Yuk Berkenalan dengan Negara-Negara Bagian Malaysia

negara bagian malaysia

Malaysia sebagai salah satu negara ASEAN dengan lokasi yang berbatasan langsung dengan Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Filipina, dan Cina. Memiliki total luas wilayah sebesar 330.030 kilometer persegi yang beriklim tropis. Negeri Jiran tersebut menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional dengan kepala negara persekutuan adalah Yang di-Pertuan Agong. Sebagai sebuah negara federal, Malaysia terdiri dari 13 negara bagian dan 3 wilayah federal. Setiap negara bagian memiliki aturan, lembaga legislatif, dan pemerintahan mereka masing-masing dengan Menteri Utama sebagai kepala negara. Adapun 3 wilayah federal adalah Ibu Kota Negara Kuala Lumpur, Pusat Pemerintahan di Kota Putrajaya, dan Pulau Labuan yang berada di pesisir timur Malaysia. Wilayah federal tersebut memiliki status seperti negara bagian, namun tidak memiliki sistem legislasi dan kepala negara sendiri.

Mengenal Malaysia lebih jauh, kita akan membahas mengenai ketiga belas negara bagian beserta seluk beluk dari setiap tempat tersebut. Berikut ulasan lengkapnya.

tentang malaysia - Yuk Berkenalan dengan Negara-Negara Bagian Malaysia

1.       Perlis

Perlis adalah negara bagian dengan luas wilayah terkecil yaitu 819 kilometer persegi yang terletak di bagian utara pantai barat Peninsular dengan kepadatan penduduk pada tahun 2019 mencapai 254,400 jiwa. Kepala Pemerintahan Perlis bergelar ‘Raja’. Perlis memiliki nama honorifik, yaitu Perlis Indera Kayangan. Perlis memiliki ibukota kerajaan di Arau dan beribukota di Kangar.

2.       Kedah

Kedah, dikenal juga dengan nama Kedah Darul Aman adalah negara bagian tertua di Negeri Jiran ini. Berbatasan dengan Thailand dan Kepulauan Langkawi, Kedah memiliki luas wilayah 9.500 kilometer persegi dengan kepadatan penduduk sekitar dua juta jiwa pada tahun 2015. Dengan kepala pemerintahan adalah seorang Sultan, Kedah memiliki ibu kota kerajaan di Anak Bukit dan beribukota di Alor Setar.

3.       Penang

Penang atau Pulau Pinang memiliki nama honorifik Pulau Pinang Pulau Mutiara dipimpin oleh seorang Yang di-Pertuan Negeri dengan ibu kota terletak di George Town. Penang memiliki luas wilayah 1.048 kilometer persegi dengan kepadatan penduduk sebesar 1,783 juta penduduk, menjadikan penang menjadi salah satu negara bagian di Malaysia dengan kepadatan penduduk tertinggi. Pulau Pinang dibuka oleh Francis Light pada tahun 1.786 masehi.

4.       Perak

Perak, kota yang juga dikenal dengan nama Perak Darul Ridzuan terletak di sebelah barat semenanjung Malaya dan beribukota di Kota Ipoh yang terkenal dengan berbagai peninggalan kolonial Inggris, kemudian untuk ibu kota kerajaan berada di Kuala Kangsar. Luas wilayah negara bagian ini adalah 20.976 kilometer persegi dengan jumlah penduduknya 4,4 juta jiwa. Negara Perak dipimpin oleh seorang Sultan.

5.       Selangor

Selangor Darul Ehsan dipimpin oleh seorang sultan, memiliki luas wilayah 8.104 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 6,4 juta jiwa pada tahun 2018. Selangor beribukota di Shah Alam dan ibu kota kerajaan berada di Klang. Selangor adalah salah satu negara bagian yang memiliki lebih dari satu kota resmi, yaitu Petaling Jaya dan Subang Jaya

6.       Negeri Sembilan

Negeri Sembilan Darul Khusus merupakan salah satu negara bagian Malaysia dengan luas wilayah 6.686 kilometer persegi dan jumlah penduduk mencapai satu juta jiwa pada tahun 2015. Negeri Sembilan dipimpin oleh seorang Yang di-Pertuan Besar dengan ibu kota terletak di Seremban dan ibu kota kerajaan berada di Seri Menanti.

7.       Melaka

Melaka Bandaraya Bersejarah sebagai salah negara bagian Malaysia pada tahun 2008 dinyatakan sebagai Bandar Warisan Dunia oleh UNESCO. Melaka memiliki luas wilayah 1.664 kilometer persegi dengan jumlah penduduk kurang lebih 900 ribu jiwa pada tahun 2020. Negara bagian Melaka dipimpin oleh seorang Yang di-Pertua Negeri dengan ibu kota berada di Kota Melaka.

8.       Johor

Johor Darul Takzim terletak di sebelah selatan Semenanjung Malaysia dan berbatasan langsung dengan Indonesia. Negara Johor memiliki luas wilayah 19.166 kilometer persegi dan memiliki penduduk berjumlah 3,7 juta jiwa. Johor beribukota di Johor Baru dan memiliki ibu kota kerajaan di Muar dengan pemimpin negara adalah seorang sultan.

9.       Pahang

Pahang Darul Makmur dipimpin oleh seorang sultan dengan ibu kota terletak di Kuantan dan ibu kota kerajaan berada di Pekan. Pahang memiliki luas wilayah 35.965 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 1,6 juta jiwa pada tahun 2015. Pahang terletak di sebelah selatan Semenanjung Melayu dan sebagian besar wilayahnya adalah hutan.

10.   Kelantan

Kelantan Darul Naim adalah negara bagian Malaysia yang terletak di timur laut Semenanjung Melayu dengan luas wilayah 17.100 kilometer persegi dan jumlah penduduk 2 juta jiwa pada tahun 2018. Kelantan dipimpin oleh seorang sultan, beribukota di Kota Bharu dan ibu kota kerajaan terletak di Kubang Kerian.

11.   Terengganu

Terengganu Darul Iman terletak di sebelah timur pantai Semenanjung Melayu. Terengganu memiliki luas wilayah 1.519 kilometer persegi dan jumlah penduduk mencapai 1,2 juta jiwa pada tahun 2017. Terengganu dipimpin oleh seorang sultan, memiliki ibu kota dan ibu kota kerajaan di Kuala Terengganu.

12.   Sabah

Sabah Negeri Di Bawah Bayu terletak di sebelah utara pulau Kalimantan, berada di timur Malaysia. Berada di pulau Kalimantan membuat Sabah berbatasan secara langsung dengan Indonesia. Sabah memiliki luas wilayah 73.904 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 3,9 juta jiwa pada tahun 2018. Sabah dipimpin oleh seorang Yang di-Pertua Negeri, dengan beribukota di Kota Kinabalu.

13.   Sarawak

Sarawak Bumi Kenyalang adalah negara bagian Malaysia dengan luas wilayah terbesar, yaitu 124.450 kilometer persegi. Serawak memiliki jumlah populasi penduduk sebanyak 2,9 juta jiwa pada tahun 2020. Sarawak beribukota di Kucing dengan kepala negara adalah seorang Yang di-Pertua Negeri.

14.   Putrajaya

Putrajaya adalah kota pusat administrasi pemerintahan Malaysia. Berdiri pada 19 Oktober 1995 dengan luas wilayah hanya 46 kilometer persegi. Penduduk Putrajaya pada tahun 91.900 jiwa pada tahun 2018.

15.   Kuala Lumpur

Kuala Lumpur adalah ibu kota Malaysia dan salah satu dari tiga wilayah federal. Dengan luas wilayah mencapai 243 kilometer persegi dan jumlah penduduk 1,7 juta pada tahun 2016, Kuala Lumpur adalah kota terluas yang dimiliki oleh Malaysia dan merupakan tempat kediaman dari kepala negara Malaysia, Yang di-Pertuan Agong.

16.   Labuan

Labuan adalah salah satu dari wilayah federal di Malaysia dengan luas wilayah 92 kilometer persegi dan jumlah penduduk 99.500 jiwa. Wilayah Labuan terdiri dari Pulau Labuan dan enam pulau kecil yang terletak di sebelah timur Malaysia.

Setelah mengetahui daftar negara bagian Malaysia di atas, tentu kamu akan semakin semangat menentukan tujuan wisata berikutnya. Dari 16 negara bagian tersebut, hampir separuhnya sangat terkenal dengan objek wisatanya, seperti Penang, Sabah, Pahang, Johor, Selangor, dan sebagainya. Untuk mendukung ketenangan liburan kamu di Malaysia, serahkan urusan transaksi dan pembayaran tagihan kamu di Indonesia kepada Qelola. Download dulu Qelola dengan klik link ini.

Tags: , , , , , ,