5 Cara Pertolongan Pertama pada Kecelakaan yang Wajib Dikuasai

alasan cuti

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Entah kecelakaan yang terjadi di jalan raya atau kecelakaan saat kerja, sewaktu-waktu bisa mengintai. Oleh karena itu, kamu harus tahu dasar-dasar pertolongan pertama pada kecelakaan. Menguasai ilmu P3K sangat penting sebagai langkah penyelamatan darurat sambil menunggu petugas medis tiba. 

Selain itu, pertolongan pertama pada korban kecelakaan akan meminimalisir luka atau infeksi menjadi lebih parah. Nah, keterampilan penyelamatan darurat pada kecelakaan ini bisa kamu pelajari dengan membaca artikel berikut ini.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Pertolongan

pexels rodnae productions 6520061 - 5 Cara Pertolongan Pertama pada Kecelakaan yang Wajib Dikuasai

Sumber: pexels oleh Rodnae Productions

Nah sebelum membahas bagaimana caranya melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan, ada hal-hal penting yang harus kamu ketahui terlebih dulu. Beberapa hal ini harus diperhatikan sebelum memberikan upaya penyelamatan, berikut ulasannya:

  • Memeriksa keadaan sekitar

Apabila kamu menemui musibah di jalanan, perhatikanlah situasi di sekitar. Jika keadaan di sekitar cukup aman untuk memberikan pertolongan maka segera lakukan. Namun, jika kondisi tidak memungkinkan karena ada hal-hal yang bisa membahayakanmu, sebaiknya menghubungi layanan darurat. Hal ini tidak boleh diabaikan demi menjaga keselamatan bersama.

  • Bersikap tenang

Meskipun terdengar sepele, namun hal ini juga tak kalah penting untuk dilakukan. Saat melihat ada orang yang terluka mungkin kamu akan merasa panik. Namun jika kamu tergerak untuk memberikan pertolongan pertama, usahakan untuk bersikap tenang agar korban juga tidak merasa panik.

  • Tidak memindahkan atau mengganti posisi orang yang terluka

Memindahkan atau mengganti posisi orang yang terluka justru bisa menjadi bumerang dan membuat cedera korban semakin parah. Apalagi jika luka yang didapat akibat terjatuh dari ketinggian atau karena benturan yang keras. Namun, dalam kondisi darurat yang berpotensi membahayakan nyawa korban, memindahkannya jadi pilihan yang bijak walau mengakibatkan cedera semakin buruk.

  • Hindari memberikan cairan

Saat hendak memberikan bantuan, sebaiknya kamu tidak memberikan air minum kepada korban terutama jika kondisinya setengah sadar. Hal ini bisa mengganggu jalan napas sehingga korban malah kesulitan bernapas.

Baca juga: Ketahui Apa Saja Penyakit Akibat Kerja yang Dapat Menyerang Karyawan

Langkah-langkah Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

pexels rodnae productions 6519905 - 5 Cara Pertolongan Pertama pada Kecelakaan yang Wajib Dikuasai

Sumber: pexels oleh Rodnae Productions

Pertolongan pertama pada kecelakaan yang dilakukan secara tepat bisa menyelamatkan atau mengurangi cedera menjadi semakin parah. Pelajari bagaimana cara melakukan pertolongan darurat kepada korban kecelakaan berikut ini.

  • Korban kecelakaan lalu lintas

Jika suatu saat dihadapkan pada kecelakaan lalu lintas dan ingin memberikan pertolongan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Pertama adalah memantau keadaan sekitar apakah cukup aman untuk memberikan pertolongan. Selain keselamatan korban, keselamatan diri sendiri dan orang lain yang ada di sekitar lokasi kecelakaan juga penting untuk diprioritaskan. Selanjutnya, kamu bisa mengecek keadaan korban, mulai dari kesadaran, pernapasan, dan luka yang dialami. 

Jika kamu mendapati korban tidak sadar, maka segera lakukan kompresi dada. Caranya dengan meletakkan salah satu tumit ke bagian tengah dada dan tangan yang lainnya mengunci jari-jari tangan. Lakukan kompresi dengan menekan dada korban dengan tumit pada kedalaman 4 hingga 5 cm. Jika hal tersebut tidak membuahkan hasil, segera panggil ambulans atau membawa korban ke rumah sakit terdekat.

  • Terjadi pendarahan

Apabila kamu menemukan luka pada tubuh korban kecelakaan maka segera obati. Namun jika terjadi luka menganga yang menyebabkan pendarahan segera tutup luka dengan kain bersih. Sembari menutup luka, tekanlah bagian tubuh yang mengalami pendarahan dan jangan sampai dilepaskan. Hal ini bisa jadi upaya pertolongan darurat untuk menghentikan pendarahan. Namun jika cara tersebut tidak berhasil, larikan korban ke pusat medis agar segera mendapat penanganan dari ahlinya.

  • Luka patah tulang

Pertolongan pertama pada kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang tidak boleh dilakukan sembarangan. Jika mengalami patah tulang belakang, jangan sekali-kali memindahkan, mengangkat, dan mengganti posisi korban karena akan berakibat fatal. Sebaiknya penderita patah tulang digotong dalam keadaan berbaring pada alas yang keras. Jika kamu tidak yakin sebaiknya tunggu petugas medis untuk melakukannya.

Apabila patah tulang terjadi di tulang rahang, maka dorong rahang bawah ke atas hingga posisi gigi atas dan bawah menempel. Setelah itu ikat melingkar bagian rahang ke kepala untuk selanjutnya dibawa ke instalasi gawat darurat. Kamu membutuhkan perawatan yang berbeda untuk menolong orang dengan luka patah di tangan atau kaki. Caranya dengan membalut tangan atau kaki yang patah menggunakan tongkat atau beberapa koran sebagai penyangga tulang.

  • Luka lecet atau tergores

Walaupun bukan luka berat, namun luka lecet atau tergores bisa menyebabkan infeksi jika tidak ditangani dengan benar. Apabila kamu mendapati rekan kerja atau keluarga mengalami luka tersebut, maka segera sterilkan luka menggunakan air bersih. Selanjutnya kamu bisa memberikan obat merah atau menempelkan plester penutup luka. Oleh sebab itu, menyediakan kotak P3K di tempat kerja dan rumah adalah hal yang penting.

  • Luka bakar

Tak sengaja tersiram air panas adalah salah satu kasus yang sering dialami siapa saja. Jika kamu mendapati seseorang atau diri kamu sendiri mengalami hal tersebut segera bawa luka ke air yang sedang mengalir sampai rasa sakit mereda. Namun jika kulit sudah terlanjur melepuh, kamu harus segera mendapatkan perawatan medis di klinik atau rumah sakit.

Demikian beberapa informasi tentang pertolongan pertama pada kecelakaan yang bisa kamu pelajari. Selain membekali diri dengan ilmu pertolongan darurat, kamu juga harus memperhatikan kesehatan terutama di saat pandemi seperti sekarang. Nah, Sahabat Qelola, untuk menjaga kesehatan tubuh selama pandemi, kamu juga bisa melakukan berbagai transaksi keuangan secara online dari rumah melalui aplikasi Qelola.  

Selain bisa transfer uang dari Malaysia ke Indonesia, melalui aplikasi ini kamu juga bisa beli pulsa, serta bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, dan BPJS. Cukup unduh aplikasi Qelola disini, dan rasakan kemudahan melakukan berbagai transaksi secara online hanya dari rumah saja.

 

Tags: , , ,