Mudah! Tips Memasak Cepat Bagi Orang yang Sibuk Bekerja

tips memasak cepat

Ketika harus bekerja dan melakukan banyak aktivitas maka tips memasak cepat perlu diketahui. Hal ini akan membantu agar urusan memasak sampai aktivitas lainnya bisa terpenuhi sesuai rencana. Bagi orang yang sibuk bekerja tentu saja harus pintar membagi waktu. Soal anggapan kalau memasak butuh waktu lama oleh orang yang sibuk tak selalu benar.

Urusan pekerjaan kadang kala serasa menghabiskan banyak waktu hingga sulit membagi waktu untuk istirahat, mengurus rumah, bahkan sampai urusan memasak. Kamu harus menyiapkan aneka kebutuhan anggota kelurga sendiri mulai dari pasangan sampai anak-anak. Seseorang juga merasa lelah terus menerus bekerja sampai tak sempat untuk memasak.

Ketika masa pandemi Covid-19 seperti ini lebih baik memasak sendiri daripada membeli makanan yang sudah matang. Kamu bisa memastikan kebersihan bahan makanan serta peralatan memasak yang digunakan. Kamu pun bisa menghemat biaya hidup, mengatur bahan makanan, kalori, kebutuhan gizi harian dan lainnya. Bagi kamu yang super sibuk di kantor maupun sedang Work From Home (WFH) sekalipun, masih bisa memasak sendiri, kok. Lagi pula ada berbagai tips memasak cepat dan efektif yang dapat dilakukan meskipun hanya di kos atau kontrakan.

Berikut beberapa tips memasak yang bisa kamu lakukan supaya bisa cepat dan efektif

1. Buat Rencana Menu Makanan

Salah satu tips memasak yang pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah membuat perencanaan menu makanan. Buatlah beberapa menu makanan untuk 7 hari ke depan. Buat daftar menu hidangan yang akan dimasak setiap harinya. Lakukan perencanaan menu makanan setiap pekannya.

menu makanan 700x442 - Mudah! Tips Memasak Cepat Bagi Orang yang Sibuk Bekerja

Sumber: PIxabay/RitaE

Adanya perencanaan masakan ini akan mempermudah kita menyiapkan berbagai bahan makanan apa saja yang harus dibeli. Harapannya bisa mempercepat proses persiapan memasak setiap harinya. Pembuatan rencana memasak ini bisa dibuat untuk memotivasi kamu berkreasi saat memasak. Manfaat lainnya bisa mengatur anggaran belanja keluarga terlebih urusan dapur.

2. Cari dan Kumpulkan Resep Masakan

Tidak hanya membuat perencanaan menu makanan, tips memasak berikutnya adalah mencari menu makanan yang mudah dimasak. Ada aneka hidangan yang bisa dimasak dengan cepat matang, praktis, dan sederhana. Zaman sekarang tidak perlu harus membuka majalah atau koran soal informasi resep masakan.

Kamu bisa memanfaatkan internet bahkan ada banyak akun di Instagram yang menyuguhkan informasi resep, cara memasak, maupun tips memasak yang mudah. Ada tumis sawi, nasi goreng, telur dadar dengan tambahan sosis, hingga aneka gorengan seperti jamur krispi, bakwan jagung, sop dan lainnya. Sibuk bekerja bukan menjadi alasan tidak punya waktu untuk memasak.

3. Siapkan Bumbu Dasar

Faktor penyebab memasak jadi membutuhkan waktu yang lama adalah menyiapkan bumbu serta bahan-bahan yang akan dimasak. Kamu harus membuang banyak waktu saak harus mengupas bawah, menghaluskan lada dan menghaluskan bumbu secara manual. Alangkah lebih cepat dan praktis adalah membuat bumbu dasar. Inilah tips memasak yang lebih cepat dan mudah dilakukan.

Kamu membuat bumbu dasar dengan cara memanfaatkan blender untuk menghaluskan bumbu dasar baik putih atau merah. Bumbu yang sudah dihaluskan itu kemudian dimasukkan ke dalam wadah kedap udara. Bumbu dasar yang sudah dihaluskan dapat dimasukkan ke dalam kulkas maupun freezer. memasak tinggal mengambil bumbu dasar yang sudah dihaluskan itu.

Siapkan juga bumbu-bumbu pelengkap lainnya seperti kecap manis, kecap asin, penyedap rasa, saus, kaldu jamur, dan lainnya. Masih ada bumbu atau kecap instan lainnya yang praktis bisa dicampurkan untuk hidangan seperti suas tiram, saus teriyaki. Ada juga tepung bumbu serba guna, bumbu-bumbu instan yang bisa dibeli warung, swalayan, bahkan dibeli secara online.

4. Sediakan Bahan Makanan yang Cepat Diolah

makanan cepat diolah 700x463 - Mudah! Tips Memasak Cepat Bagi Orang yang Sibuk Bekerja

Sumber: Pixabay/congerdesign

Kamu hanya perlu menyiapkan bahan makanan cepat saji seperti sarden, sambal kacang, sosis, nugget, mi instan, bakso, kornet dan lainnya. Kamu pun lekas memasak jika kondisi mendesak dan buru-buru. Kebanyakan ibu rumah tangga akan menyediakan frozen food sehingga bisa disimpan lebih lama. Anak-anak maupung orang dewasa pun menyukai makanan itu. Kamu bisa menyediakan sayuran beku sehingga cukup direbus saja lalu tambahkan bahan pelengkap seperti bakso atau sosis. Kamu bisa menyiapkan daging, telur, ikan, di dalam kulkas sehingga bisa olah kapan saja.

5. Cuci bahan sebelum disimpan

Tips memasak berikutnya adalah cuci sayuran kemudian simpan ke dalam kulkas setelah kering. Sayuran yang aman untuk disimpan beberapa hari adalah kol, buncis, wortel, sawi, pakcoy atau bok choy. Ketika sudah dicuci dan disimpan dalam wadah maka tinggal dipotong-potong lalu dimasak.

Itulah beberapa tips memasak yang cepat dan efektif. Langkah-langkah di atas bisa jadi cara untuk menyiasati waktu yang terbatas terlebih saat sibuk bekerja. Sahabat Qelola yang sibuk bekerja bisa melakukan berbagai transaksi keuangan secara online dari rumah melalui aplikasi Qelola.

Kamu bisa merasakan kemudahan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia, melalui aplikasi ini kamu bisa bayar aneka tagihan seperti BPJS, listrik, air. Selain itu, kamu juga bisa merasakan kemudahan beli pulsa lewat handphone sendiri. Segera unduh aplikasi Qelola untuk dapat rasakan kemudahan melakukan berbagai transaksi secara online dari rumah saja. Cari informasi lainnya juga lewat website Qelola.

Tags: , , , ,