Serba Serbi Tentang Kondisi Geografis Malaysia yang Perlu Kamu Tahu

kondisi geografis malaysia

Kondisi geografis Malaysia cukup unik karena terbagi menjadi dua wilayah. Walaupun bukan negara kepulauan, tapi kedua wilayah tersebut tidak berada di satu pulau yang sama. Dipisahkan oleh Laut China Selatan, Malaysia terbagi menjadi Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat sering disebut juga dengan Semenanjung Malaysia, sedangkan Malaysia Timur berada di pulau Kalimantan. Informasi lebih jauh tentang kondisi geografis Malaysia bisa kamu baca melalui artikel di bawah ini.

Seperti Apa Kondisi Geografis Malaysia?

pexels pixabay 209154 - Serba Serbi Tentang Kondisi Geografis Malaysia yang Perlu Kamu Tahu

Sumber: pexels-pixabay

Malaysia adalah salah satu negara yang ada di Benua Asia, tepatnya di Asia Tenggara. Negara yang mendapat julukan negeri Jiran ini memiliki luas wilayah yang mencapai 330.300 kilometer persegi. Dengan luas wilayah tersebut, menjadikan Malaysia sebagai negara dengan daratan terluas ke 66 di dunia.

Jika dilihat dari letak astronomisnya, Malaysia berada di 4º LU – 5º2′ LU serta 114º BT – 115º BT. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa negara ini dibagi menjadi dua wilayah yang letaknya berjauhan yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Kedua wilayah tersebut berbatasan dengan negara-negara tetangga, selat, dan juga lautan. Kondisi geografis Malaysia sendiri juga didominasi oleh pegunungan yang rendah serta dipenuhi dengan hutan. Lebih detailnya, kamu bisa membaca ulasannya berikut ini.

  • Malaysia Barat/ Semenanjung Malaysia

Malaysia Barat atau Semenanjung Malaysia ada di 1º LU – 6,9º LU serta 99,6º BT – 104,8º BT dengan luas wilayahnya adalah 131.598 kilometer persegi. Di sebelah utara berbatasan dengan Thailand dan di sebelah selatan berbatasan dengan Singapura serta Indonesia. Kemudian di sebelah barat berbatasan dengan Indonesia sedangkan di sebelah timur berbatasan dengan Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Kamboja.

Ibukota negara Malaysia adalah Kuala Lumpur dan berada di Semenanjung Malaysia. Namun, pusat pemerintahan dialihkan ke kota Putrajaya guna menghindari kemacetan di kota Kuala Lumpur. Malaysia Barat sendiri terdiri dari 11 negara bagian dan 2 persekutuan. Negara-negara bagian tersebut diantaranya adalah Johor, Melaka, Pahang, Terengganu, Kelantan, Negeri Sembilan, Selangor, Perak, Kedah, Pulau Pinang, Perlis, Putrajaya dan Kuala Lumpur.

  • Malaysia Timur

Malaysia Timur berada di pulau Kalimantan dan terbagi menjadi dua wilayah yaitu Sabah dan Serawak. Luas wilayah Sabah mencapai 73.620 kilometer persegi sedangkan luas wilayah Serawak adalah 124.449 kilometer persegi.  Letak astronomis Malaysia Timur ada di 0,8º LU – 08,2º LI serta 109,2º BT – 119,4º BT. Di wilayah Sabah berdiri kokoh Gunung Kinabalu yang merupakan puncak tertinggi di Malaysia, tingginya mencapai 4.095,2 meter.

Di sebelah utara, Malaysia Timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Sedangkan di sebelah selatan dan barat berbatasan dengan Indonesia. Kemudian pada bagian timur, Malaysia berbatasan dengan negara Filipina. Beberapa kota di Malaysia Timur yang cukup populer dan sering dikunjungi wisatawan diantaranya adalah Kuching, Kota Kinabalu, Miri, Tawau, Sandakan, dan Semporna.

Sayangnya, kondisi pantai di kawasan Malaysia Timur terbilang sempit dan dikelilingi oleh rawa-rawa. Selain itu beberapa sungai yang ada disana juga pendek dengan medan yang berliku-liku.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Tentang Profil Negara Malaysia yang Wajib Kamu Tahu

Bagaimana dengan Iklim di Malaysia?

pexels thilipen rave kumar 1625603 - Serba Serbi Tentang Kondisi Geografis Malaysia yang Perlu Kamu Tahu

Sumber: pexels

Malaysia merupakan negara dengan iklim tropis yang sama dengan Indonesia. Jika melihat dari letak astronomisnya, negara Malaysia berada di 1°LU – 7°LU dan 100°BT – 119°BT. Hal ini membuat Malaysia memiliki dua musim pada tiap tahunnya yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Iklim tropis yang dimiliki negara ini menjadi alasan bagi banyak pelancong luar negeri untuk singgah dan menikmati sinar mataharinya yang hangat.

Banyaknya sinar matahari yang ada di negara ini juga diimbangi dengan curah hujan tinggi yang mencapai 260-800 mm tiap tahun. Menariknya, walau dekat dari garis khatulistiwa, suhu di Malaysia tidak terlalu panas. Di daerah pegunungan suhunya ada di angka 12 derajat hingga 25 derajat celcius sedangkan di kawasan pantai antara 21 derajat hingga 23 derajat celcius.

Selain itu, Malaysia juga dilewati oleh angin muson yang mempengaruhi pergantian musim. Angin muson barat terjadi pada Mei sampai September. Sedangkan angin muson timur berhembus pada bulan November hingga Maret.

Baca juga: Menarik! 5 Hal Ini Mewakili Karakteristik Negara Malaysia

Demikian berbagai informasi yang bisa kamu simak tentang kondisi geografis Malaysia. Jika kamu saat ini ada di negara Malaysia, pastikan untuk mengunduh aplikasi Qelola di smartphonemu. Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan online yang akan memberimu kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi.

Mulai dari kirim uang dari Malaysia ke Indonesia, bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, BPJS, dan TV kabel, juga beli pulsa dan kuota internet. Semua itu bisa kamu lakukan langsung dari hp secara online lho! Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Qelola dan rasakan manfaatnya sekarang juga!

 

Tags: , , , ,