9 Tips Asyik Belajar Online Tanpa Bosan

orangtua mendampingi belajar

Belajar online selalu menjadi tantangan tersendiri bagi anak kecil maupun mahasiswa yang sudah dewasa. Ketiadaan guru secara langsung yang bisa dijadikan tempat bertanya jawab, juga teman yang bisa diajak berdiskusi di sela-sela materi pelajaran, membuat belajar di rumah secara online kadang justru terasa membosankan.

Bagaimana cara yang tepat untuk mengusir kebosanan tersebut? apa saja yang wajib di perhatikan anak-anak dan orangtua agar poses belajar online tetap mengasyikkan? Yuk simak 9 tips nya di bawah ini.

Tips Asyik Belajar Online Tanpa Bosan

  1. Buat Suasana Belajar Senyaman Mungkin

Selama pandemi dan belajar di rumah, Anda bisa mengusahakan agar ruang belajar anak senyaman mungkin. Dengan cara  membawa tanaman, menyalakan AC atau menyemprotkan pengharum ruangan favorit anak untuk mendukung kenyamanan tersebut. Tidak ada alasan ketika belajar online merasa bosan, karena Anda sudah menjadikan tempat belajar nyaman dan menyenangkan.

  1. Jangan Lupa Memberi Jeda Belajar

Menatap layar laptop maupun HP secara terus menerus akan membuat mata lelah dan mengantuk. Pastikan anak memiliki jeda waktu belajar. Pergunakan waktu belajar selama satu jam. Kemudian matikan laptop ataupun layar HP. Cobalah mengajak anak berkeliling rumah sejenak sambil melakukan peregangan. Selingi dengan aktivitas asyik lainnya sebelum akhirnya membuka laptop dan meneruskan belajar daring.

  1. Sediakan Snack dan Makanan yang di Sukai

santai sejenak 700x467 - 9 Tips Asyik Belajar Online Tanpa Bosan

sumber : pexels

Salah satu keuntungan belajar online adalah anak tidak terikat peraturan kelas. Anak bisa belajar sambil makan snack, mendengarkan musik, maupun membawa minuman yang disukai. Anda bisa menyiapkan hal tersebut untuk menemani anak selama belajar di rumah. Pastikan anak bisa belajar dengan santai ditemani snack maupun makanan kesukaannya. Tapi pastikan bahwa hal tersebut tidak mengganggu proses belajarnya dan mengalihkan perhatian anak dari tugas sekolah.

  1. Lakukan Perpindahan Tempat Belajar

Orangtua bisa mengajak anak untuk belajar di ruang tamu, di ruang makan atau sesekali di luar ruangan yang teduh seperti taman. Dengan melakukan perpindahan ruang belajar, anak tidak akan merasa bosan dan terlalu tegang dengan suasana belajar yang kaku dan monoton. Perpindahan tempat belajar juga secara psikologis akan merangsang emosi dan konsentrasi anak lebih stabil dan bersikap tenang sehingga memudahkan pembelajaran.

Baca Juga : Bingung Membimbing Anak Belajar Online? Simak 6 Tips Berikut Ini

  1. Jangan Menunda Waktu Belajar

waktu belajar 700x467 - 9 Tips Asyik Belajar Online Tanpa Bosan

sumber : pexels

Banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya antara belajar online maupun di sekolah memiliki tanggung jawab yang sama. Dengan menunda waktu belajar atau mengerjakan tugas secara menumpuk akan menimbulkan stres pada orangtua dan anak. Lakukan pembelajaran online secara tertib dan teratur setiap hari. Kerjakan tugas harian di waktu yang sama untuk menghindari mood anak yang menurun akibat dari menumpuknya tugas.

  1. Buat Rangkuman

Membuat rangkuman akan memudahkan anak memahami pembelajaran secara sistematis dan ringkas. Mintalah anak menyimpulkan pembelajaran pada hari itu. Catat kesimpulan tersebut sebagai sebuah rangkuman pembelajaran di hari yang sama. Buatlah catatan secara berwarna agar anak tertarik untuk mengulang membacanya.

  1. Tanamkan Jiwa Tanggung Jawab

Dalam membimbing anak belajar, orang tua tidak harus melakukannya dengan keras. Santai saja asal mereka belajar dengan nyaman. Tumbuhkan jiwa tanggung jawab supaya mereka terbiasa bekerja tanpa pengamatan ketat orang tua. Kalau sudah memiliki rasa bertanggung jawab, niscaya tanpa disuruh mereka akan mengerjakan tugas sekolah dengan sendirinya.

  1. Mengatur Waktu Belajar yang Nyaman

waktu b 2 700x467 - 9 Tips Asyik Belajar Online Tanpa Bosan

sumber : pexels

Teramat susah menebak mood belajar anak. Apalagi kalau sudah pegang mainan dan menonton kartun di TV. Biasanya jadwal berangkat sekolah sudah diatur pasti, namun karena aktivitas belajar online di rumah saja, orang tua yang harus aktif membimbing mereka.

Ajak anak berdiskusi tentang waktu belajar. Biarkan anak menyampaikan pendapatnya seandainya dalam waktu-waktu tertentu mereka abai mengerjakan tugas. Jelaskan kapan saat belajar, kapan saat istirahat dan bermain.

  1. Buat Kelompok Belajar Kecil

Orang tua bisa berdiskusi dengan orangtua lainnya untuk membuat kelompok belajar kecil bersama teman-teman sekelas untuk mengatasi rasa jenuh. Kelompok belajar ini bisa dimanfaatkan untuk belajar online dan belajar kelompok di salah satu rumah anggota kelompok belajar.

Selain kelompok belajar kecil ini akan membantu anak mengurangi rasa jenuh dan rasa terisolasi, kelompok belajar kecil ini juga bisa memotivasi anak dan teman-temannya untuk tetap rajin belajar dan saling bantu saat ada anggota kelompok yang kurang memahami materi pelajaran tertentu.

Namun perlu dipahami, bahwa membuat kelompok belajar harus memperhatikan keamanan dan protokol kesehatan. Pastikan membuat kelompok belajar dalam lokasi berdekatan dan pastikan kondisi kesehatan anak-anak tetap aman.

Itulah 9 tips untuk membimbing anak belajar online di rumah. Kegiatan belajar tanpa tatap muka secara langsung ini seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Pasalnya orang tua dapat mengetahui secara jelas progress belajar anak  dan juga dapat memanfaatkan waktu untuk lebih dekat dengan mereka. Nah, untuk mendukung lancarnya pembelajaran online sang anak, orang tua harus memenuhi kebutuhan kuota internet. Aplikasi Qelola menyediakan fitur pembelian kuota internet dan juga pulsa dengan sangat mudah. Selain itu, Anda juga dapat membayar tagihan air, listrik, maupun BPJS melalui aplikasi Qelola. Yuk, jangan lewatkan manfaatnya. Segera download aplikasinya, lakukan registrasi dan nikmati berbagai macam fitur menarik lainnya.

 

Tags: , , , , , , ,