Ingin Cepat Dapat Promosi Kerja? Ketahuilah Soft Skill yang Perlu Dimiliki

Ingin Cepat Dapat Promosi Kerja Ketahuilah Soft Skill yang Perlu Dimiliki 5 scaled - Ingin Cepat Dapat Promosi Kerja? Ketahuilah Soft Skill yang Perlu Dimiliki

Kesuksesan dalam berkarier tentunya menjadi impian semua orang. Banyak faktor yang dapat memengaruhi hasil kinerja seseorang termasuk untuk meraih kesuksesan dalam karirnya. Salah satu kesuksesan yang bisa diukur adalah ketika kita telah mencapai puncak karier tertinggi sehingga layak mendapatkan apresiasi. Cara untuk dapat meraih kesuksesan dalam karier yaitu dengan memiliki hard skill dan soft skill yang mumpuni. 

Hard skill merupakan keahlian utama pada bidang tertentu yang dimiliki seorang individu untuk berhasil dalam melakukan pekerjaan. Hard skill bisa diperoleh melalui program pendidikan, pelatihan formal, kursus online, program sertifikasi dan lain-lain. Sedangkan soft skill merupakan kecakapan seseorang yang berkaitan dengan Emotional Quotient (EQ). Kecakapan yang dimaksud adalah seperti kemampuan memimpin, cara berkomunikasi, memecahkan masalah dan sebagainya.

Hard skill dan soft skill tentunya saling mendukung untuk menuju kesuksesan dalam dunia kerja. Namun tidak seperti hard skill yang bisa dipelajari, soft skill perlu diasah agar muncul dari keseharian dalam bekerja. Dalam manajemen perusahaan, biasanya mereka akan lebih memerhatikan soft skill karyawannya daripada kemampuan teknisnya. Alasannya, soft skill akan lebih membantu untuk menjalin hubungan antarmanusia, termasuk di lingkungan kerja. Mereka yang memiliki soft skill yang baik akan memiliki peluang besar untuk maju. Kira-kira, soft skill apa saja yang perlu kita miliki agar mendapat karier yang cemerlang dalam pekerjaan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Kemampuan berkomunikasi 

Ingin Cepat Dapat Promosi Kerja Ketahuilah Soft Skill yang Perlu Dimiliki 1 700x467 - Ingin Cepat Dapat Promosi Kerja? Ketahuilah Soft Skill yang Perlu Dimiliki

Di dunia kerja, sebagai karyawan harus mampu untuk dapat bekerjasama dan berkoordinasi dengan rekan kerja yang lain. Sehingga penting untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi secara verbal maupun non-verbal juga dapat menentukan bagaimana cara pandang orang terhadap kita. Hal ini bisa menjadi penilaian oleh manajemen perusahaan apakah kita dapat membina hubungan baik dengan sesama rekan kerja. Terciptanya hubungan yang baik di lingkungan kerja dapat membuat suasana kerja menjadi kondusif sehingga tujuan perusahaan dapat terwujud. Selain itu, dengan memiliki komunikasi yang baik dapat meningkatkan produktivitas kerja. Baik bagi diri sendiri hingga produktivitas pada tim.

Kemampuan memecahkan masalah

Ingin Cepat Dapat Promosi Kerja Ketahuilah Soft Skill yang Perlu Dimiliki 2 700x467 - Ingin Cepat Dapat Promosi Kerja? Ketahuilah Soft Skill yang Perlu Dimiliki

Masalah yang muncul di dalam pekerjaan sudah menjadi makanan setiap hari para karyawan. Untuk itu, perusahaan akan mencari orang yang bisa memecahkan masalah serta mencari solusi. Perusahaan akan mengandalkan pemecah masalah yang menunjukkan kinerja baik untuk menangani tantangan yang tidak terduga. Temukan solusi untuk segala permasalahan yang muncul di pekerjaan, bukan malah menambah masalah baru karena banyak mengeluh.

Baca Juga: Kaum Milenial Harus Mulai Menabung Dari Saat Mulai Bekerja

Dapat berpikir kritis

Ingin Cepat Dapat Promosi Kerja Ketahuilah Soft Skill yang Perlu Dimiliki 4 700x467 - Ingin Cepat Dapat Promosi Kerja? Ketahuilah Soft Skill yang Perlu Dimiliki

Selain memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah, berpikir secara kritis juga perlu. Seseorang yang terbiasa berpikir kritis dapat membawa perspektif baru atau gagasan baru di perusahaannya. Tidak hanya itu, berpikir kritis dapat membuat kita menjadi lebih detail dalam memerhatikan keterkaitan hal yang satu dengan hal lainnya. Hasilnya, kita akan lebih peka dengan situasi yang ada di sekitar. Saat menghadapi konflik dalam pekerjaan, seseorang yang berpikir kritis akan lebih mudah menyampaikan argumen dengan lawan bicaranya secara sehat.

Kreatif

Ingin Cepat Dapat Promosi Kerja Ketahuilah Soft Skill yang Perlu Dimiliki 3 700x458 - Ingin Cepat Dapat Promosi Kerja? Ketahuilah Soft Skill yang Perlu Dimiliki

Seiring berkembangnya teknologi pada masa sekarang, memunculkan inovasi-inovasi baru yang cemerlang. Tanpa ada kreativitas maka tidak akan ada inovasi baru. Untuk itu, perusahaan akan membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kreativitas demi dapat terus bersaing dan tidak ketinggalan zaman. Melatih kemampuan berpikir kreatif harus terus-menerus dengan membiasakan diri untuk berpikir kritis.

Nah, itulah beberapa soft skill yang perlu dimiliki dalam dunia kerja yang bisa kamu coba dalami dan terapkan. Tentunya dengan memiliki skill ini, kamu akan lebih berkesempatan untuk memiliki jenjang karier yang bagus serta lebih cepat mendapatkan promosi di perusahaan. Bagi kamu yang ingin mencoba bekerja di Malaysia, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Qelola. Dengan Qelola, seluruh kebutuhan transaksi secara online akan lebih mudah dan cepat. Fitur-fitur yang bisa kamu nikmati yaitu kirim uang ke Indonesia, bayar tagihan air/listrik, beli voucher pulsa dan masih banyak lagi. Tunggu apalagi, segera nikmati fiturnya dengan mengunduh Qelola di Google Playstore sekarang juga!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,