Bingung Menentukan Jenjang Karir Yang Tepat? Lakukan 6 Tips Berikut!

menentukan jenjang karir

Salah satu langkah untuk memiliki kehidupan nyaman di masa depan adalah dengan menentukan jenjang karir yang tepat. Karir yang baik dapat menjadikan individu yang jauh lebih berkembang dari segi profesionalisme dan personal. Pikirkan dengan sebaik-baiknya sehingga kehidupan pekerjaan maupun pribadi dapat berjalan selaras dengan kualitas tinggi. 

Memiliki pekerjaan yang bagus adalah impian setiap orang. Namun, proses menentukan jenjang karir yang panjang dan sulit kerap membuat orang bingung. Apakah itu yang sedang kamu alami? Tenang dan jangan risau. Berikut kami siapkan 6 solusi jitu untuk mengatasi pusingnya memilih jenjang karir yang tepat. 

  • Renungkan apa yang menjadi minat dan bakatmu 

Luangkanlah waktu untuk merenungkan hal-hal yang kamu minati. Mengetahui minatmu dapat menjadi indikator kuat dari bakatmu. Berfikirlah tentang tempat atau perusahaan yang kamu rela menghabiskan waktumu di sana, sesuatu yang kamu senangi dan bidang apa yang kamu kuasai. Misalnya, teman dan keluargamu sering memberi pujian karena kamu pintar menyusun suatu acara. Pertimbangkanlah jalur karir yang dapat memonetisasi kualitas tersebut. 

Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk membuat daftar list tentang sesuatu yang meningkatkan semangatmu. Mengetahui hal tersebut akan mempermudah jalanmu melangkah ke depan. Menjalani pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat dipercaya dapat membuat kamu lebih produktif dan tidak merasa terbebani oleh pekerjaan yang dilakukan.

  • Jadikan pekerjaan sebelumnya sebagai acuan 

successful businesswoman working laptop computer thinks new ideas her office dressed up white clothes 250x167 - Bingung Menentukan Jenjang Karir Yang Tepat? Lakukan 6 Tips Berikut!

Menentukan jenjang karir dapat dimulai dengan melakukan evaluasi terhadap setiap pekerjaan yang pernah kamu jalani, termasuk pekerjaan sewaktu masa sekolah menengah. Tulis satu atau dua hal yang kamu sukai dan tidak sukai dari setiap pekerjaan, kecualikan rekan kerja, bos, lokasi kerja dan sebagainya. Setelah itu, lihatlah daftar secara menyeluruh. Apakah ada kesamaan di setiap pekerjaan?. Lalu pikirkan secara kritis alasan mengapa kamu menyukai atau tidak menyukai fungsi pekerjaan tertentu. Dengan cara ini kamu dapat mempersempit penentuan jenjang karir yang tepat untukmu.

  • Jangan takut menghadapi rintangan  

Ada baiknya untuk sering melakukan banyak riset sebelum memutuskan karir yang akan kamu jalani. Memahami secara detail apa yang menjadi kelebihan dari pekerjaan tersebut dan rintangan atau resiko yang akan dihadapi. Terkadang, rintangan dalam suatu pekerjaan membuat seseorang menjadi takut dan ragu untuk mengambil keputusan. 

Untuk menghindari hal tersebut, coba mintalah opini dengan teman atau komunikasikan dengan orang yang sudah berpengalaman di bidang yang sama. Bersikaplah dengan tenang dan yakin dalam mengambil keputusan agar kamu lebih siap menghadapi segala kemungkinan. 

Baca juga: Bidang Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari Di Masa Depan 

  • Mencoba ikut dalam program magang 

Sudah banyak tempat kerja yang menawarkan program magang khususnya untuk mahasiswa. Kamu dapat menjadikan program magang sebagai batu loncatan untuk memulai karirmu. Melalui program ini, kamu akan diberi kesempatan untuk mencoba dan mematangkan pilihanmu di bidang atau industri mana yang kamu pilih. Terlebih lagi kamu bisa menambah wawasan, membangun relasi dan mempelajari etika kerja yang baik di berbagai industri. 

Selama magang, ajukan pertanyaan kepada karyawan lain dan galilah informasi sebanyak-banyaknya. Kamu mungkin akan menemukan bahwa mereka memberi nasehat karir yang berharga. 

  • Tetapkan Tujuan Keuanganmu 

columns coins grass 250x167 - Bingung Menentukan Jenjang Karir Yang Tepat? Lakukan 6 Tips Berikut!

Salah satu tujuan memiliki jenjang karir yang tepat adalah untuk memenuhi tujuan keuangan kamu. Jika di masa mendatang kamu ingin memiliki rumah di seluruh penjuru dunia, maka karir sebagai pegawai toko tidaklah cukup. Sama pentingnya dengan mengevaluasi gaya hidupmu dan tentukan waktu  kapan kamu akan terbebas dari beban finansial juga sampai umur berapa kamu akan bekerja. 

Untuk mencapai yang diinginkan, kamu harus mempertimbangkan besaran gaji yang akan kamu terima. Jadikan hal tersebut sebagai acuan untuk membantu kamu dalam memperkecil kemungkinan pilihan karir yang akan kamu tekuni. 

  • Update dan Upgrade 

Banyak orang cenderung melihat pilihan yang tersedia hanya dalam bidang pekerjaan mereka saat ini dan kehilangan peluang yang tersedia di luar. Beranikan diri keluar dari zona nyaman dan coba telusuri dengan cermat adakah tempat potensial untuk berkembang selain di lingkungan tempat kerjamu. Perhatikan juga bidang mana yang memiliki jenjang karir dalam jangka panjang. 

Bangun koneksi dengan orang-orang yang memiliki umpan balik demi memperluas pengetahuanmu tentang bidang pekerjaan yang kamu jalani. Pastikan juga untuk tidak tertinggal dengan selalu meningkatkan keterampilan melalui pembelajaran, banyak membaca, mengikuti pelatihan dan terus berkontribusi dalam tugas yang sejalan dengan pekerjaanmu.

Baca juga: Ingin Cepat Dapat Promosi Kerja? Ketahuilah Soft Skill yang Perlu Dimiliki

Menentukan jenjang karir memang membutuhkan kesabaran. Namun, dibalik proses yang melelahkan kamu akan merasakan manfaat dari berhati-hati dalam melangkah. Tips yang diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk kamu memilih karir yang ingin dijalani. Seperti aplikasi Qelola yang memberikan kamu kemudahan dengan banyak fitur menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia, membayar tagihan BPJS, beli pulsa, listrik dan lainnya. Segera unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store dan segera nikmati manfaatnya. 

Tags: , , , , ,