Daftar Tempat Kursus Online untuk Meningkatkan Keterampilan, Bekal di Dunia Kerja

kursus online

Sebelum lulus kuliah ada baiknya mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Saat melamar pekerjaan nanti tidak hanya nilai yang bagus dan CV yang menarik, tapi ada keterampilan yang yang harus dikuasai. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dapat mengikuti kursus online. Mahasiswa mempunyai kesempatan untuk terus berlajar di kampus maupun mengasah kemampuan lewat kursus online.

Saat masih muda ada banyak keinginan, menambah uang saku, hingga mengekpresikan diri. Tak ada salahnya meluangkan waktu untuk mengikuti kursus online sebagai bekal saat memasuki dunia kerja. Keterampilan atau keahlian tertentu bisa menjadi nilai tambah ketika berhadapan dengan tim HRD suatu perusahaan. Di zaman sekarang ada banyak pilihan tempat kursus online yang dapat meningkatkan kualifikasi dirimu. Kamu tinggal memilih tempat yang sesuai dengan kebutuhan dan keterampilan yang ingin diasah.

Rekomendasi Tempat Kursus Online yang Menjanjikan

1. Fotografi

Perusahaan Nikon memberikan pelatihan kursus online untuk orang-orang yang memiliki hobi atau menyukai fotografi. Kursus gratis dari Nikon bisa langsung dicek pada website resmi Nikon. Kelas kursus online ini menyajikan konten video bagaimana mengoperasikan kamera, memotret objek, dan lainnya. Kamu pun bisa mempelajari dasar-dasar fotografi yang dipandu oleh fotografer profesional.

kursus fotografi 700x463 - Daftar Tempat Kursus Online untuk Meningkatkan Keterampilan, Bekal di Dunia Kerja

Sumber: Pixabay/congerdesign

2. Public Speaking

Kamu dapat menambah keterampilan di bidang public speaking hingga desain melalui situs TED Talks. Kamu akan menjumpai para pembicara dari berbagai universitas di seluruh dunia. Ada banyak kesempatan mendengarkan banyak materi public speaking dari ahlinya. Ada banyak pembicara yang menyampaikan materi, sehingga kamu bisa belajar dari mereka. Skill berkomunikasi penting dimiliki saat melamar kerja apalagi ketika memilih pekerjaan di bagian yang membutuhkan skill tersebut. Langsung saja kunjungi TED.com.

3. Microsoft

Siapa yang tidak mengenal Microsoft? Perusahaan teknologi nomor 1 di dunia ini juga menawarkan kursus online. Kamu dapat mengembangkan keahlian tentang dekstop, aplikasi, server, hingga basis data. Kamu mengikuti pelatihan Microsoft Office tingkat profesional untuk mempelajari dan menguasai tools yang berguna di dunia kerja. Pelajari terus tentang Microsoft Office, seperti Ms. Word, Ms. Excel, dan Power Point. Klik di sini untuk mengikuti pelatihan online dari Microsoft.

4. Google

Perusahaan ini juga menyediakan pelatihan secara online dan dapat diakses gratis untuk orang-orang yang ingin memulai karier dan mengembangkan bisnis. Ada pilihan modul pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Menariknya, ada berbagai kategori materi kursus online seperti pengembangan karier, pemasaran digital, bisnis online, promosi, iklan, memperluas bisnis, membuat konten promosi, analisis dan lainya. Cek Google Digital Garage untuk mengikuti pelatihan online.

5. oedb.org

Inilah situs online yang menyediakan pelatihan atau kursus secara gratis. Kamu bisa menemukan aneka pelatihan karena banyak materi yang diberikan terutama bagi anak muda. Kamu bisa mempelajari bisnis, ilmu pendidikan, pemerintahan, keuangan, dan lainnya.

6. 99u.com

Kamu bisa mengikuti pelatihan online di sini jika ingin menjadi entrepreneur. Ada aneka materi tentang pengembangan bisnis, skill yang diperlukan dalam menjalankan bisnis, dan lainnya.

7. teamtreehouse.com

Kamu bisa mempelajari desain, bisnis, marketing, dan aneka skill menariknya dalam kursus online di teamtreehouse.com. Ada banyak kesempatan belajar dan meningkatkan keterampilanmu sebelum memasuki dunia kerja. Materi-materi yang diberikan akan membantumu dalam membangun karier.

pilihan kursus 700x466 - Daftar Tempat Kursus Online untuk Meningkatkan Keterampilan, Bekal di Dunia Kerja

Sumber:Pixabay/ Engin Akyurt

8. Speaky

Speaky masuk dalam daftar rekomendasi tempat pelatihan keterampilan secara online. Di sini, kamu belajar bahasa berbagai negara dan memberikan kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang di seluruh di dunia. Speaky merupakan komunitas pembelajaran bahasa yang menyediakan 110 bahasa di dunia. Kamu dapat mempelajari bahasa asing yang diinginkan. Bahkan bisa juga langsung mengobrol dan melakukan panggilan langsung lewat browser ataupun aplikasi Speaky. Informasi lebih lengkapnya, kamu bisa mengunjungi website resmi https://www.speaky.com/.

9. Skill Academy

Salah satu pilihan tempat pelatihan online untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan adalah Skill Academy. Ada aneka pilihan materi pelatihan seperti pengembangan diri, bisnis dan keuangan, pemasaran, teknologi dan software, persiapan tes, serta mentoring. Langsung kunjungi skillacademy.com.

Tips Memilih Tempat Kursus

Berhati-hatilah dalam memilih tempat kursus karena ada saja yang bermasalah. Ada pula yang malah menyulitkan upayamu meningkatkan keterampilan. Kamu dapat memilih tempat kursus online dengan kredibilitas tinggi. Hal ini penting kamu ketahui supaya bisa mendapatkan manfaatnya. Gunakan handphone untuk mengecek tempat kursus mulai dari lokasi, tempat, alamat, nomor telefon yang dihubungi, cari testimoni dari orang-orang yang pernah kursus di tempat itu. Perlu mengecek website dan akun resminya di media sosial. Kerap update informasi atau tidak dan materi apa saja yang diberikan.

Yuk, gunakan sebagian waktu selama isolasi di rumah, menunggu panggilan kerja, maupun belajar dengan mengikuti tambahan pendidikan secara mandiri. Jangan lupa untuk pintar-pintar mengelola keuangan karena ada kursus yang gratis dan berbayar. Kamu bisa menyesuaikannya karena perlu juga menyisihkan uang untuk tabungan.

Nah, kamu menggunakan dompet digital seperti Qelola untuk menyimpan dan mengelola uang. Pada aplikasi Qelola terdapat berbagai fitur menarik yang akan memudahkanmu dalam bertransaksi. Kamu bisa mengirim uang secara online antar negara, bayar tagihan listrik, tagihan air, beli pulsa, kuota internet, dan masih banyak lagi. Langsung unduh aplikasi Qelola di sini dan gunakan untuk berbagai keperluan pribadimu.

Tags: , , , , , ,