Yuk Ketahui 5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi!

meningkatkan daya tahan tubuh

Sejak dahulu, meningkatkan daya tahan tubuh menjadi solusi yang sangat ampuh untuk menangkal berbagai macam penyakit. Terlebih saat kondisi pandemi yang tak kunjung usai seperti sekarang. Pasalnya, salah satu karakter virus Covid-19 sama seperti virus lain yaitu rentan menyerang seseorang dengan tingkat daya tahan tubuh rendah. Terlebih lagi jika seseorang itu memiliki penyakit lain yang cukup serius dan tidak menjaga kesehatan, maka virus akan dengan mudah masuk ke dalam tubuhnya. 

Angka penyebaran virus yang semakin meningkat harus selaras dengan usaha untuk selalu menjaga tubuh tetap bugar. Selain ketat mematuhi protokol kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi adalah kunci agar terhindar dari paparan virus corona. Lalu, bagaimana caranya? Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi.

1. Mengadopsi pola makan sehat dan bergizi seimbang

ketogenic low carbs diet food selection white wall 700x467 - Yuk Ketahui 5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi!

Sumber: Freepik

Meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi bisa dengan mulai memilih pola makan sehat. Berfungsi sebagai sumber energi, makanan bergizi merupakan penentu tingkat daya tahan tubuh seseorang. Dalam kondisi pandemi yang semakin meningkat, manusia harus lebih selektif dalam mengonsumsi makanan. Jadikan pola makan 4 sehat 5 sempurna acuan untuk memenuhi gizi kamu. Contohnya, konsumsilah bahan makanan yang banyak mengandung serat dan antioksidan seperti kacang-kacangan, brokoli, jeruk, strawberry, bayam dan sebagainya. Menambahkan suplemen vitamin juga dapat membantu kemampuan tubuh melawan serangan virus.  

Baca juga: Makanan Tidak Sehat yang Dianggap Menyehatkan dan Sering Dikonsumsi

2. Penuhi kadar cairan dalam tubuh 

Cairan dalam tubuh terutama air putih memiliki peran penting untuk mendistribusikan oksigen ke sel-sel agar sistem organ dapat berjalan dengan semestinya. Apabila tidak terpenuhi dengan baik, dapat menyebabkan seseorang merasa lesu, dehidrasi, emosi juga menurunnya kinerja otak. Dalam kondisi seperti itulah kemudian virus dapat dengan mudah menyerang. Pada dasarnya manusia memiliki kadar kebutuhan air putih yang berbeda-beda, namun di masa pandemi ini sebaiknya konsumsi minimal 2 liter per hari untuk menjaga stabilitas tubuh. Pertimbangkan untuk menggunakan botol minum yang memberikan informasi jumlah air agar kebutuhan cairan tubuhmu dapat terukur dengan baik. 

3. Rutin melakukan aktivitas fisik 

healthy beautiful young asian runner woman sports clothing running jogging 700x467 - Yuk Ketahui 5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi!

Sumber: Freepik

Selain bekerja dari rumah, berolahraga dari rumah juga menjadi upaya dalam mengurangi penyebaran Covid-19. Untuk melakukan aktivitas fisik kamu tidak harus pergi ke pusat kebugaran dan menggunakan alat-alat yang berat. Kamu bisa meniru senam dari platfrom sosial media atau berjalan santai di sekitar lingkungan rumah sambil berjemur di bawah matahari pagi. Sinar matahari disinyalir mengandung Vitamin D yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Luangkan waktu sekitar 5-10 menit untuk melakukan peregangan sebelum melakukan olahraga. Rutin berolahraga dapat memperbaiki kualitas tidur dan terhindar dari stress. 

Baca juga: Simak 6 Tips Manajemen Stress Demi Mental yang Sehat

4. Membangun suasana positif dan menyenangkan 

Bagaimana kamu menanggapi banyaknya berita kondisi pandemi yang semakin parah dan aturan pemerintah yang sering bergonta-ganti dapat mempengaruhi kondisi mentalmu. Kondisi mental berperan sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap stabil. Alangkah lebih baik jika kamu membatasi informasi yang masuk bukan dari sumbernya. Carilah kegiatan yang meningkatkan mood selama di rumah, seperti menonton film komedi, bersenda gurau dengan keluarga, memasak makanan kesukaanmu dan sebagainya. Selain itu pertimbangkan untuk rutin melakukan meditasi. Meditasi dapat membangun pikiran positif dan memberikan rasa nyaman, damai, bahagia ke dalam diri. Rutin melakukannya dipercaya dapat mengurangi jumlah sitokin dalam tubuh sehingga dijauhkan dari resiko depresi. 

5. Tetap terhubung dengan kerabat dan teman dekat 

people having video call with their family home 700x467 - Yuk Ketahui 5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi!

Sumber: Freepik

Tidak bisa bertemu tatap muka bukan berarti berhenti saling menyapa. Sekedar bertukar kabar lewat video call dan mengirimkan video lucu kepada teman juga kerabat dapat memberikan energi positif. Energi tersebut dapat memperkuat imunitas tubuh dan meningkatkan rasa semangat untuk melawan virus Covid-19. Terlebih untuk kamu yang sedang merantau, saling mengetahui kabar orang tua atau teman yang tinggal jauh darimu akan mengurangi rasa khawatir yang mereka atau kamu rasakan. 

Pandemi yang masih berlanjut tidak hanya di satu negara tapi dunia membuat kita harus selalu waspada. Rutin melakukan kegiatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat memperkecil kemungkinan terpapar virus Covid-19. Selain menjaga imunitas tubuh dan mental tetap stabil, mengelola keuangan selama pandemi juga tidak kalah penting. Memiliki kondisi keuangan yang baik akan membuat hari-harimu menjadi nyaman. Walaupun kita harus tetap melakukan kegiatan di rumah, ada aplikasi Qelola yang akan menemani langkahmu untuk mengatur keuangan dengan baik. Qelola merupakan aplikasi kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Selain itu, aplikasi ini menawarkan kemudahan untuk membayar tagihan listrik, air juga BPJS. Segera unduh aplikasinya di sini dan rasakan manfaatnya.

 

Tags: , , , , ,