkan Waktu untuk Bersantai dan Beristirahat

pexels photo 904616 - Ini 6 Cara Mengatur Waktu yg Efektif Bagi Mahasiswa

Merencanakan waktu untuk beristirahat dan bersantai di akhir pekan adalah salah satu cara mengatur waktu yang penting bagi mahasiswa. Anda harus meluangkan waktu beberapa hari dalam seminggu untuk bersantai dan beristirahat, misalnya Anda mengambil hari Sabtu dan Minggu. Namun arti dari bersantai disini bukanlah malas. Akan tetapi, Anda perlu meluangkan waktu untuk bersantai sejenak, refreshing, dan istirahat setelah beraktivitas. Ini berdampak baik pada kesehatan Anda supaya Anda tidak stress. Misalnya, berolahraga, nongkrong bersama teman, bermain game, dan membaca buku, tetapi tetap memperhatikan waktu supaya waktu yang Anda gunakan untuk bersantai tidak menggangu kegiatan-kegiatan lain. Selain itu, memiliki waktu istirahat dari berbagai aktivitas akan memberikan keseimbangan pada kehidupan sehingga Anda tidak jenuh dengan rutinitas.

Baca Juga: Ingin Kuliah di luar Negeri? ke Malaysia Saja, Ini Alasannya

Itulah beberapa tips bagaimana cara mengatur waktu yang efektif bagi mahasiswa. Menjalani segala hal dengan teratur, tentu akan membuat hidup lebih teratur. Khususnya untuk Anda yang kuliah di luar negeri, menjadi mahasiswa dan jauh dari orang tua adalah kesempatan bagi Anda untuk belajar dan membiasakan diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Agar kehidupan Anda sebagai mahasiswa dapat lebih bermanfaat lagi, maka bukan hanya waktu yang perlu Anda perhatikan. Masalah keuangan juga perlu.

Jika Anda ingin melakukan segala transaksi keuangan dengan mudah, melakukan transfer dengan biaya murah dari Malaysia ke Indonesia Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Qelola juga akan membantu Anda untuk melakukan transaksi ke sesama penggunanya di Malaysia tanpa dikenai biaya tambahan secara realtime. Segera download aplikasi Qelola sekarang juga dan nikmati kemudahan fiturnya.

 

Tags: , , , , , , , , , ,