Tips Mengajak Anak Rajin Belajar Secara Menyenangkan

rajin belajar - Tips Mengajak Anak Rajin Belajar Secara Menyenangkan

Momen belajar bersama anak biasanya menjadi momen yang paling menantang bagi sebagian orang tua. Banyak anak yang memiliki gaya belajar berbeda dan tidak menyukai konsep belajar pada umumnya. Padahal yang diinginkan oleh orang tua adalah anak memiliki kemauan untuk rajin belajar.

Banyak orang tua yang pada akhirnya merasa stress dengan kondisi ini. Agar masalah ini tidak berlarut-larut, yuk simak beberapa tips untuk membuat anak rajin belajar di bawah ini.

Tips Agar Anak Rajin Belajar

Ikuti gaya belajar anak dan bantu ia memaksimalkannya

Anak-anak tidak selalu mau untuk duduk dan belajar di kursi. Bisa jadi, gaya belajar anak tidak seperti itu. Mungkin, anak Anda lebih suka belajar dengan langsung mempraktikannya. Atau, ia lebih suka belajar dengan bantuan gambar, misalnya dengan video. Jika Anda sudah menemukan gaya belajar anak, bantu ia untuk memaksimalkannya agar proses pembelajaran menjadi tidak membosankan dan lebih efisien.

Duduk bersama anak

rajin belajar 2 700x467 - Tips Mengajak Anak Rajin Belajar Secara Menyenangkan

sumber : pexels

Hal terbaik yang dapat dilakukan sebagai orang tua untuk memotivasi anak belajar adalah dengan duduk bersamanya saat belajar. Agar lebih fokus dan menghargai kesungguhan anak saat belajar, hindari menggunakan ponsel atau laptop. Perhatikan si kecil ketika belajar. Dan jadilah teman diskusi yang menyenangkan.

Dengarkan opininya saat belajar

Apa yang Anda anggap benar, belum tentu sama dengan anggapan anak Anda. Di dalam proses pembelajaran, biarkan anak menjadi kritis dan izinkan ia untuk beropini. Bahkan, orangtua juga disarankan untuk mendengarkan anak meskipun opininya kurang tepat. Setelah itu, barulah Anda bisa membimbingnya. Cara membuat anak pintar dan rajin belajar ini dianggap bisa meningkatkan rasa percaya diri anak dalam belajar sehingga rasa malas dapat dihilangkan.

 Tanamkan sikap disiplin pada anak

Meskipun orangtua disarankan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan pada proses pembelajaran anak, bukan berarti Anda boleh bersikap ‘lembek’. Cobalah untuk tetap menanamkan sikap disiplin dan tegas pada anak agar ia tahu kapan waktunya untuk belajar. Meski begitu, jangan bersikap manipulatif dan terlalu menuntut karena hal ini malah bisa membuat anak jadi malas belajar.

Jangan menekankan harus mendapat nilai yang baik

Jangan menekan anak untuk mendapatkan nilai yang baik. Bersikaplah baik dan lembut dengannya dan coba pahami berbagai hal dari sudut pandangnya. Cobalah untuk membuat anak bertanggung jawab terhadap studinya dengan cara yang positif, karena segala jenis hal negatif dapat membuatnya memberontak dan ini dapat membuatnya menentang Anda.

Jadikan momen belajar menjadi menyenangkan

Masih suka marah-marah dan meluapkan emosi Anda saat menemani anak belajar? Cobalah hilangkan kebiasaan ini. Situasi tersebut dapat membuat anak menjadi malas belajar. Sebaliknya, berusahalah untuk membuat momen belajar bersama anak menjadi menyenangkan. Bersabarlah dalam menghadapi anak yang sedang belajar. Gunakan lagu atau media lain seperti video atau buku bergambar saat menemani anak belajar. Hal ini dapat membuat anak betah duduk di kursinya untuk belajar.

Baca Juga : Tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Selama Daring

Memberikannya hadiah

hadiah 700x394 - Tips Mengajak Anak Rajin Belajar Secara Menyenangkan

sumber : pexels

Memberikan hadiah adalah salah satu cara agar anak mau belajar yang patut dicoba. Hadiah tidak melulu harus berbentuk materi. Pujian, dukungan, dan kasih sayang pun dapat menjadi hadiah yang berharga dan bisa memotivasi anak untuk rajin belajar. Jika Anda ingin memberikan hadiah berupa materi, lakukanlah. Namun, cara mengatasi anak susah belajar ini tidak bisa dilakukan dalam jangka panjang. Sebab, hal ini dapat membuat anak hanya mau belajar jika diberikan hadiah. Maka dari itu, orangtua disarankan untuk lebih bijaksana lagi dalam memilih hadiah yang diberikan kepada anak supaya memotivasinya dalam belajar.

Bantu mereka belajar dari kegagalan

Kegagalan adalah bagian dari hidup dan bukan akhir dari dunia. Jangan memarahi atau membandingkan anak dengan sudara dan teman sebaya nya ketika mendapat nilai rendah. Dia mungkin sudah merasa terlalu rendah diri. Dorong dan berempati dengan anak dan katakan padanya bahwa tidak apa-apa untuk membuat kesalahan dan belajar darinya.

Buat struktur belajar yang baik

Terapkan pola displin ketika belajar, buatlah jadwal terstruktur kapan anak akan belajar, bermainm makan, atau istirahat. Beri pengertian pada anak, kapan waktu belajar dan bermain. Anda bisa mencoba untuk membuat daftar yang ditulis dan di tempel di tempat yang mudah terlihat. Buatlah kesepakatan dan katakan bahwa daftar tersebut wajib di taati bersama.

Jadikan membaca sebagai kebiasaan di rumah

baca buku 700x467 - Tips Mengajak Anak Rajin Belajar Secara Menyenangkan

sumber : pexels

Agar anak lebih tertarik dalam membaca dan rajin belajar, orangtua disarankan untuk menjadikan membaca sebagai kebiasaan di rumah. Tidak perlu buku pelajaran, buku-buku cerita bergambar juga boleh dibaca oleh si kecil. Hal ini dapat meningkatkan imajinasi dan membuatnya menjadi gemar membaca. Nantinya, tidak hanya buku bergambar saja yang dapat mereka senangi, tapi juga buku-buku pelajaran yang diberikan oleh gurunya di sekolah.

Beberapa tips agar anak rajin belajar di atas memang sangat penting dicoba. Ingatlah selalu bahwa setiap anak memiliki kebiasaan belajar yang berbeda. Jika anak suka belajar secara online melalui game pembelajaran maka orangtua harus siap sedia dengan kuota internet kapan saja dan dimana saja.

Kabar baiknya, saat ini Anda tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli kuota internet agar anak rajin belajar. Anda cukup mendownload aplikasi Qelola, untuk melakukan transaksi pembelian kapan saja dan dimana saja. Tidak hanya itu, aplikasi keuangan Qelola juga bisa melakukan pembayaran lain dan melakukan transfer ke luar negeri antara Indonesia dan Malaysia dengan mudah dan murah. Yuk download sekarang juga! Dan rasakan banyak manafaatnya.

 

Tags: , , , , , , , , , , ,