8 Rekomendasi Wisata Alam Terbuka di Tawau, Sabah Malaysia

tawau malaysia

Wisata alam bisa dijadikan alternatif menarik yang bisa Anda pilih untuk menghabiskan akhir minggu bersama keluarga, sahabat, atau teman dekat. Bagi traveller yang sedang menghabiskan liburan di Malaysia, ada banyak objek wisata alam yang bisa dicoba. Mencari rekomendasi wisata dengan tema alam di Malaysia tentu saja Tawau adalah juaranya. Tawau adalah salah satu kota besar di wilayah Sabah yang menonjol wisata alamnya. Kota ini dihubungkan dengan Ibukota Sabah yaitu Kinabalu melalui jalan raya sejauh 500 km. Daripada penasaran, berikut tempat-tempat wisata bernuansa alam di Tawau, Sabah Malaysia yang harus Anda kunjungi.

Taman Bukit Tawau

Melakukan perjalanan ke alam terbuka tentu akan merubah mood jelek yang sedang melanda Anda. Atau bagi Anda yang bosan dengan keramaian kota, terjun ke alam bebas adalah pelarian yang tepat. Jalan-jalan ke Malaysia memang identik dengan Kota Kuala Lumpur. Padahal, banyak tempat lain yang bisa diexplore, salah satunya seperti Taman Bukit Tawau.

Taman ini luasnya disinyalir mencapai 27,972 hektar. Daya tarik yang ada di taman ini selain suasana alamnya adalah macam-macam flora dan fauna yang ada di dalamnya. Di Taman Bukit Tawau ini Anda juga bisa melakukan kegiatan outdoor seperti camping dan juga bermain di sungai.

Air Terjun Bukit Gelas

Berwisata di alam terbuka tentunya akan membawa sensasi yang berbeda bagi yang belum pernah merasakannya. Destinasi pertama yang bisa Anda kunjungi di Kota Tawau ini adalah Air Terjun Bukit Gelas. Air terjun ini letaknya ada di dalam area Taman Bukit Tawau. Walaupun untuk mencapai tempat ini Anda harus berjalan jauh sekitar 2.5 km menyusuri hutan, hal ini sepadan dengan pemandangan yang akan Anda temukan. 

Air Terjun Bukit Gelas dikenal sangat menawan dan sangat tenang. Selain itu airnya sangat jernih dan udara di sekitarnya sangat sejuk, sehingga Anda dapat relaksasi dengan nyaman. Bagi Anda yang bosan atau sedang merasa penat, tempat ini sangat cocok untuk dipilih. Dijamin suasana hati Anda menjadi lebih baik jika singgah ke air terjun ini.

Maliau Basin

rafflesia in lowland rainforest maliau basin gettyimages superstock - 8 Rekomendasi Wisata Alam Terbuka di Tawau, Sabah Malaysia

Petualangan menuju alam terbuka selanjutnya bisa Anda lakukan di Maliau Basin. Di tempat ini mata Anda benar-benar akan dimanjakan oleh nuansa hutan yang asri nan alami. Pecinta alam dan petualang sejati jangan sampai melewatkan tempat satu ini atau akan menyesal nantinya. Saking memukaunya pemandangan yang ada di sana, tempat ini dijuluki The Lost World of Sabah oleh para turis asing.

Taman Rekreasi Air Panas Tawau

Jika Anda merasa lelah, badan capek-capek, dan merasa stres bisa mencoba untuk datang ke Taman Rekreasi Air Panas Tawau. Berendam di pemandian air hangat yang ada di taman rekreasi ini dijamin akan membantu mengobati rasa lelah dan penat Anda tersebut. Menariknya, di Taman Rekreasi Air Panas Tawau ini ada berbagai pilihan kolam sesuai tingkat kepanasannya mulai dari 30 sampai 60 derajat celcius. Tarifnya sendiri bisa dibilang masih terjangkau yaitu 10 ringgit untuk turis dewasa dan 5 ringgit untuk turis anak-anak.

Bukit Gemok

texture forest background 35024 475.jpg?size=626&ext=jpg&uid=A&ga=GA1.2.1202749483 - 8 Rekomendasi Wisata Alam Terbuka di Tawau, Sabah Malaysia

Untuk Anda yang hobi mendaki gunung, mengunjungi Bukit Gemok bisa jadi destinasi wisata yang seru dan mengasyikkan. Bukit Gemok memiliki tinggi 428 meter dengan luas mencapai 445 hektar. Ketika tiba di puncaknya, Anda akan menemukan Kanopi Titian Selara yang panjangnya mencapai 231 meter. Walau sangat melelahkan namun rasa lelah tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang luar biasa indahnya dari ketinggian. 

Tapak Warisan Arkeologi Bukit Tengkorak

Menikmati pemandangan alam sambil belajar sejarah? Kenapa tidak. Datang saja ke Tapak Warisan Bukit Tengkorak untuk merasakan dua hal tersebut. Puncak keindahan alam di tempat ini bisa Anda buktikan saat sampai di puncak Bukit Tengkorak. Konon katanya, dahulu kala bukit ini merupakan pusat pembuatan gerabah terbesar di Asia Tenggara. Hal tersebut diperkuat dengan banyak ditemukannya gerabah kuno di sana. 

Baca Juga: 5 Wisata di Sabah Malaysia, Dari Alam Hingga Rumah Terbalik

Pantai Inderasabah

Wisata alam biasanya juga identik dengan suasana pantai. Salah satu pantai yang kerap didatangi para turis adalah Pantai Inderasabah. Walaupun lokasinya ada di perkampungan kecil di Tawau, namun pantai yang satu ini tetap ramai diburu para wisatawan. Para turis biasanya menghabiskan waktu di tempat ini untuk memancing. Selesai memancing Anda bisa membakar ikan hasil tangkapan sambil menikmati pemandangan pantai yang menenangkan.

Gunung Berapi Bombalai

Tak banyak yang tahu bahwa Malaysia ternyata juga punya gunung berapi. Bahkan gunung berapi ini masih aktif sampai sekarang lho! Namanya adalah Gunung Berapi Bombalai. Gunung ini memiliki tinggi 530 meter. Walaupun tergolong rendah namun gunung ini dikelilingi hutan lebat yang mampu memacu adrenalin Anda. Jangan sampai lewatkan untuk datang ke Gunung Berapi Bombalai ini karena dijamin Anda tidak akan menyesal.

Melakukan perjalanan wisata ke Tawau, Sabah Malaysia jangan lupa juga untuk mengunduh aplikasi online yang mungkin akan Anda perlukan selama berada di sana, contohnya aplikasi Qelola. Karena segala sesuatu sekarang dilakukan secara daring, begitu pula dengan berbagai transaksi keuangan yang dilakukan secara non tunai. Aplikasi Qelola adalah salah satu aplikasi pembayaran digital terpercaya yang harus dimiliki oleh siapa saja.

Aplikasi Qelola adalah cara baru untuk kirim uang dari Malaysia ke Indonesia secara online. Bagi Anda WNI dan TKI yang ada di Malaysia yang akan melakukan transfer dana ke tanah air bisa mencoba aplikasi ini. Selain untuk mengirim uang, aplikasi Qelola juga bisa digunakan untuk bayar-bayar tagihan di tanah air. Tagihan ini meliputi listrik, PDAM, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Pembelian pulsa dan kuota internet juga bisa melalui aplikasi ini. Bahkan bagi Anda yang hobi main game online bisa beli voucher game lewat aplikasi Qelola langsung dari HP. Segera unduh aplikasi Qelola di sini dan nikmati fitur-fitur menariknya!

 

 

Tags: , , , ,