Pertama Kali Jalan-Jalan ke Malaysia? Perhatikan Ini

tips wisata ke malaysia

Pengalaman berkunjung ke luar negeri adalah momen yang sangat dinanti-nantikan. Apalagi sekarang siapa saja bisa mewujudkan keinginan tersebut dengan dana yang bersahabat. Bagi Anda yang tidak ingin repot saat mengunjungi negeri orang, memanfaatkan jasa travel agent adalah solusinya. Dari keberangkatan, akomodasi, itinerary dan lain-lainnya sudah diurus oleh pihak travel agent. Namun ada beberapa kelemahan jika Anda menggunakannya, seperti biaya yang lebih mahal serta keterbatasan waktu dan tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk singgah ke mancanegara secara mandiri. Jika takut budget yang dikeluarkan membengkak, cobalah ke negara terdekat dulu seperti jalan-jalan ke Malaysia misalnya. Nah, berikut ini ada beberapa info menarik dan tips untuk Anda yang baru pertama kali jalan-jalan ke Malaysia. Jangan lewatkan ya, berikut ulasannya.

Pertama Kali Jalan-Jalan ke Malaysia? Perhatikan Beberapa Tips Ini Ya!

Sebelum berangkat jalan-jalan ke Malaysia, ada baiknya Anda mencari banyak informasi terkait dengan serba serbi berwisata ke Malaysia lewat internet. Apa saja yang harus disiapkan, hal-hal apa yang harus dilakukan bahkan larangan apa saja yang berlaku di negara Malaysia tersebut. Jika Anda sudah punya bekal pengetahuan tentang negara tersebut, jalan-jalan ke Malaysia akan terasa lebih tenang, aman, dan menyenangkan.

  • Membeli Tiket Pesawat Pulang Pergi 

booking tiket - Pertama Kali Jalan-Jalan ke Malaysia? Perhatikan Ini

Saat memutuskan ingin jalan-jalan ke Malaysia, belilah tiket pulang pergi secara langsung. Saat Anda berkunjung ke luar negeri, bagian imigrasi biasanya akan menanyakan tiket pesawat pulang Anda. Walaupun bagian imigrasi di Malaysia jarang menanyakan tiket pesawat pulang, namun tidak ada salahnya untuk tetap beli tiket pesawat pulang pergi. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali pergi ke negeri orang, akan lebih aman jika sekalian membeli tiket pesawat pulang pergi.

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan tiket promo yang sering ditawarkan beberapa maskapai penerbangan di tanah air. Untuk mengetahuinya Anda harus rajin memantau di situs resmi maskapai atau simak tips mencari tiket pesawat promo murah di sini.  Jika Anda ketinggalan atau kehabisan tiket promo maka belilah tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum berangkat. Paling tidak tiket pesawat ini harus Anda dapatkan dua minggu sebelum keberangkatan tiba. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa mendapat harga tiket pesawat yang masih ramah di kantong.

  • Perhatikan Aturan Bea Cukai dan Cek Bagasi

jalan jalan ke kuala lumpur - Pertama Kali Jalan-Jalan ke Malaysia? Perhatikan Ini

Tiap-tiap maskapai penerbangan punya aturan-aturan sendiri dalam pengecekan koper penumpang. Biasanya hal itu ditentukan dari berat koper dan dimensi koper yang dibawa. Jadi pastikan, barang bawaan Anda tidak melebihi kapasitas maksimal yang sudah ditentukan ya, atau Anda akan repot sendiri nantinya. Jika sekiranya Anda membawa banyak barang saat jalan-jalan ke Malaysia, ada baiknya melakukan upgrade bagasi kargo saat akan berangkat. Untuk aturan bea cukai Indonesia, Anda dilarang membawa benda berisi cairan di atas 100 ml, benda-benda tajam, dan narkoba.

  • Pemilihan Transportasi di Malaysia

goklbus 1024x676 1 - Pertama Kali Jalan-Jalan ke Malaysia? Perhatikan Ini

Sumber : victoriahome.co

Pemilihan transportasi adalah hal penting berikutnya yang harus Anda perhatikan saat jalan-jalan ke Malaysia. Ada banyak pilihan moda transportasi yang tersedia di Malaysia. Dari mulai kereta monorail, MRT, LRT, bus, taksi online, dan sewa mobil. Bagi Anda yang ingin singgah ke Kuala Lumpur jangan khawatir tentang moda transportasi yang ada di kota ini karena dijamin fasilitasnya sangat memadai dan juga modern.

  • Buat Itinerary/Rencana Perjalanan Sebelum Berangkat

itinerary adalah 3 - Pertama Kali Jalan-Jalan ke Malaysia? Perhatikan Ini

Saat pertama kali jalan-jalan ke Malaysia tentu Anda akan merasa asing dan bingung akan pergi ke mana saja. Nah, untuk menghindari hal ini Anda disarankan membuat itinerary/rencana perjalanan yang berisi tempat mana saja yang akan dikunjungi. Cari informasi secara rinci lewat internet, destinasi mana saja yang kira-kira menarik untuk dikunjungi. Jika ingin menghemat budget, Anda bisa membeli tiket pre-sale tempat wisata yang diinginkan lewat situs-situs resmi di internet. Biasanya akan ada selisih harga yang lumayan lho jika Anda membeli tiket pre-sale daripada on the spot/di tempatnya langsung.

  • Gunakan Aplikasi Keuangan Online untuk Transaksi di Malaysia

qelola app 2 - Pertama Kali Jalan-Jalan ke Malaysia? Perhatikan Ini

Saat jalan-jalan ke Malaysia pasti Anda juga harus menukarkan mata uang rupiah ke ringgit agar bisa melakukan berbagai transaksi. Money changer tentu banyak diserbu oleh banyak pelancong saat ingin menukar uang. Cara lainnya Anda bisa melakukan tarik tunai di ATM karena semua jenis ATM bank di Indonesia bisa melakukan penarikan di Malaysia. Biasanya ATM yang bisa digunakan di Malaysia ini yang berlogo mastercard, cirrus, visa dan lain-lain.

Sekarang jalan-jalan ke Malaysia lebih praktis lagi dengan menggunakan aplikasi keuangan online seperti aplikasi Qelola. Anda tidak perlu repot ke money changer dan menukar uang sebanyak yang diinginkan. Hanya dengan mengunduh aplikasinya di ponsel, transaksi pembayaran di Malaysia bisa dilakukan dengan sekali klik saja. Selain praktis, melakukan pembayaran non tunai lewat aplikasi ini juga lebih aman karena Anda tidak perlu membawa uang cash ke mana-mana. Selain itu, tidak ada biaya administrasi saat Anda melakukan transaksi melalui Qelola. 

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki fitur menarik lainnya seperti transfer uang dan bayar-bayar tagihan ke Indonesia. Pembelian pulsa dan kuota internet juga bisa melalui aplikasi ini. Bahkan bagi Anda yang hobi main game online bisa beli voucher game lewat aplikasi Qelola langsung dari HP. Jangan khawatir dengan biaya transaksinya, karena Anda hanya akan dikenakan 1 ringgit Malaysia saja per transaksi. Bagaimana menarik bukan? Lengkapi jalan-jalan ke Malaysia Anda dengan aplikasi Qelola, download aplikasinya di sini ya! 

 

Tags: , , , , , , ,