Ingin Kuliah di luar Negeri? Ke Malaysia Saja, Ini Alasannya

kuliah di luar negeri

Malaysia merupakan salah satu negara tujuan favorit bagi banyak pelajar yang ingin kuliah di luar negeri, terutama Indonesia. Negara berbahasa Melayu ini telah memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman dalam pendidikan internasional. Sistem pendidikan lanjutannya yang terstruktur dengan baik memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk memiliki kualifikasi internasional dengan harga yang bersaing.  Perkembangan  ekonomi yang dinamis, keadaan politik yang stabil, serta budaya yang beragam akan membuat para pelajar internasional betah untuk tinggal di Malaysia.

Selain itu, yang membuat reputasi Malaysia sebagai tujuan favorit untuk kuliah di luar negeri adalah bahwa Malaysia memiliki sejumlah universitas dengan kualitas terjamin dan didukung Kementerian Pendidikan yang menetapkan standar tinggi yang diakui secara internasional. Pemerintah Malaysia juga menyiapkan sumber daya manusia terbaik untuk bekerja di berbagai lembaga pendidikan dengan keterampilan terakreditasi serta fasilitas mumpuni guna mendukung pencapaian peserta didik yang bermutu baik.

Universitas disana juga menjalin kemitraan dengan universitas-universitas terbaik dari seluruh dunia. Banyaknya kampus cabang universitas terkemuka di Malaysia dengan biaya masuk yang terjangkau membuat banyak pelajar Indonesia memutuskan untuk kuliah di Malaysia.

Jadi untuk Anda yang berminat kuliah di luar negeri bisa memilih Malaysia sebagai negara tujuan Anda untuk kuliah. Berikut beberapa alasan yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjadikan Malaysia sebagai negara favorit untuk kuliah di luar negeri.

1.  Pendidikan Bermutu Tinggi

pexels photo 2173508 - Ingin Kuliah di luar Negeri? Ke Malaysia Saja, Ini Alasannya

Malaysia merupakan salah satu tujuan utama studi untuk mendapatkan pendidikan yang diakui secara internasional. Pemerintah Malaysia berkomitmen memberikan mutu pendidikan tinggi kepada para pelajar internasional yang sedang kuliah di Malaysia. Seluruh insititusi pendidikan tinggi selalu dipantau oleh Kementerian Pendidikan Pemerintah Persekutuan.
Hal ini bertujuan agar setiap institusi pendidikan tinggi mencapai mutu pendidikan dengan standar yang tinggi. Dengan demikian para pelajar dan orang tua tidak perlu merasa khawatir dengan mutu pendidikan jika memilih kuliah di Malaysia. Pemerintah Malaysia juga telah menyiapkan sumber daya manusia terbaik melalui lembaga pendidikan tinggi dan keterampilan yang terakreditasi, baik negeri maupun swasta, yang mampu menghasilkan lulusan kompetitif berskala global.

2.  Kurikulum yang Mengikuti Standar Industri

Banyak institusi pendidikan tinggi Malaysia yang bekerjasama dengan industri dan universitas luar negeri untuk menjamin bahwa program yang ditawarkan mengadopsi kurikulum terbaru dan relevan dengan perkembangan pasaran kerja terkini. Program-program tersebut tidak hanya menekankan pengetahuan teoritis, tetapi juga mengajarkan keahlian praktikal yang dibutuhkan di dunia kerja yang sesungguhnya. Tujuannya adalah untuk menghasilkan para lulusan yang siap kerja, yang merupakan suatu kriteria yang dicari-cari oleh berbagai perusahaan.

3.  Biaya Terjangkau

graduation hat top coin stack 86691 67 - Ingin Kuliah di luar Negeri? Ke Malaysia Saja, Ini Alasannya

Hal lain yang menjadi daya tarik kampus di Malaysia adalah biaya kuliah dan biaya hidup yang relatif terjangkau dibanding negara lain. Biaya kuliah di Malaysia relatif murah dan bisa dijangkau oleh para pelajar Indonesia dari kalangan biasa. Jadi, bila Anda memilih kuliah di Malaysia, maka Anda akan mendapatkan mutu pendidikan tinggi dengan dengan biaya kuliah yang relatif murah. Apalagi biaya kuliah di Malaysia sudah mencakup biaya pendaftaran, uang spp (biaya pendidikan), biaya laboratorium, biaya perpustakaan, deposit, biaya ujian, pemeriksaan medis, dan premi asuransi kesehatan dan kecelakaan. Dengan biaya yang terjangkau dan dengan adanya afiliasi internasional, para pelajar bisa mendapatkan ijazah dari universitas asing dengan biaya terjangkau. 

4.  Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Bahasa Inggris menjadi bahasa kedua paling banyak digunakan setelah bahasa Malaysia yang merupakan bahasa resmi negara. Sebagian besar kampus dan lembaga pendidikan mengajarkan materi kuliah dalam bahasa Inggris. Selain itu, bahasa Inggris juga banyak dipakai sebagai bahasa berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Jadi dengan berkuliah di Malaysia, Anda bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris sehingga kesempatan mendapatkan pekerjaan lebih besar.

5.  Masyarakat Multikultural

perbedaan budaya 1 - Ingin Kuliah di luar Negeri? Ke Malaysia Saja, Ini Alasannya

Malaysia juga dikenal dengan masyarakat multikultural yang terdiri dari etnis Melayu, China, India, dan masyarakat asli yang dikenal dengan istilah “Bumiputera”. Bahkan, di negara bagian Sabah dan Sarawak terdapat sejumlah kelompok etnis asli dengan bahasa dan warisan budaya mereka sendiri yang unik. Para pelajar internasional yang belajar di Malaysia akan mendapatkan pengalaman hidup dalam masyarakat majemuk dan multikultural. Keragaman etnis di Malaysia membantu siswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari budaya yang berbeda, kelompok etnis, dan tradisi di seluruh dunia. Negara yang sudah terbiasa dengan perbedaan budaya tentu akan lebih baik dalam menerima orang baru yang datang ke wilayahnya. Selain itu, juga banyak terdapat warga asing dari berbagai negara yang tinggal di Malaysia. Berbaur dengan mereka memberikan Anda pengalaman untuk belajar berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan dan perspektif yang berbeda.

Baca Juga: 7 Daftar Universitas Termurah di Malaysia 

Itulah beberapa alasan yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjadikan Malaysia sebagai negara tujuan kuliah di luar negeri.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk kuliah di Malaysia, jangan lupa untuk mempersiapkan masalah keuangan dengan baik. Jika Anda merupakan seorang pekerja yang juga sedang berkuliah di Malaysia, tentunya Anda perlu memperhatikan masalah keuangan keluarga. Kami sarankan Anda untuk menggunakan aplikasi keuangan yang bisa membantu Anda untuk lebih mudah melakukan pembayaran. Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk melakukan transfer kepada keluarga di Indonesia selama kuliah di Malaysia. Dengan menggunakan Qelola, Anda akan terbebas dari biaya administrasi yang tinggi dan waktu pengiriman yang lama. Anda juga bisa menginvestasikan sebagian keuangan Anda melalui produk investasi Qelola. Tunggu apa lagi, segera download aplikasi Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , , , ,