Jalan-Jalan ke Kuala Selangor, Wajib Kunjungi 7 Tempat Berikut

kuala selangor

Kuala Selangor adalah salah satu kota yang berada di negara bagian Selangor Malaysia yang cukup berkembang pesat. Letaknya yang dekat dengan Ibukota Kuala Lumpur memudahkan para wisatawan asing berkunjung ke Selangor. Akses menuju kota ini telah didukung oleh kemudahan transportasi dan akomodasi yang memadai, sehingga sangat direkomendasikan sebagai destinasi wisata. Berwisata menjadi momen berharga bagi sebagian orang di tengah padatnya kesibukan sehari-hari. Karena berwisata merupakan momentum waktu luang untuk menyegarkan kembali pikiran, mencari pengalaman baru, dan mendapatkan kesenangan batin. Kuala Selangor memiliki beragam wisata alam dan wisata buatan yang dapat Anda nikmati, lho! Berikut daftar destinasi wisatanya untuk Anda. Check this out!

1. Batu Caves (Gua Batu)

batu caves malaysia - Jalan-Jalan ke Kuala Selangor, Wajib Kunjungi 7 Tempat Berikut

Sumber: www.thepoortraveler.net

Batu Caves menjadi salah satu wisata unik di Selangor. Wisata ini merupakan gabungan antara wisata alam dan wisata religi. Anda dapat menikmati pemandangan alam Batu Caves, bangunan kuil agama Hindu serta galeri seni yang berada di salah satu gua. Beberapa gua yang dapat Anda kunjungi di antaranya adalah Gua Kuil, Gua Seni, Gua Ramayana, dan Gua Museum. Di depan Batu Caves, para turis disambut oleh salah satu icon patung Malaysia berwarna emas, Dewa Muragan, setinggi 42 meter. 

Selain gua dan patung dewa, terdapat kurang lebih 272 anak tangga colorful yang dibuat untuk memudahkan akses menuju kuil. Saat sampai di puncak, Anda bisa menikmati pemandangan pusat kota dari atas. Anda juga dapat melihat aktivitas monyet secara langsung. Anda juga bisa belajar sains dengan sensasi petualangan seru. Terdapat Dark Cave yang menjadi habitat Trapdoor spider, salah satu laba-laba langka.

Ribuan umat Hindu setiap tahun di akhir bulan Januari datang ke Batu Caves untuk merayakan Festival Thaipusam. Anda dapat mengunjungi Batu Caves setiap harinya pukul 06.00 – 21.00 waktu setempat.

Lokasi: 15 kilometer dari Kuala Lumpur tepatnya di Jalan Batu Caves, off MRR2, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia. 

2. Bukit Melawati

Bukit Melawati merupakan salah satu wisata alam bersejarah di Kuala Selangor. Di sini terdapat benteng yang dibangun pada akhir abad ke-18, beberapa meriam, sumur beracun, dan rumah-rumah zaman kolonial. Selain itu, dari atas bukit Anda bisa melihat beberapa kapal yang melewati Selat Malaka. Destinasi wisata ini juga menyuguhkan objek bersejarah seperti makam kerajaan, museum, rumah lampu, pohon angsana berusia 200 tahun, dan binatang monyet. 

Jam operasional: 

  • Selasa – Minggu 09.30 – 17.30
  • Jumat 09.30 – 12.15 dan 14.45 – 17.30
  • Senin tutup

Harga tiket: Gratis

3. Sky Mirror

Untitled design 12 - Jalan-Jalan ke Kuala Selangor, Wajib Kunjungi 7 Tempat Berikut

Sumber: Vicky’s Writing

Sky Mirror adalah salah satu destinasi wisata populer dan unik di Selangor. Tempat wisata ini hanya bisa dinikmati pada waktu tertentu. Anda bisa melihat pantulan bayangan langit dan semua objek berada di atas perairan. Namun, bayangan langit yang dapat memantulkan objek hanya muncul saat 3 hari sebelum bulan baru, 5 hari setelah bulan baru, dan saat bulan purnama. Cuaca dan pasang surut air laut untuk menimbulkan efek cermin menjadi faktor pendukung utama Sky Mirror. 

Lokasi: 2,8 kilometer lepas pantai Desa Jeram, Selangor (di tengah Selat Malaka). 

4. Museum Cokelat

front view choco brownies whole yummy tea time brown desk isolated chocolate cookie biscuits 140725 15908 - Jalan-Jalan ke Kuala Selangor, Wajib Kunjungi 7 Tempat Berikut

Museum Cokelat bisa dikatakan ‘surga’-nya para Chocoholics. Museum Coklat merupakan destinasi tepat untuk belajar dan mengetahui berbagai hal tentang cokelat. Museum Cokelat dibagi menjadi beberapa bagian, seperti Journey of Chocolates untuk mengetahui asal-usul cokelat, Chocolate Galleria yang akan memanjakanmu dengan ratusan merek cokelat, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengunjungi museum cokelat paling interaktif di Asia Tenggara ini bersama keluarga maupun teman-teman Anda. Jika Anda berkunjung lebih dari 10 orang, bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu. Sebab, museum ini biasa digunakan sebagai tempat kunjungan bagi para siswa dari berbagai sekolah.

Lokasi: Jalan Teknologi 3/5 Selangor Science Park 1, Kota Damansara, 47810 Petaling Jaya, Selangor. 

Jam operasional: 10.00 – 17.00

Harga tiket (dapat berubah):

  • Museum 1.0 Gratis
  • Museum 2.0: Dewasa, siswa (7 tahun ke atas), anak-anak pra-sekolah dan di bawah 6 tahun Rp35 ribu. Namun mendapat diskon yang berbeda ketika sedang promo. Sedangkan untuk penyandang cacat dan anak-anak di bawah 3 tahun, gratis.

5. Kampung Kuantan Firefly Park

Taman kunang-kunang ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berpetualang bersama keluarga atau teman. Anda bisa menikmati perjalanan dengan menggunakan sampan di sepanjang Sungai Selangor dan mengamati kunang-kunang di malam hari. Hal ini menjadikan liburan Anda semakin seru dan merasakan suasana berbeda yang tenang jauh dari kebisingan. Perlu diketahui, Anda dilarang menggunakan flash saat memotret karena dapat mengganggu kunang-kunang.

Lokasi: sepanjang Sungai Selangor, Jalan Rawang, Kampung Kuantan, 45000 Kuala Selangor.

6. I-City

I-City merupakan salah satu theme park populer dan menakjubkan di Malaysia. Anda bisa menikmati Snowalk yang merupakan taman bertema salju dengan suhu di bawah 5 derajat celcius. Terdapat Space Mission, museum lilin (Red Carpet) dengan berbagai patung lilin karakter tokoh terkenal, iluminasi cahaya, rumah hantu, dan kota lampu digital. Harga tiketnya bervariasi mulai dari Rp17.000 – Rp343.000. Wah, menarik bukan wahana bermain di I-City?

Jam operasional:

City of Digital Lights 19.00 – 24.00 
Outdoor Park Rides 18.00 – 24.00
Snowalk 10.00 – 24.00
FunWorld 10.00 – 24.00
WaterWorld 11.00 – 19.00

7. Shah Alam National Botanical Park

palm trees palm oil plantation south east asia 181624 6050 - Jalan-Jalan ke Kuala Selangor, Wajib Kunjungi 7 Tempat Berikut

Sebelumnya, Taman Botani Nasional Shah Alam ini dikenal dengan nama Taman Pertanian Seri Cahaya Alam. Taman ini dibuka untuk umum dan merupakan gabungan antara hutan hujan tropis dan tanaman pertanian seluas 1.295 hektar. Anda bisa menjelajahi taman ini dan melihat beragam tanaman seperti kelapa sawit, pohon karet, kopi, dan lainnya menggunakan sepeda atau bus yang disediakan.

Lokasi: Seksyen 8, 40000 Shah Alam, Selangor

Jam operasional: Selasa – Minggu pukul 08.30 – 17.00

Baca Juga: Simak 6 Tempat Wisata Gratis Penang yang Harus Anda Kunjungi

Demikian ulasan mengenai beberapa destinasi wisata Kuala Selangor yang bisa Anda kunjungi untuk mendapat pengalaman seru dan tak terlupakan bersama orang-orang terdekat. Saat mempersiapkan segala keperluan berlibur ke luar negeri nantinya, jangan lupa persiapkan juga dompet digital di smartphone Anda, yaitu aplikasi Qelola. Aplikasi keuangan ini akan membantu mengelola keuangan selama di luar negeri serta menyelesaikan transaksi online berupa pembayaran tagihan dan kirim uang ke Indonesia. Aplikasi Qelola juga bisa Anda gunakan untuk bertransaksi antar sesama pengguna Qelola saat berada di negeri jiran Malaysia. Unduh dan install aplikasi Qelola di smartphone sekarang juga! Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

 

Tags: , , , , , , , , , ,