Simak! Begini Cara Menghitung dan Mendapatkan Berat Badan Ideal

berat badan ideal

Selain menjadi impian banyak orang, memiliki berat badan yang ideal ternyata juga menyehatkan tubuh. Angka bobot tubuh yang pas pada tiap-tiap orang tentunya berbeda. Hal tersebut tergantung dari tinggi badan, jenis kelamin, umur, massa otot, dan postur tubuh. Jadi berat badan yang sesuai tidak selalu identik dengan tubuh yang kurus. Tubuh yang ramping malah bisa jadi pertanda kamu kekurangan berat badan. Hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan seperti anemia, gangguan pada tulang, dan masalah tumbuh kembang.

Namun, kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan masalah serius pada kesehatan. Orang yang kelebihan berat badan berisiko terkena berbagai penyakit seperti jantung, hipertensi, diabetes, dan lain-lain. Oleh sebab itu atasi malnutrisi tersebut dengan memiliki bobot tubuh ideal demi kesehatan tubuhmu. Lalu bagaimana cara menghitung berat badan yang ideal? Langkah apa saja yang bisa dilakukan agar bisa mencapai bobot tubuh yang sesuai dengan kondisi fisikmu? Jawabannya bisa kamu temukan dengan membaca artikel berikut ini.

Menghitung Berat Badan Ideal yang Benar

weight loss - Simak! Begini Cara Menghitung dan Mendapatkan Berat Badan Ideal

Sumber: freepik

Ada dua cara untuk mengetahui berat badan ideal yang penting untuk kamu miliki, yaitu dengan rumus Broca dan indeks massa tubuh (IMT). Walaupun keduanya memakai tinggi badan sebagai salah satu unsur dalam menghitung berat badan yang sesuai, namun cara perhitunganya berbeda. Ketahui informasinya lebih detail berikut ini:

  • Menghitung BB Ideal dengan Rumus Broca

Rumus Broca adalah cara tersimpel untuk mengetahui BB ideal tubuhmu. Nama Broca sendiri diambil dari penemu rumus yang merupakan seorang dokter bedah dari Prancis bernama Pierre Paul Broca. Umumnya, rumus Broca yang selama ini banyak orang pahami adalah sebagai berikut:

BB Ideal (kg)= tinggi badan (cm) – 100

Namun sayangnya, rumus perhitungan tersebut ternyata kurang spesifik karena hanya berpatokan pada tinggi badan saja. Padahal, pertimbangan jenis kelamin juga sangat penting mengingat massa otot dan komposisi lemak pada laki-laki dan perempuan juga berbeda. Oleh karena itu penghitungan BB ideal dengan rumus Broca bagi wanita dan pria juga dibedakan sebagai berikut:

Laki-laki:    BB Normal (kg)= (tinggi badan (cm) – 100) – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Perempuan:    BB Normal (kg)= (tinggi badan (cm) – 100) – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Contoh perhitungan BB ideal dengan rumus Broca misalnya:

Laki-laki: BB normal dengan tinggi 178cm = (178-100) – [(178-100)x10%] = 78 – 7.8 = 70.2kg

Perempuan: BB normal dengan tinggi 158cm = (158-100) – [(158-100)x15%] = 58 – 8.7 = 49.3kg

  • Menghitung BB Ideal dengan Indeks Massa Tubuh (IMT)

Cara lain untuk mengetahui berat badan ideal pada tubuh adalah dengan menghitung indeks massa tubuh (IMT). Penghitungan dengan IMT sama saja dengan penghitungan lemak tubuh. Cara ini memiliki rumus yang sama bagi pria dan wanita yaitu:

IMT = Berat badan : [tinggi badan (m) x tinggi badan (m)]

Misalnya menghitung IMT BB 43kg tinggi 158cm = 43 : [1,58×1,58] = 43 : 2.5 = 17.2

Nah, untuk mengetahui berat badanmu sudah masuk kategori ideal atau belum, silahkan cek tabel IMT di bawah ini:

Kategori IMT
Kurus < 18.5
Normal 18.5 – 22.9
Overweight 23 – 27.5
Obesitas > 27.5

Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal

berat badan ideal 2 - Simak! Begini Cara Menghitung dan Mendapatkan Berat Badan Ideal

Sumber: freepik

Malnutrisi pada tubuh bisa menyebabkan tubuh memiliki berat badan yang tidak ideal. Jika hal ini diabaikan maka akan berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan beberapa hal agar bisa mencapai BB ideal. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi bobot tubuh yang sesuai.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Walaupun terdengar klise, mengonsumsi makanan sehat berperan penting dalam memenuhi BB tubuh yang ideal. Pilihlah makanan gizi seimbang dengan porsi secukupnya. Sayuran, buah, sumber karbohidrat, dan protein harus ada di setiap porsi piring makanmu. Selain menentukan menu makanan, cara pengolahan juga penting untuk diperhatikan.

Memasak dengan teknik direbus, dikukus, dan ditumis dianggap lebih sehat daripada digoreng. Untuk menentukan kebutuhan nutrisi, kamu juga bisa berkonsultasi pada ahli gizi agar mendapatkan konsumsi harian yang tepat.

  • Minum Air Putih yang Banyak

Jika porsi makan harus dibatasi, hal ini berbanding terbalik dengan konsumsi air minum yang harus kamu penuhi. Minum air putih dalam jumlah yang banyak akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Nah, metabolisme tubuh ini akan membuatmu terhindar dari berat badan berlebih. Jika rutinitas ini kamu pertahankan dengan baik, maka kamu bisa segera mendapatkan berat badan yang ideal.

  • Aktif Berolahraga

Aktif bergerak juga bisa membantumu mencapai bobot tubuh yang pas. Tak harus olahraga berat, kamu bisa memulainya dari olahraga ringan seperti jalan kaki atau jogging keliling komplek. Namun kegiatan ini juga harus rutin dilakukan dan tak cukup sekali dua kali saja. Awalnya mungkin memang berat, tapi jika sudah terbiasa kamu akan ketagihan dan tubuh akan terasa lebih bugar.

Baca juga: Perhatikan 3 Aspek Kesehatan Berikut Agar Tetap Produktif

Selain menyehatkan, memiliki berat badan ideal pastinya membuatmu lebih percaya diri. Selain memperhatikan bobot tubuh, kamu juga harus punya aplikasi keuangan yang ideal. Percayakan berbagai transaksi keuanganmu secara online melalui aplikasi Qelola. Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi.

Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , ,