Sudah Tahu Apa Saja Keuntungan Transaksi Non Tunai?

transaksi non tunai

Di era digital seperti sekarang ini, semakin banyak teknologi digital yang bermunculan di banyak aspek kehidupan. Salah satunya adalah di bidang pembayaran dengan munculnya e-payment sebagai sistem cashless transaction atau transaksi non tunai. Apakah Anda sudah pernah menggunakan sistem transaksi jenis ini? Selain prosesnya yang cepat dan praktis, ada banyak sekali keuntungan transaksi non tunai yang bisa Anda dapatkan. Apa saja keuntungan yang dimaksud? Temukan ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Tips Aman Menggunakan Sistem Transaksi Online

Keamanan Transaksi Lebih Terjamin

transaksi non tunai 1 - Sudah Tahu Apa Saja Keuntungan Transaksi Non Tunai?

Cashless transaction biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan yang berlapis-lapis, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Mulai dari penggunaan password, PIN, OTP, dan lain sebagainya, bergantung pada jenis transaksi yang akan Anda lakukan. Dengan adanya sistem keamanan semacam ini, maka cashless transaction cenderung lebih aman, karena tidak ada orang lain yang bisa mengetahui password atau PIN yang Anda gunakan untuk bertransaksi. Pastikan Anda tidak memberikan kode PIN, password, maupun kode OTP kepada siapapun untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian uang atau penipuan.

Dapat Terhindar dari Kejahatan

Membawa uang tunai dalam jumlah yang besar tentu saja akan sangat merepotkan. Belum lagi, hal ini mungkin saja akan mengundang perhatian pelaku kriminal seperti pencuri atau pencopet. Hal ini sangat berbahaya jika menimpa Anda. Oleh karena itulah, alangkah baiknya jika Anda menggunakan transaksi non tunai sebagai solusi untuk melakukan setiap transaksi. Selain agar Anda tidak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak, Anda juga dapat meminimalisir tindakan kejahatan.

Transaksi Menjadi Lebih Mudah

Setiap transaksi atau pembayaran yang Anda lakukan dengan sistem non tunai akan membuat urusan Anda menjadi lebih mudah. Selain itu, pilihan metode yang bisa digunakan juga sangat beragam, mulai dari kartu debit atau kredit, e-money, hingga e-wallet. Bahkan belakangan ini, e-wallet telah menjadi jenis transaksi non tunai yang sedang naik daun. Banyak sekali pilihan platform e-wallet yang dapat Anda gunakan, seperti aplikasi Qelola. Selain karena lebih aman, cepat, dan efisien, Anda juga tidak membutuhkan kartu ketika melakukan berbagai macam transaksi secara non tunai.

Pengeluaran Menjadi Lebih Terkontrol

transaksi non tunai 2 - Sudah Tahu Apa Saja Keuntungan Transaksi Non Tunai?

Dengan memanfaatkan sistem transaksi non tunai, Anda dapat melihat riwayat transaksi yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui rincian transaksi secara lebih detail. Seperti mengetahui dengan jelas berapa nominal yang dikeluarkan, digunakan untuk keperluan apa saja, kapan transaksi dilakukan, dan lain sebagainya.

Mudah Digunakan untuk Berbagai Merchant

Hingga saat ini, sudah ada banyak sekali merchant yang bisa menerima pembayaran non tunai. Dengan efektivitas yang dimilikinya, transaksi non tunai bisa selesai dengan proses yang lebih cepat daripada pembayaran tunai. Sehingga efeknya, tidak akan ada antrian panjang saat Anda akan melakukan pembayaran. Sebagai konsumen, Anda mungkin akan berpikir beberapa kali ketika akan berbelanja di merchant yang memiliki antrian panjang. Apalagi jika hanya ada satu kasir saja di merchant tersebut. Inilah alasan mengapa transaksi non tunai lebih disukai baik bagi para konsumen maupun para pemilik merchant.

Bisa Mendapatkan Benefit Tambahan

Bertransaksi dengan sistem non tunai juga sering mendapatkan diskon atau cashback, terutama transaksi dengan e-wallet. Tidak main-main, dengan ketatnya persaingan di industri ini, diskon yang diberikan terkadang hingga lebih dari 50%. Dengan begitu, Anda akan jauh lebih hemat bukan?

Jadi, Bagaimana Cara Bijak Bertransaksi Non Tunai?

transaksi non tunai 3 - Sudah Tahu Apa Saja Keuntungan Transaksi Non Tunai?

Berbagai keuntungan dan manfaat yang ditawarkan dari sistem pembayaran non tunai, akan terasa sia-sia jika Anda sebagai pengguna tidak bijak dalam menggunakannya. Setidaknya ada 4 tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Jangan terburu-buru untuk membeli suatu barang.
  2. Pahami bahwa diskon itu dibuat agar Anda mengeluarkan uang, sehingga Anda harus menyadari bahwa ketika Anda membeli suatu barang dengan diskon 50%. Itu berarti Anda bukan membeli barang setengah harga lebih murah. Namun Anda mengeluarkan uang sebesar 50%.
  3. Sebelum membeli suatu barang, cobalah tanyakan pada diri Anda apakah hidup Anda terganggu jika tidak belanja barang tersebut.
  4. Gunakan alat pembayaran non tunai untuk transaksi yang bersifat rutin seperti listrik, PDAM, pulsa telepon, internet, dan lain sebagainya.

Transaksi non tunai memang lebih memudahkan hidup Anda. Namun, jika tidak pintar-pintar dalam menggunakannya, uang Anda akan lebih mudah terkuras habis. Sebagai TKI yang sedang berada di Malaysia, Anda bisa mengunduh aplikasi Qelola untuk kemudahan dalam kirim uang antara negara dan bayar tagihan. Aplikasi ini juga memiliki fitur lengkap sehingga Anda juga bisa bayar tagihan ini-itu hanya dalam satu aplikasi saja. Yuk, gunakan aplikasi Qelola dengan bijak agar keuangan Anda lebih sehat.

Tags: , , , , , , , , ,