Cuma Buat Kamu, Ini Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh!

ini manfaat vitamin

Dalam melakukan setiap kegiatan, tentu tubuh membutuhkan energi dan kondisi yang sehat. Salah satu faktor untuk menjaga kondisi tubuh tetap segar adalah membutuhkan asupan yang cukup. Kamu bisa memperoleh asupan vitamin dari sumber makanan seperti daging, buah maupun sayuran. Selain menjaga tubuh tetap segar, manfaat vitamin juga membantu mempertahankan fungsi sel dan organ, serta pertumbuhan tubuh.

Meskipun kebutuhannya tidak sebanyak zat lainnya, asupan beberapa jenis vitamin tetap harus terpenuhi setiap hari. Kekurangan vitamin dapat menimbulkan gangguan Kesehatan. Bagi anak-anak yang tidak mendapatkan vitamin sesuai kebutuhan, hal ini akan memengaruhi perkembangan tubuh mereka. Yuk simak manfaat vitamin dan jenisnya berikut ini!

Jenis dan Manfaat Vitamin

Vit. A

A 700x517 - Cuma Buat Kamu, Ini Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh!

sumber: Pexels.com

Vitamin A atau yang sering kita sebut dengan retinol memiliki fungsi untuk memperkuat sitem kekebalan tubuh, menjaga Kesehatan pernafasan serta saluran usus. Tak hanya itu, manfaat vitamin A juga untuk menjaga Kesehatan kulit, mata, menjaga kekuatan tulang dan gigi. Bagi anak-anak, vitamin A membantu pertumbuhan tubuh si anak. Kamu bisa memperoleh vitamin A dengan mengonsumsi produk yang mengandung susu, minyak ikan COD, sayuran berwarna hijau gelap dan kuning, serta buah-buahan.

Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan katarak, infeksi saluran pernapasan, dan penurunan daya tahan. Kelebihan dari vitamin ini ternyata juga tidak baik, karena tubuh bisa mengalami keracunan. Penyakit yang timbul karena kelebihan vitamin ini yaitu pusing-pusing, rambut rontok, dan sering pingsan.

Vit. B1

B1 700x560 - Cuma Buat Kamu, Ini Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh!

sumber: Pexels.com

Vitamin B1 atau tiamin, berperan untuk menjaga kesehatan mulut, bibir, lidah dan mata, kulit, rambut, serta kuku. Manfaat vitamin B1 adalah untuk meningkatkan metabolisme karbohidrat dan protein. Kamu bisa mendapatkan asupan tersebut dengan konsumsi nasi merah, semangka, asparagus, jeruk, gandum hitam, kol, susu kedelai, dan telur. Kekurangan vitamin B1 membuat tubuh akan mengalami berbagai ganggunan seperti kulit kering, beri-beri, gangguan saluran pencernaan, dan risiko kerusakan sistem saraf.

Vit. B2

B2 700x467 - Cuma Buat Kamu, Ini Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh!

sumber: Pexels.com

Nama lain dari vitamin B2 adalah riboflavin yang berperan sebagai salah satu komponen koenzim flavin mononukleotida dan falvin adenine dinukleotida. Dua enzim tersebut berfungsi penting dalam regenerasi energi tubuh melalui respirasi. Manfaat vitamin B2 yakni membantu metabolisme karbohidrat dan protein, menjaga Kesehatan kulit, pengelihatan, serta pertumbuhan dan perkembangan sel. Sumber vitamin B2 berasal dari mengonsumsi sayur-sayuran segar, kuning telur, susu, dan kedelai. Kekurangan vitamin ini menyebabkan mulut kering, bibir pecah-pecah, menurunnya daya tahan tubuh, dan sariawan.

Vit. B3

B3 700x467 - Cuma Buat Kamu, Ini Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh!

sumber: Pexels.com

Niasin merupakan nama lain vitamin B3. Manfaat vitamin B3 yakni menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi, menyembuhkan vertigo dan pusing. Vitamin ini juga berperan untuk metabolisme karbohidrat yang menghasilkan energi, metabolism lemak, dan protein. Tah hanya itu, vitamin B3 juga bermanfaat sebagai penetral senyawa racun. Vitamin B3 terkandung dalam makanan hewani, seperti hati, ginjal, dan daging unggas maupun ikan. Sumber pangan lainnya, yaitu gandum dan kentang manis (ubi). Kekurangan vitamin ini dapat membuat tubuh mengalami keram otot, kejang, ganguan pencernaan, mual, dan muntah-muntah.

Vit. B5

B5 700x467 - Cuma Buat Kamu, Ini Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh!

sumber: Pexels.com

Manfaat vitamin B5 dengan nama Asam Pnatotenat adalah membantu metabolisme, neutrotransmitter, hormon, pembuatan lemak, dan sel darah merah. Vtamin B5 terkandung dalam berbagai makanan hewani, seperti daging, susu, dan hati. Untuk nabati, vitamin B5 terdapat pada sayuran hijau dan kacang hijau. Defisiensi atau kekurangan B5 sama seperti vitamin B1 dan B2, yaitu kulit pecah-pecah dan bersisik. Selain itu dapat menyebabkan keram otot dan sulit tidur.

Vit. B6

B6 700x467 - Cuma Buat Kamu, Ini Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh!

sumber: Pexels.com

Manfaat vitamin B6 dalam tubuh adalah berperan dalam metabolisme nutrisi dan memproduksi antibodi sebagai pertahanan tubuh. Vitamin ini juga berperan sebagai senyawa koenzim A bagi tubuh untuk menghasilkan energi melalui jalur sintesis asam lemak. Manfaat vitamin B6 ada pada konsumsi beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan ikan. Kekurangan vitain dapat menyebabkan kulit pecah-pecah, keram otot, dan insomnia.

Vit. B12

B12 700x467 - Cuma Buat Kamu, Ini Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh!

sumber: Pexels.com

Nama lain vitamin B12 adalah sanokobalamin yang memiliki manfaat vitamin seperti memelihara kesehatan sistem saraf, produksi sel darah merah, DNA, dan sel baru. Vitamin ini termasuk pembentuk molekul DNA dan RNA, serta pembentukan platelet darah. Manfaat ini ada pada produk hewan dan ada pada tanaman. Susu kedelai, sereal, daging unggas, kerang, daging, dan telur merupakan sumber vitamin B12. Bahaya kekurangan ini adalah anemia (kurang darah) dan iritasi kulit.

Vit. C

C 700x525 - Cuma Buat Kamu, Ini Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh!

sumber: Pexels.com

Mnafaat vitamin C adalah membantu sitesa kolagen, pertumbuhan dalam tubuh, perbaikan sel, gusi, gigi, pembuluh darah, serta tulang. Selain itu membantu penyembuhan setelah operasi, penyerapan kalsium dan zat besi, serta menjaga kekebalan tubuh. Melalui vitamin C, tubuh akan terjaga kebugarannya dan terbantu mencegah dari berbagai penyakit. Sumber vitamin C yaitu jenis buah sitrus seperti jeruk, anggur, stroberi, kiwi, lemon, tomat, sayur berdaun hijau dan paprika hijau. Kurang vitamin C mengakibatkan gusi berdarah dan nyeri pada persendian. Sedangkan jika kelebihan vitamin ini akan menyebabkan batu ginjal, ganguan saluran pencernaan dan rusaknya sel darah merah.

Vit. D

D 700x467 - Cuma Buat Kamu, Ini Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh!

sumber: Pexels.com

Manfaat vitamin D yaitu untuk pembentukan tulang, sel darah, dan gigi. Manfaat vitamin ini ada pada bersumber makanan dari susu, telur, minyak ikan, hati, dan sinar matahari. Jika vitamin D rendah dalam tubuh, maka pertumbuhan kaki tidak normal. Selain itu gigi akan mudah mengalami kerusakan. Namun, terlalu banyak vitamin D juga menyebabkan tubuh mengalami diare, berkurangnya berat badan, muntah-muntah, dan dehidrasi.

Vit. E

E 700x467 - Cuma Buat Kamu, Ini Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh!

sumber: Pexels.com

Manfaat vitamin E berperan dalam menjaga jaringan tubuh, seperti mata, kulit, sel darah merah, serta hati. Manfaat vitamin lainnya yaitu melindungi paru-paru dari polusi atau udara kotor. Vitamin ini ada pada bersumber bahan pangan seperti ikan, ayam, kuning telur, ragi, dan minyak tumbuhan. Meski porsinya cukup kecil dalam tubuh, jika kekurangan vitamin ini menyebabkan kemandulan baik bagi pria maupun wanita. Selain itu saraf dan otot juga terganggu.

Vit. K

K 700x467 - Cuma Buat Kamu, Ini Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh!

sumber: Pexels.com

Manfaat vitamin K bagi tubuh yaitu untuk pembekuan darah sehingga bisa berguna untuk menghindari pendarahan dan mempercepat penyembuhan luka. Vitamin ini juga berperan untuk mengkatalis reaksi karbosilasi asam amino asam glutamate. Sumber vitamin ini ada pada sayur berdaun hijau, kacang-kacangan, dan kuning telur. Jika kekurangan vitamin ini tentu tubuh akan mengalami kesulitan dalam pembekuan darah pada luka.

Penuhi asupan vitamin dengan pola konsumsi yang baik supaya tubuh tetap terjaga kesehatannya. Lakukan pembayaran barang belanjaan kamu dengan download aplikasi e-wallet Qelola dengan mudah dan aman. Qelola juga memiliki fitur yang bisa kamu gunakan untuk kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran untuk transaksi lain seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi. Kunjungi juga website Qelola karena informasi didalamnya membahas tentang berbagai cara dan tips mengelola keuangan yang baik.

Tags: , , , , , , , , , , , ,