Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Sehat Ini

EP 2 - Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Sehat Ini

Polusi, radikal bebas, bakteri serta virus semakin hari semakin menghantui. Orang-orang jadi semakin mudah terserang penyakit serta mempunyai tubuh yang ringkih walau masih berusia muda. Dan untuk mengatasi hal ini metode yang sering dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Akan tetapi terlalu banyak mengonsumsi obat pun membuat tubuh Anda justru lemah terhadap serangan penyakit karena terbiasa ditopang oleh zat-zat kimia di dalamnya. Agar hal tersebut tidak terjadi, salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni dengan mengubah makanan-makanan yang dikonsumsi. Cukup membiasakan mengonsumsi makanan sehat, kesehatan Anda pun bisa berangsur-angsur membaik. Karena sebenarnya banyak sekali jenis makanan sehat yang fungsinya untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dan di antara beragam makanan sehat tersebut, berikut rekomendasinya.

Baca Juga: Makanan Tidak Sehat yang Dianggap Menyehatkan dan Sering Dikonsumsi

Paprika Merah

EP 2 8 - Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Sehat Ini

Vitamin C terkenal menjadi agen antioksidan yang melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Itulah mengapa zat ini sebaiknya dikonsumsi oleh Anda yang ingin meningkatkan sistem imun agar tidak gampang sakit. Dan salah satu makanan yang dapat memenuhi asupan vitamin C dalam tubuh Anda adalah paprika merah. Sayur yang satu ini bahkan mengandung vitamin C dua kali lebih banyak daripada jeruk. Selain vitamin C, paprika merah juga mengandung beta karoten yang dapat menjaga kesehatan kulit dan juga mata.

Jeruk

EP 2 9 - Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Sehat Ini

Walaupun jeruk mempunyai kandungan vitamin C lebih rendah daripada paprika merah, bukan berarti buah ini tidak mempunyai manfaat ya. Jeruk tetap bisa dikonsumsi oleh Anda yang ingin meningkatkan kekebalan tubuh demi melawan berbagai penyakit. Kandungan antioksidan dari vitamin C-nya tetap bekerja optimal untuk meningkatkan imunitas Anda. Ditambah lagi rasa manisnya yang membuat buah ini jauh lebih disukai ketika ingin memenuhi asupan vitamin C.

Bawang Putih

EP 2 7 - Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Sehat Ini

Bawang putih dikenal sebagai bahan makanan terbaik dalam meningkatkan sistem imun dan memerangi berbagai virus juga bakteri. Kabar baiknya adalah bawang putih ada di hampir seluruh olahan makanan yang Anda konsumsi. Sehingga secara sadar atau tidak Anda sudah mengonsumsi bahan makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Brokoli

EP 2 5 - Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Sehat Ini

Brokoli mengandung berbagai variasi vitamin dengan jumlah yang cukup untuk memenuhi asupan gizi Anda. Baik vitamin A, C, maupun E. Selain itu brokoli juga tinggi antioksidan serta mengandung serat-serat lainnya. Itulah mengapa brokoli disebut-sebut sebagai salah satu bahan makanan yang paling sehat dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Namun dalam mengolah sayur yang satu ini disarankan agar tidak memasaknya terlalu lama karena dapat merusak nutrisi di dalamnya.

Bayam

EP 2 6 - Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Sehat Ini

Selain brokoli, bayam juga masuk ke dalam daftar makanan paling sehat yang sangat diianjurkan untuk dikonsumsi. Mulai dari vitamin C, antioksidan, beta karoten serta zat lain yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi sistem kekebalan tubuh. Sama seperti ketika mengolah brokoli, Anda juga disarankan untuk tidak memasaknya terlalu lama agar nutrisi di dalamnya tidak rusak.

Teh Hijau

EP 2 4 - Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Sehat Ini

Mungkin masih banyak yang tidak mengenal zat epigallocatechin gallate atau disingkat dengan EGCG yang terdapat dalam teh hijau. Padahal zat yang satu ini sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Namun untuk mendapatkan EGCG yang optimal disarankan untuk memilih teh yang tidak difermentasi. Bukan hanya EGCG, teh juga tinggi antioksidan dari senyawa flavonoid yang sangat bermanfaat dalam melindungi sel-sel dari kerusakan.

Kacang-Kacangan

EP 2 3 - Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Sehat Ini

Selain vitamin dan antioksidan, nutrisi lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah zat besi atau zinc. Bahkan kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan, penurunan produktivitas, suhu tubuh tidak konsisten, serta keterlambatan perkembangan kognitif pada anak. Untuk mencegah hal tersebut perlu bagi Anda memenuhi nutrisi tersebut. Pemenuhannya salah satunya dengan mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mete, buncis, kacang panjang, kismis dan lain-lain.

Daging Unggas

EP 2 1 - Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Sehat Ini

Selain lezat, daging unggas juga mempunyai banyak sekali manfaat, salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena daging unggas seperti ayam dan kalkun kaya akan vitamin B6 yang mempengaruhi berbagai reaksi kimia dalam tubuh serta membantu menghasilkan sel darah merah yang baru. Bahkan tidak hanya dagingnya, air rebusan tulang belulangnya pun masih menyimpan banyak nutrisi seperti gelatin, kondroitin dan masih banyak lagi yang berfungsi untuk penyembuhan usus.

Ikan

EP 2 2 - Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Sehat Ini

Ikan terkenal dengan zat omega 3 yang baik untuk perkembangan otak dan kecerdasan. Namun selain itu ternyata omega 3 juga dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis gangguan sistem imun serta membantu tubuh melawan infeksi.

Dari daftar makanan yang telah disebutkan di atas, apakah ada makanan yang sering Anda konsumsi? Mulai sekarang Anda sebaiknya lebih sering mengonsumsi berbagai makanan sehat tersebut dibandingkan mengonsumsi obat-obatan kimia demi kesehatan jangka panjang. Sama halnya dengan memilih makanan, Anda juga harus pandai memilih aplikasi finansial untuk kesehatan keuangan Anda. Untuk fasilitas kirim uang internasional dengan biaya murah dan kemudahan pembayaran tagihan, Anda bisa memilih menggunakan aplikasi Qelola. Anda bisa mengunduh aplikasinya di sini sekarang juga.

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,