Ide Kerja Part Time Online yang Cocok untuk Mahasiswa

kerja part time online

Menjadi seorang mahasiswa ada kalanya mengalami masa-masa sulit, misalnya dalam hal keuangan. Mungkin saat ini kamu sedang bermasalah dengan biaya kuliah, uang saku dari orang tua sudah menipis, atau lainnya. Kalau kamu sedang mengalami hal ini, jangan dulu menyerah. Karena kamu masih bisa menyelesaikan kuliah dengan kerja part time online. Memang diperlukan sedikit usaha keras untuk melakukannya. Tapi, tentu saja hal itu lebih baik daripada kamu harus berhenti kuliah di tengah jalan karena kekurangan biaya, kemudian menyesalinya di kemudian hari. Untuk itu, ulasan berikut ini bisa jadi solusi bagi permasalahan yang tengah kamu hadapi. Langsung saja simak sampai akhir!

Tips Mencari Peluang Kerja Part Time Online

qelola 2 - Ide Kerja Part Time Online yang Cocok untuk Mahasiswa

sumber: freepik

Berikut ini ada beberapa tips cari kerja part time online yang cocok untuk mahasiswa. 

  1. Cari informasi secara online. Saat ini sudah banyak platform yang memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang sedang dibuka. Mulai dari LINE, Instagram, dan Twitter, banyak akun yang mengunggah update terbaru tentang lowongan pekerjaan full maupun part time. Ikuti akun-akun yang memberi informasi semacam itu, dan carilah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan skill kamu. Rutinlah mengecek website yang memberikan informasi seputar lowongan kerja part time online
  2. Tips cari kerja part time online selanjutnya adalah manfaatkan platform freelance untuk menjual jasa. Menawarkan jasa pada website freelance akan memberikan waktu kerja yang fleksibel, sehingga sangat cocok untuk mahasiswa. Kamu juga dapat menolak tawaran pekerjaan jika sedang tidak memiliki waktu karena sedang minggu ujian atau tugas menumpuk. Beberapa jasa freelance yang cocok ditawarkan oleh mahasiswa secara online adalah content writer, editor tulisan, video editor, designer, social media specialist, dan masih banyak lagi. 
  3. Melalui kenalan. Kadang kala disebut dengan ‘jalur orang dalam’, tips cari kerja part time online yang ini memang suatu hal yang lumrah terjadi. Walaupun teknologi sudah berkembang, namun cara yang paling mudah untuk mendapatkan pekerjaan tetap saja melalui kenalan atau informasi dari mulut ke mulut. Poin yang perlu digaris bawahi di sini adalah perbanyak koneksi dengan orang-orang, dan bina koneksi tersebut dengan baik.
  4. Jaringan informasi kampus. Setiap kampus biasanya memiliki jaringan informasi yang berjalan secara natural dalam menyampaikan berbagai informasi. Mulai dari informasi mengenai program magang, hingga kerja part time. Jadi, sebagai mahasiswa kamu harus aktif mencari tahu informasi semacam ini supaya bisa mendapatkan update lebih cepat. 

Ide Pekerjaan Part Time Online yang Cocok untuk Mahasiswa

qelola 13 - Ide Kerja Part Time Online yang Cocok untuk Mahasiswa

sumber: freepik

Beberapa jenis pekerjaan di bawah ini biasanya ada versi part time-nya dan cukup sering dipilih oleh mahasiswa.

  1. Kerja part time online sebagai web developer. Pekerjaan yang satu ini memang lagi booming, karena perkembangan website sangat pesat di era yang serba online seperti sekarang ini. Peluang ini cocok untuk kamu yang kebetulan ambil jurusan ilmu komputer. Biasanya banyak perusahaan startup yang menawarkan lowongan kerja part time online untuk posisi ini.
  2. Desainer grafis atau ilustrator. Jika sudah memiliki skill desain atau ilustrator, pasti akan sangat mudah menemukan pekerjaan part time. Kamu bisa hunting job di platform para freelancer, open commision, atau kamu juga bisa langsung memasarkan jasamu di sosial media.
  3. Content writer juga menjadi salah satu pilihan pekerjaan part time favorit bagi para mahasiswa. Kamu bisa kerja part time online di manapun selama ada jaringan internet. Cara yang paling efektif untuk bekerja menjadi content writer adalah bergabung dengan agency, sehingga kamu tidak perlu repot mencari job sendiri. 
  4. Jika skill berbahasa asingmu cukup mumpuni,  hal ini sangat berguna untuk mencari penghasilan. Kamu bisa bekerja secara freelance sebagai penerjemah yang banyak dicari di platform freelancer.
  5. Jadi translator komik online juga menjadi peluang yang cukup menarik. Karena pembaca komik versi bahasa Indonesia lebih banyak, maka kebutuhan translator komik online pun ikut bertambah. Kamu bisa segera mendaftarkan diri di website-website yang menyediakan komik online. Biasanya mereka akan memasang informasi seputar job translator bagi mereka yang ingin kerja part time di website mereka.

Baca juga: Serba Serbi Tentang Kondisi Geografis Malaysia yang Perlu Kamu Tahu

Jangan lupa sisihkan sebagian penghasilanmu sebagai pekerja part time online nanti untuk ditabung, ya. Dengan menabung, berarti kamu telah menjamin sebagian uangmu agar tidak terpakai untuk hal-hal di luar kebutuhan. Kamu bisa menyimpan uang di bank, atau di dompet digital seperti Qelola. Selain untuk keperluan menyimpan uang, Qelola juga memiliki berbagai fitur menarik yang akan memudahkanmu dalam bertransaksi. Mulai dari kirim uang antar negara, bayar tagihan listrik, tagihan air, beli pulsa, kuota internet, dan masih banyak lagi. Kalau kamu unduh aplikasi Qelola sekarang, kamu bisa langsung daftar akun secara GRATIS!

Tags: , , , , ,