Bingung Membimbing Anak Belajar Online? Simak 6 tips berikut!

membimbing anak belajar online

Sudah hampir 2 tahun seluruh kegiatan sekolah dilakukan secara virtual. Meskipun begitu, masih banyak orang tua yang mengaku kewalahan dan bingung bagaimana cara terbaik membimbing anak belajar online di rumah. Tak jarang dari mereka menyampaikan keluhan betapa sulitnya mengatur anak agar tetap fokus belajar sehingga dapat memahami materi dengan baik.

Membimbing anak belajar online menjadi tantangan besar para orang tua dalam kegiatan belajar mengajar di rumah. Lalu apa yang bisa orang tua lakukan untuk menghadapi masalah tersebut? Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan orang tua untuk membimbing anak belajar online selama pandemi: 

1. Bantu anak membangun rutinitas 

Sekolah yang beralih menjadi sistem online terkadang membuat anak malas menjalaninya. Dampak dari kondisi itu akan menurunkan konsentrasi anak dan kemudian mengalami kesulitan untuk menyerap materi pelajaran. Cobalah bantu mereka untuk menerapkan jadwal harian seperti ketika belajar dengan tatap muka. Orang tua harus memastikan anak tetap bangun di pagi hari, berpakaian rapi dan sarapan dengan menu yang sehat. 

Membimbing anak belajar online dapat dipermudah dengan menentukan durasi waktu belajar anak setiap harinya. Umumnya, anak bisa belajar selama 3-4 jam. Namun, itu dapat berubah tergantung lingkungan dan kondisi sang anak. Sebaiknya atur waktu tersebut secara fleksibel dan jangan terlalu memaksakan. Membangun rutinitas tersebut dapat memberi isyarat kepada anak untuk tidak menganggap belajar online sebagai libur sekolah. 

2. Ciptakan lingkungan yang kondusif 

online school equipment home 700x467 - Bingung Membimbing Anak Belajar Online? Simak 6 tips berikut!

Sumber: Freepik

Lingkungan yang kondusif akan mendukung belajar online jadi lebih efektif. Buatlah sudut ruangan yang akan digunakan khusus untuk belajar, berkreasi dan membaca. Libatkan anak untuk membantu menyiapkan ruangan dan peralatan belajar agar sesuai dengan seleranya. Sebaiknya orang tua memilih ruangan yang nyaman, bebas dari gangguan suara yang bising dan memiliki koneksi internet yang baik. Hindari ruangan yang akan mengganggu konsentrasinya seperti kamar tidur, ruang TV atau tempat anak biasa bermain. 

3. Berikan waktu untuk bersantai 

Belajar online dan duduk di depan layar selama berjam-jam dapat membuat anak merasa jenuh dan bosan. Berikan waktu untuk anak beristirahat sejenak, baik itu hanya sekedar rebahan atau nonton TV. Sediakan cemilan kesukaannya dan sesekali ajak anak melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti bermain dan bernyanyi. Orang tua juga bisa mengajak anak berpiknik di halaman rumah sambil berbincang mengenai berbagai hal. Dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan rasa jenuh anak akan berkurang dan dapat kembali fokus untuk belajar.  

4. Sabar temani anak belajar 

side view child learning from tutor home 700x435 - Bingung Membimbing Anak Belajar Online? Simak 6 tips berikut!

Sumber: Freepik

Selama belajar online di rumah, orang tua diharapkan bisa berperan sebagai guru untuk membimbing anaknya. Dari mulai membantu memahami pelajaran dan mengerjakan tugas. Namun, jangan sampai orang tua memaksa anak untuk selalu fokus dan harus menyelesaikan tugas dengan cepat. Hal ini akan berimbas buruk pada suasana hati anak. Suasana hati sangat penting untuk menjalani aktivitas agar anak tidak kehilangan semangat dan motivasi belajar. Sebaliknya, berikanlah pengertian dengan menjelaskan sisi baik dan buruknya mengerjakan tugas dengan cepat. Alih-alih memarahinya, lebih baik membantu dan membimbingnya dengan sabar dan jangan lupa untuk menggunakan nada bicara yang lembut dan penuh semangat. 

5. Menambah ilmu baru 

Walaupun sekolah sudah memberikan materi kepada anak, tidak ada salahnya jika orang tua mencari variasi bahan materi ajaran lain untuk dijadikan acuan. Sekarang banyak situs atau aplikasi pendidikan yang menyediakan materi pembelajaran mulai dari jenjang TK sampai sekolah menengah. Selain itu, orang tua bisa mengikuti webinar yang memberikan referensi aktivitas maupun tutorial seru membimbing anak belajar online di rumah. 

Baca juga: 10 Tips Membuat Kuliah Online Tetap Menyenangkan dan Efektif

6. Jadilah orang tua yang kreatif  

Untuk membangun suasana belajar online yang menyenangkan, orang tua harus pintar menciptakan kegiatan yang menarik. Ketahui mata pelajaran apa yang anak sukai dan tidak disukai. Jika anak tidak suka pelajaran matematika, kamu bisa menarik minatnya dengan mengubah pelajaran tersebut menjadi sebuah permainan. Misalnya, membiarkan anak menggunakan cemilan untuk menyelesaikan soal matematika dan memakannya bila tugas telah selesai. Cara ini dapat memberi kesan pada anak bahwa pelajaran yang selama ini tidak disukai dapat menjadi menarik dengan kegiatan yang menyenangkan. Di sisi lain anak akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas sekolahnya. 

Itulah 6 tips untuk membimbing anak belajar online di rumah. Kegiatan ini seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Pasalnya orang tua dapat mengetahui secara jelas progress belajar anak  dan juga dapat memanfaatkan waktu untuk lebih dekat dengan mereka. Nah, untuk mendukung lancarnya pembelajaran online sang anak, orang tua harus memenuhi kebutuhan kuota internet. Aplikasi Qelola menyediakan fitur pembelian kuota internet dan juga pulsa dengan sangat mudah. Selain itu, kamu juga dapat membayar tagihan air, listrik, maupun BPJS melalui aplikasi Qelola. Yuk, jangan lewatkan manfaatnya. Segera download aplikasinya, lakukan registrasi dan nikmati berbagai macam fitur menarik lainnya. 

Tags: , , , ,