4 Pilihan Kerja Online untuk Mahasiswa Rantau

Kerja Online

Belajar sambil bekerja, mungkin hal tersebut sudah awam Anda lakukan ketika Anda berstatus sebagai mahasiswa yang merantau di negeri orang. Sembari menimba ilmu, melakukan pekerjaan untuk menambah uang saku jadi hal yang lumrah. Terlebih dengan banyaknya kesempatan kerja online berkat keberadaan teknologi, Anda bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah tanpa perlu beranjak dari tempat tidur yang nyaman.

Merantau di negeri orang untuk menimba ilmu memang kini banyak dilakukan oleh generasi muda. Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan sesuai dengan minat, ketika merantau di luar negeri Anda juga akan mendapatkan banyak sekali pengalaman hidup dan kemampuan baru.

Beberapa kesempatan kerja online bisa Anda dapatkan dengan mudah, selama Anda bisa melihat peluang yang tersedia. Untuk memberikan sedikit inspirasi, berikut daftar kerja online yang bisa dilakukan sembari menempuh bangku perkuliahan di luar negeri!

Penulis Konten/Content Writer

Untitled design656 - 4 Pilihan Kerja Online untuk Mahasiswa Rantau

Hampir setiap jenis usaha kini memiliki laman atau situs elektronik yang bisa dikunjungi. Situs ini memerlukan keberadaan konten yang menarik sebagai media promosinya. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari pundi-pundi rupiah, dengan bekerja sebagai penulis konten di laman tersebut.

Tidak selalu berupa artikel atau tulisan hiburan, Anda juga bisa mengirimkan hasil tulisan Anda yang berbentuk berita atau liputan ke laman dan situs pemberitaan. Tidak sedikit yang mendapatkan uang dari pekerjaan online yang satu ini. Selain bisa cepat dipelajari, Anda juga akan mengasah kemampuan penulisan ketika menggeluti pekerjaan sampingan sebagai content writer ini.

Vlogger dan Youtuber

Untitled design657 - 4 Pilihan Kerja Online untuk Mahasiswa Rantau

Siapa tak kenal kedua profesi ini sekarang? Iming-iming uang yang cukup besar dari adsense dan promosi brand menjadi hal yang sangat menarik untuk banyak orang. Jika Anda merasa piawai dalam membuat satu konten dengan format video, Anda bisa mengambil kesempatan ini.

Selain karena potensi pendapatan yang besar, kerja online sebagai vlogger atau Youtuber juga banyak diminati karena memberikan peluang yang sama untuk setiap orang. Selama konten yang disajikan menarik perhatian banyak orang, maka pundi-pundi uang akan terus terkumpul. Selain bisa mendapatkan banyak penghasilan, Anda juga akan terlatih untuk berpikir kreatif dan mampu memproduksi konten berupa video.

Pengisi Survey Online

Untitled design655 - 4 Pilihan Kerja Online untuk Mahasiswa Rantau

Memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas penting untuk setiap orang, karena dapat bermanfaat dalam banyak hal. Salah satu kerja online yang juga cukup menjanjikan adalah menjadi pengisi survey yang dilakukan secara online. Anda hanya diharuskan mengisi formulir yang disediakan, biasanya berisi syarat dan kualifikasi tertentu, dan nanti survey akan dikirimkan langsung kepada Anda.

Memang jika dilihat dari pendapatan per survey yang diisi tidaklah besar. Namun jika dianggap sebagai easy money, pos ini menawarkan pendapatan yang terus menerus dan cukup mudah dikerjakan. Anda bisa mengisi survey yang sudah dikirimkan ketika Anda memiliki waktu luang. Daripada tidak mengerjakan apapun, tak ada salahnya bukan membantu survey yang dilakukan orang lain sekaligus menambah uang jajan?

Kerja Online Sebagai Rater

Untitled design654 - 4 Pilihan Kerja Online untuk Mahasiswa Rantau

Mungkin tak banyak yang mengetahui kerja online yang satu ini karena memang tidak secara umum disebarluaskan. Biasanya, rater hanya diberitahukan pada orang terdekat saja karena potensi keuntungan yang besar.

Pertama Anda akan diminta mengisi sejumlah formulir secara online, dan melalui tahap seleksi. Setelah lolos, Anda akan mendapatkan beberapa pekerjaan untuk dilakukan secara rutin. Sistem penghitungan kerja beragam, ada yang dibayar berdasarkan jumlah iklan atau laman yang Anda kurasi, atau berdasarkan durasi kurasi yang Anda lakukan. Tidak main-main, pendapatan yang diperoleh bisa mencapai belasan dolar per jam.

Hal yang Anda kurasi akan berkisar pada iklan di berbagai platform, laman-laman milik perusahaan tertentu, lokasi atau fasilitas umum yang sedang dipetakan pada dunia maya, hingga artikel-artikel yang akan diedarkan di media online. Tenang, Anda akan mendapatkan panduan lengkap untuk proses dan kategori kurasi yang dilakukan, jadi Anda tinggal membacanya dengan teliti dan mengikuti setiap langkahnya saja.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Bagi Mahasiswa Baru atau Freshman di Luar Negeri

Menjadi mahasiswa rantau di negeri orang harus memiliki mata yang jeli dalam melihat peluang. Bukan untuk bertahan hidup, namun lebih kepada mendapatkan uang tambahan di luar ‘uang kiriman’ yang biasanya diterima setiap satu bulan sekali. Jika cukup gigih, bahkan mungkin Anda bisa mengirimkan uang kepada keluarga yang ada di Indonesia untuk turut membantu kehidupan di rumah.

Kerja online memang banyak dijadikan pilihan untuk mengisi waktu agar tetap produktif. Selain mendatangkan keuntungan yang cukup besar, hal ini juga membantu agar pikiran dan otak tetap digunakan sehingga benar-benar bisa membantu proses perkuliahan agar lebih baik. Nah, jika Anda sudah bisa mengirimkan uang kepada keluarga yang di Indonesia, Anda bisa menggunakan Qelola. Layanan remitansi yang satu ini bisa membantu pengiriman uang (dari Malaysia ke Indonesia) dengan cepat, efektif dan murah, sehingga Anda tak perlu dibebani dengan biaya administrasi yang besar. Unduh aplikasinya di sini, dan ingat untuk selalu mengatur waktu agar kuliah tetap berjalan dengan lancar!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,