Tips Menjalankan Diet Sehat yang Aman dan Menjaga Daya Tahan Tubuh

diet sehat

Saat kamu ingin menurunkan berat badan, diet adalah salah satu hal yang akan terlintas dalam benakmu. Sampai saat ini sudah ada berbagai macam tips dan trik diet yang bisa kamu temukan di internet. Setiap manusia juga memiliki metabolisme tubuh yang berbeda-beda. Karena itulah mengapa diet satu orang dengan yang lainnya belum tentu memiliki hasil akhir yang sama. Namun yang terpenting dari diet sehat adalah haruslah aman. Artinya, tidak membuatmu sakit dan sebisa mungkin mampu menjaga daya tahan tubuh.

Diet sehat yang aman dan berjangka panjang tentu membutuhkan waktu dan konsistensi. Penurunan berat badan secara perlahan atau sekitar 0,5 hingga 1 kg seminggu dinilai sebagai tingkat penurunan berat badan yang aman. Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan aman adalah dengan diet sehat. Berikut ini beberapa tips menjalani diet sehat yang aman dan mampu menjaga daya tahan tubuh:

1. Mengatur porsi makan

Dalam diet sehat, kamu tidak harus selalu mengurangi makan. Kamu tetap bisa makan dengan kenyang asalkan porsi makan tetap diatur dengan baik. Porsi makan yang baik harus seimbang antara karbohidrat, protein, dan sayuran. Pembagiannya adalah ¼ bagian untuk karbohidrat, ¼ bagian untuk protein (hewani atau nabati), dan ½ bagian untuk serat seperti sayuran hijau.  Jika kamu mampu mempertahankan porsi ini, dijamin diet sehat tidak akan menyiksa.

2. Menghitung kebutuhan kalori

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia, kondisi kesehatan, hingga berat badan juga mempengaruhi. Jika kamu bisa mengetahui kebutuhan kalorimu setiap hari, maka kamu harus sebisa mungkin makan dengan hitungan kalori yang tepat. Penghitungan kalori ini juga akan mempengaruhi jumlah porsi yang akan kamu terima. Termasuk apakah kamu boleh makan makanan berlemak seberapa banyak, makanan manis seberapa banyak, dan sebagainya. Kenali kebutuhan kalorimu sedini mungkin.

3. Membuat jadwal makan teratur

Jadwal makan teratur justru akan membuat tubuh lebih sehat, bukan menambah berat badan. Jika kamu berpikir bahwa melewatkan makan termasuk diet, maka hal itu salah. Tubuh akan merasa sangat lapar karena gula darah tidak terkontrol dan bahkan bisa menimbulkan stres. Akhirnya ketika saatnya makan tiba, kamu justru tidak mampu mengontrol jumlah makan karena terlalu lapar. Hal ini bukanlah bentuk metode diet yang sehat. Makan rutin dan teratur dengan porsi dan kalori yang cukup akan lebih sehat.

4. Berhenti makan sebelum kekenyangan dengan makan perlahan

mengatur makan - Tips Menjalankan Diet Sehat yang Aman dan Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sumber : pexels.com

Makan dengan perlahan akan membantu tubuh mencerna makanan yang masuk lebih baik. Selain itu, kamu juga akan kenyang lebih cepat karena otak memiliki waktu untuk mengirimkan sinyal kenyang. Hal ini akan membantu kamu tidak terlalu banyak makan dan berhenti makan sebelum kekenyangan.

5. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Dilihat dari porsi makan yang sehat pada poin pertama, serat menjadi porsi yang paling besar karena memang paling banyak dibutuhkan tubuh. Memperbanyak sayur dan buah tidak hanya membantu tubuh menurunkan berat badan, namun juga mencegah berbagai penyakit kronis.

6. Pilih makanan dengan kandungan protein rendah lemak

Sedangkan untuk memilih makanan yang mengandung protein, kamu tidak boleh sembarangan ya. Protein yang mengandung lemak dan minyak yang tinggi tidak baik bagi kamu yang sedang melakukan diet sehat. Meskipun sedang tidak diet, makanan dengan lemak tinggi bisa menyebabkan obesitas dan penyakit kronis lain. Hasil penelitian WHO mengungkapkan bahwa lemak total yang tidak lebih dari 30% dapat membantu mengurangi berat badan. Beberapa bahan makanan yang mengandung protein tinggi rendah lemak adalah ikan, telur, tahu, kacang polong, dan sebagainya.

7. Membatasi terlalu banyak gula dan garam

Salah satu bahan makanan yang mengandung kalori tinggi adalah makanan dengan kandungan gula, garam, minyak, serta lemak yang tinggi. Kementerian Kesehatan RI memberikan beberapa prinsip makan sehat rendah kalori, yaitu: gula 4 sendok makan per hari, garam 1 sendok teh per hari, dan lemak 5 sendok makan per hari. Jika kamu tidak sempat mengukurnya, pastikan asupan bahan-bahan berkalori tinggi tidak berlebihan.

8. Jika ingin, kamu boleh ngemil asalkan camilan rendah kalori

buah buahan - Tips Menjalankan Diet Sehat yang Aman dan Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sumber : pexels.com/ianturnell

Ngemil atau makan camilan biasanya dihindari oleh orang yang sedang diet. Padahal kamu tetap boleh ngemil meski sedang menjalani diet sehat. Tentu saja dengan syarat kamu tetap memilih camilan rendah lemak dan kalori. Beberapa jenis camilan yang dimaksud adalah buah berbagai olahan, greek yogurt, telur rebus, edamame, dan sebagainya.

Ketika kamu sudah mulai menerapkan beberapa tips di atas, dijamin diet sehatmu akan berjalan lancar. Dengan begitu diet yang kamu lakukan akan memiliki hasil yang maksimal dan cenderung akan memberikan hasil yang stabil dalam jangka waktu yang lama. Prinsip diet yang sehat adalah memiliki pola makan yang sehat berkualitas dan konsisten. Begitu pula dengan mengatur keuangan, harus konsisten agar hasilnya sesuai dengan yang direncanakan. Bantu urusan mengelola uang dengan Qelola. Unduh Qelola sekarang juga dengan mengikuti tautan ini.

Tags: , , , , , ,