Tubuh Mudah Merasa Lelah? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

uncomfortable woman sits bed has medicine table 11zon scaled - Tubuh Mudah Merasa Lelah? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab mengapa tubuh mudah merasa lelah bukan hanya terjadi jika kamu tidak beristirahat dengan cukup atau bergadang setiap hari. Terlebih lagi jika kamu sudah merasa tidur tepat waktu tapi tubuh masih terasa lemas dan kurang bersemangat. Memiliki kondisi tubuh yang tidak prima dapat menjadi kendala untuk melakukan rutinitas sehari-hari. Selain itu, kondisi ini akan berdampak pada produktivitas pekerjaanmu. Maka dari itu, sebaiknya masalah kelelahan harus segera diatasi. Untuk mengatasinya, kamu terlebih dahulu harus tau penyebab tubuh mudah merasa lelah, berikut beberapa diantaranya: 

Penyebab tubuh mudah merasa lelah

  • Pola istirahat yang buruk 

Pekerjaan yang banyak dan menumpuk terkadang memaksa kamu untuk bergadang dan lembur. Apabila tidak sering terjadi itu masih wajar, namun jika kamu hampir setiap hari lembur akan memengaruhi kesehatanmu. Terlebih kalau kamu membalaskan lemburmu pada akhir minggu dengan tidur seharian. Kurang tidur maupun tidur berlebihan akan membuat tubuhmu mudah merasakan lelah bahkan bisa berdampak juga pada kesehatan tulangmu. 

  • Kekurangan asupan cairan 

unrecognizable woman carrying glass water mouth 700x467 - Tubuh Mudah Merasa Lelah? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Freepik.com

Penyebab tubuh mudah lelah selanjutnya adalah kurangnya asupan cairan yang harus terpenuhi dengan baik. Air memiliki peran penting untuk menyalurkan oksigen ke sistem organ agar tubuh memiliki energi. Kekurangan cairan akan memengaruhi kinerja metabolisme tubuh yang kemudian menyebabkan semua bagian tubuh tidak memiliki cukup energi untuk bekerja dengan semestinya, terlebih lagi otak. 

  • Kelebihan karbohidrat 

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi ataupun ubi memang menjadi sumber energi untuk tubuh. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, tidak hanya akan membuat berat badan meningkat tapi juga akan membuat badanmu lelah. Makan terlalu banyak karbohidrat akan meningkatkan gula darah dalam tubuh sehingga ledakan energi yang diciptakan justru cenderung pendek dan akhirnya badanmu akan mengalami kelelahan. Selain itu, jika kamu sarapan dengan makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat, kamu akan cepat mengantuk dan lemas untuk menjalani rutinitas. 

  • Diet yang berlebihan 

cutlery white plate with measuring tape yellow concept weight loss diet 700x467 - Tubuh Mudah Merasa Lelah? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Freepik.com

Jika kelebihan karbohidrat akan membuat badan kamu mudah lelah, hal yang sama akan terjadi apabila kamu kurang memenuhi asupan kalori pada tubuhmu. Banyak orang yang masih beranggapan bahwa diet itu mengurangi makan sebanyak-banyaknya bahkan sampai melewatkan jam makan dan menyebabkan tubuh tidak memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas. Apalagi jika kamu ingin menurunkan berat badan dalam waktu singkat, mungkin diet yang seperti itu yang akan jadi pilihanmu. Padahal menurut ahli gizi, diet adalah mengatur pola makan teratur dan sehat. Diet yang baik adalah yang bertahap dan dapat menjadi habit untuk jangka panjang. 

Baca juga: Simak! Begini Cara Menghitung Dan Mendapatkan Berat Badan Ideal 

Cara mengatasi tubuh yang mudah merasa lelah

  • Mengatur waktu tidur yang konsisten

charming woman striped pajamas laughs keeps alarm clock 700x467 - Tubuh Mudah Merasa Lelah? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Freepik.com

Pada umumnya, kebiasaan tidur yang normal adalah 7 atau 8 jam sehari. Tentu saja kondisi ini bisa berbeda pada masing-masing orang. Namun, untuk menciptakan kualitas tidur yang optimal, sebaiknya jam tidur tersebut terpenuhi. Salah satu caranya adalah membangun rutinitas dengan mengatur waktu tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Lakukan secara bertahap seperti tidur lebih awal dan bangun 5 menit lebih pagi sampai terbiasa dan konsisten menjalaninya. Selain itu, sebisa mungkin untuk mengurangi waktu begadang dengan segera menyelesaikan pekerjaan dan tidak menundanya agar tidak menumpuk.

  • Penuhi hidrasi tubuh 

Memenuhi hidrasi tubuh menjadi hal penting untuk menghindari dehidrasi yang menyebabkan tubuh merasa lelah. Ada banyak cara untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Salah satunya adalah minum air mineral. Banyak orang yang menganjurkan untuk minum 8 gelas air putih per hari. Akan tetapi, sebaiknya kamu sesuaikan dengan aktivitas yang kamu lakukan. Jika pada hari itu kamu melakukan aktivitas yang cukup berat, mungkin 8 gelas air putih tidak akan cukup. Memenuhi hidrasi tubuh juga bisa kamu dapatkan dari makan sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, jeruk, selada dan lainnya. 

  • Menjaga pola makan yang seimbang 

    concept healthy food sports lifestyle vegetarian lunch healthy breakfast proper nutrition top view flat lay 700x462 - Tubuh Mudah Merasa Lelah? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Freepik.com

Sejak dulu, menjaga pola makan seimbang sudah menjadi anjuran untuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan seimbang yang dimaksud adalah yang beraneka ragam. Sebagai contoh, nasi memiliki karbohidrat yang tinggi tapi minim vitamin dan mineral, sedangkan sayuran dan buah kaya akan vitamin tapi rendah kalori. Cara yang paling tepat adalah mengombinasikan keduanya dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Jangan lupa juga untuk menambah protein yang terdapat pada telur ataupun daging sebagai tambahan energi. 

  • Jangan lupakan olahraga 

Rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik tidak hanya akan meningkatkan kekebalan tubuh kamu, tetapi juga dapat membuat tubuhmu menjadi segar dan tidak mudah lemas untuk menjalani rutinitas. Selain menambahkan energi pada tubuh, orang yang rutin melakukan olahraga terbukti memiliki manajemen emosi dan kualitas tidur yang baik sehingga terhindar dari stress. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki selama 30 menit perhari dan rasakan manfaatnya pada tubuh kamu. 

Itulah beberapa penyebab tubuh mudah merasa lelah dan tips mengatasinya. Nah, kalau kamu juga merasa lelah jika harus keluar rumah untuk membayar tagihan atau pergi ke atm terdekat untuk transfer uang ke sanak saudara, maka aplikasi Qelola adalah solusinya. Tidak perlu waktu yang lama, dengan cara mudah dan cepat kamu dapat mengatasi permasalahan keuanganmu. Segera download aplikasinya, lakukan registrasi dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba!. 

 

Tags: , , , ,