4 Alasan Kamu Harus Pilih Universitas di Malaysia

Universitas di malaysia

Bukan rahasia lagi bahwa universitas di Malaysia kini banyak menarik minat calon mahasiswa dari belahan bumi mana saja termasuk Indonesia. Banyak warga negara Indonesia yang mempertimbangkan Malaysia sebagai negara tujuan untuk melanjutkan studinya. Beberapa alasan yang melatarbelakanginya seperti letaknya yang dekat dengan Indonesia, budaya dan bahasa yang hampir sama, serta biaya hidup yang tidak terlalu mahal.

Selain itu, Malaysia adalah negara yang aman dan memiliki deretan kampus ternama dengan kualitas internasional. Bahkan, banyak universitas di Malaysia yang menduduki peringkat terbaik di Asia. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk memilih salah satu universitas di Malaysia sebagai tempat untuk menimba ilmu. Agar lebih mantap dalam mengambil keputusan untuk belajar di Malaysia, kamu bisa membaca artikel menarik di bawah ini.

Kenapa Harus Pilih Universitas di Malaysia?

Sekarang, tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mengejar gelar internasional karena di Malaysia kamu bisa mewujudkannya. Mungkin banyak diantara kamu yang belum tahu bahwa Malaysia punya segudang universitas terbaik dengan kualitas unggul seperti di negara-negara maju yang ada di dunia. Agar lebih yakin dalam memilih universitas di Malaysia, baca dahulu poin-poin penting di bawah ini.

  • Biaya Kuliah dan Biaya Hidup yang Terjangkau

putting money coins saving glass bottle concept investment mutual fund finance business placed textbook content money saving education 700x467 - 4 Alasan Kamu Harus Pilih Universitas di Malaysia

Sumber: freepik

Selain kualitas akademik, biaya kuliah di Malaysia pastinya juga jadi salah satu pertimbanganmu saat memutuskan untuk menimba ilmu di luar negeri. Jika kamu bermimpi untuk mendapatkan gelar internasional dengan budget terjangkau, Malaysia adalah pilihan yang tepat. Sama halnya dengan kampus di Indonesia, universitas negeri di Malaysia biasanya menawarkan tarif yang lebih murah jika dibandingkan dengan kampus swasta.

Selain masalah uang kuliah, biaya hidup di Malaysia juga tidak terlalu mahal. Oleh karena itu, kamu bisa memaksimalkan dana pendidikan yang ada dengan lebih baik. Namun, jika budgetmu terbatas cobalah untuk mengajukan beasiswa ke Malaysia. Kuliah lewat jalur beasiswa tentunya sangat menguntukan. Selain biaya kuliah, biasanya pihak kampus juga akan menyokong biaya hidupmu ketika belajar disana. Namun pastikan kamu punya prestasi akademik yang membanggakan karena proses seleksinya pun pasti tidak akan mudah.

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah di Malaysia? Cek Informasinya Disini!

  • Banyak Kampus Cabang Internasional

group students celebrating graduation together wearing face masks 700x467 - 4 Alasan Kamu Harus Pilih Universitas di Malaysia

Sumber: freepik

Selain universitas negeri dan swasta, di Malaysia juga terdapat kampus cabang internasional yang akan memberikanmu pengalaman belajar dengan skala dunia. Negara-negara seperti Inggris dan Australia adalah dua negara yang membuka kampus cabangnya di Malaysia.

Jadi kamu bisa menghemat biaya karena tidak perlu kuliah langsung di Inggris atau Australia. Cukup mendaftar di kampus cabang yang ada di Malaysia, maka kamu bisa mendapatkan gelar dari kampus Inggris atau Australia yang selama ini diimpikan.

Baca juga: Ini Dia! Daftar Universitas Terfavorit di Malaysia untuk Siswa Internasional

  • Standar Pendidikan Setara Level Global

top view globe with academic cap laptop 700x439 - 4 Alasan Kamu Harus Pilih Universitas di Malaysia

Sumber: freepik

Tak heran jika standar pendidikan universitas di Malaysia punya kualitas yang mumpuni. Hal ini karena sistem pendidikannya selalu dipantau secara berkala oleh Malaysian Qualifications Agency Act 2007 dan Private Higher Education Institutions Act 1996. Selain itu, beberapa kampus di Inggris, Australia, Amerika Serikat, dan Selandia Baru juga menjalin program kerjasama di beberapa universitas di Malaysia. Dengan kata lain, sistem pendidikan kampus-kampus di Malaysia sudah berada di level global.

  • Tak Hanya Belajar Teori

semangat kerja - 4 Alasan Kamu Harus Pilih Universitas di Malaysia

Sumber: freepik

Universitas di Malaysia menjamin para lulusannya punya skill dan kualitas yang benar-benar berkualitas. Sehingga para alumni tak hanya memiliki gelar saja, tapi juga bekal mumpuni yang berguna di dunia kerja. Banyak kampus-kampus di Malaysia yang menjalin kerjasama dengan berbagai industri dan universitas ternama di luar Malaysia. Hal ini membuat sistem pendidikan yang ada selalu up to date dan sesuai dengan perkembangan industri kerja terkini. Oleh karena itu, para lulusan kampus di Malaysia dapat dipastikan sudah siap kerja setelah lulus nanti.

Baca juga: Inilah Daftar 6 Universitas Terbaik di Malaysia

Melanjutkan studi di salah satu kampus di Malaysia adalah keputusan yang tepat. Selain mendapatkan gelar yang diinginkan, kamu juga akan mendapatkan pengalaman berharga baru serta memperluas pergaulan. Di sisi lain, lulusan universitas di Malaysia tidak hanya punya modal gelar saja tapi juga keterampilan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Qelola saat berada di Malaysia. Qelola adalah salah satu aplikasi keuangan online terpercaya yang bisa kamu pakai untuk melakukan berbagai transaksi.

Melalui aplikasi ini kamu bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, BPJS, dan TV kabel. Fitur lainnya yang bisa kamu nikmati di aplikasi Qelola adalah kamu bisa beli pulsa atau kuota internet langsung dari hp. Rasakan kemudahan melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mengunduh aplikasi Qelola disini.

Tags: , ,