Tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Selama Daring

anak sedang mencoba konsentrasi belajar

Belajar secara daring, memaksa anak untuk menyesuaikan situasi belajar di luar kelas. Banyak orang tua yang menghadapi kendala dengan menurunnya konsentrasi anak selama menjalani masa belajar secara online.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab menurunya konsentrasi belajar tersebut dan bagaimana solusinya? Yuk cek melalui artikel di bawah ini.

Penyebab Konsentrasi Belajar Online Menurun

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan konsentrasi belajar menurun? Bagaimana cara meningkatkan konsentrasi belajar yang mudah dan efektif?

Nah, berikut ini merupakan beberapa penyebab yang membuat anak sulit konsentrasi saat belajar, antara lain:

  • Terlalu banyak tugas yang diberikan oleh guru sehingga menyita waktu dan membuat anak akhirnya mengalami kelelahan.
  • Pengaruh adanya penggunaan gadget yang berlebihan.
  • Suasana belajar yang tidak kondusif, yang membuat anak tidak merasa nyaman dalam belajar.
  • Pola tidur yang kurang berkualitas.
  • Kurangnya minat terhadap mata pelajaran tertentu.
  • Adanya paksaan atau tekanan dari lingkungan sekitar.
  • Rendahnya motivasi dari diri anak dalam menentukan target hasil belajar.
  • Pola makan yang kurang sehat dapat menyebabkan terhambatnya proses metabolisme tubuh sehingga mempengaruhi kerja otak kurang optimal.

Itulah beberapa penyebab yang mempengaruhi terganggunya konsentrasi saat belajar. Hal-hal di atas bisa membuat kamu memiliki mindset kalau belajar itu suatu kegiatan yang kurang menyenangkan dan bahkan merupakan beban buat anak.

Tentunya hal tersebut harus segera diatasi agar mindset anak berubah menjadi lebih baik mengenai proses belajar secara online. Nah, berikut ada beberapa cara mudah dan efektif untuk meningkatkan semangat dan konsentrasi saat belajar.

Tips Meningkatkan Konsentrasi Anak Selama Belajar Online

Sempatkan Beristirahat Sejenak dan Berlatih Fisik

Pada umumnya, belajar lebih kurang 1 jam lalu beristirahat 5-10 menit adalah jadwal yang paling efektif agar anak tetap mampu berkonsentrasi pada tugasnya. Beristirahat sejenak membuat pikiran kembali rileks sehingga siap belajar dengan baik dan mampu menyimpan informasi.

Minta anak menggerakkan tubuh. Tinggalkan tempat duduk dan lakukan peregangan otot setelah duduk lebih kurang 1 jam, misalnya dengan menggerakkan kepala ke atas dan ke bawah, atau berbagai aktivitas fisik yang mempercepat aliran darah. Setelah  anak beristirahat sejenak, waktu belajar bisa dimanfaatkan secara produktif dengan perhatian penuh.

Rapikan Area Belajar.

Pindahkan barang-barang yang tidak diperlukan dan rapikan area belajar untuk mengurangi stres dan meningkatkan kemampuan berkonsentrasi. Hal-hal yang tidak berkontribusi langsung pada kemampuan berkonsentrasi akan mengalihkan perhatian.

Mintalah anak membuang kemasan makanan, kertas yang tidak terpakai, dan benda lain yang tidak digunakan lagi.

Istirahat Cukup Dan Berkualitas 

istirahat 700x467 - Tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Selama Daring

sumber : pexels

Istirahat yang cukup sangat memengaruhi konsentrasi belajar anak dalam melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk aktivitas belajar online. Usahakan tidur yang cukup pada malam hari kurang lebih 8 jam waktu tidur.

Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, anak akan lebih siap melakukan aktivitas apapun pada keesokan harinya. Anak juga akan lebih mudah memahami materi pelajaran yang diberikan.

Bermain Game

main game 700x467 - Tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Selama Daring

sumber : pexels

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa game bisa memberi pengaruh buruk untuk si kecil. Padahal sekarang sudah banyak game yang bermanfaat untuk perkembangan si kecil,

Selain itu game juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi anak. Sebuah studi dari University of Arkansas mengungkapkan bahwa bermain video game selama satu jam bisa meningkatkan konsentrasi.

Video game seperti apa ya? Nah si kecil bisa diajak bermain video game dengan format mobile online battle arenas (MOBA) seperti League of Legends. Tapi kalau waktunya habis untuk bermain game yang ada malah tidak belajar, jadi usahakan tetap dibatasi!

Konsumsi Makanan Bergizi

healthy food 700x467 - Tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Selama Daring

sumber : pexels

Membiasakan diri dengan mengatur pola makan yang sehat adalah hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan juga otak anak. Usahakan selalu memberi makanan yang sehat dan bergizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecerdasan otak.

Saat tubuh anak sehat, maka otak anak pun lebih cerdas, sehingga konsentrasi belajar pun secara tidak langsung akan meningkat. Anda bisa memberikan makanan yang mengandung vitamin penambah daya ingat dan konsentrasi seperti vitamin E, vitamin B, omega-3. Kandungan nutrisi tersebut baik untuk memperbaiki fungsi otak, terutama menambah daya ingat dan konsentrasi.

Baca Juga : Pentingnya Menajaga Pola Makan Sehat Agar Daya TahanTubuh Terjaga

Hindari Gangguan Belajar 

Banyak sekali gangguan di sekitar anak yang berpotensi mengalihkan perhatian mereka saat belajar. Misalnya, gangguan dari smartphone yang berdering, bunyi pemberitahuan dari media sosial, tontonan Youtube yang lebih seru, serta hal-hal lainnya.

Usahakan untuk menjauhkan diri dari faktor-faktor gangguan seperti itu! Dengan menghilangkan potensi gangguan belajar, anak bisa berkonsentrasi penuh terhadap materi yang sedang mereka pelajari sehingga materi pelajaran pun bisa dipahami secara maksimal.

Itulah tips meningkatkan konsentrasi belajar saat musim sekolah online yang bisa kamu coba lakukan. Apabila kamu ingin anak kamu mendapatkan nilai yang bagus, tentu saja kamu harus mempersiapkannya dengan sebaik mungkin. Jangan lupa untuk membeli kuota internet yang cukup agar jaringan koneksi internet tidak terganggu. Nah, agar tidak repot, kamu bisa membeli kuota dengan mudah melalui aplikasi Qelola. Selain fitur pembelian kuota, terdapat fitur lain yang menarik seperti membayar tagihan dan mentransfer uang ke Indonesia dengan sangat mudah. Silahkan download aplikasinya dan rasakan manfaatnya.

 

Tags: , , , , , , , ,