Bidang Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di Masa Depan

EP 19 - Bidang Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di Masa Depan

Di zaman modern ini pergerakan ekonomi, sosial, budaya serta berbagai lini kehidupan manusia akan berjalan sangat cepat. Membuat berbagai perubahan bisa terjadi tanpa disadari. Salah satu yang kemungkinan besar akan menerima perubahan paling besar adalah bidang-bidang pekerjaan. Di mana akan ada bidang-bidang pekerjaan yang hilang karena telah digantikan oleh berbagai macam alat. Namun di sisi lain ada pula bidang pekerjaan yang akan terus berkembang bahkan mencapai puncaknya karena dibutuhkan hampir di setiap bagian hidup manusia. Untuk Anda yang saat ini bingung ingin menjadi apa di kemudian kelak, beberapa jenis pekerjaan yang paling banyak dicari di masa depan berikut ini mungkin bisa menjadi referensi.

Baca Juga: Ide Kerja Sampingan untuk TKI, Bisa Menambah Pendapatan

EP 19 1 - Bidang Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di Masa Depan

Programmer

Semakin hari semakin banyak orang yang membutuhkan berbagai jenis program dan aplikasi untuk memudahkan kehidupan. Itulah mengapa semakin hari perusahaan startup, e-commerce, perusahaan financial technology (fintech) semakin menjamur. Dan untuk mendukung perkembangannya pastinya dibutuhkan programmer-programmer yang handal. Hal lain yang membuat seorang programmer atau orang- orang IT semakin dibutuhkan adalah karena maraknya kasus peretasan dan pencurian data di dunia maya. Dan orang-orang inilah nantinya yang dibutuhkan di garda depan untuk mengatasinya.

Digital Marketing

Iklan di media konvensional seperti surat kabar, majalah, radio, atau televisi kini sudah mulai ditinggalkan. Banyak brand yang memutuskan beralih ke digital marketing. Walaupun terkadang biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau, namun efek pertumbuhan nilai brand terjadi cukup signifikan. Oleh karena itu orang-orang yang menggeluti dunia digital marketing akan sangat dicari di masa depan. Mulai dari yang memiliki kemampuan SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), data analisis, email marketing, CMS (Content Management System), serta aktif di media sosial.

Ahli Lingkungan

Lingkungan akan menjadi isu utama di masa depan. Pemerintah dan perusahaan pun sudah mulai membuat program-program yang ditujukan untuk perbaikan lingkungan. Mulai dari hal sesederhana menjaga kelestarian dan kehijauan lingkungan, hingga studi-studi mengenai pengelolaan limbah serta polusi. Untuk mewujudkan semua ini para spesialis yang berhubungan dengan lingkungan tentunya akan sangat dibutuhkan.

Ahli Kesehatan

Pertumbuhan penduduk semakin tinggi, lingkungan semakin tercemar, wabah bisa terjadi kapan saja dan lain sebagainya yang membuat ahli kesehatan diprediksi akan sangat dibutuhkan di masa depan. Pendapat ini juga semakin diperkuat dengan laporan The Future Jobs yang dilansir dari World Economic Forum dimana disebutkan bahwa lapangan pekerjaan di bidang kesehatan masih tetap akan menjanjikan di masa depan. Karena dengan kondisi lingkungan seperti saat ini, virus, bakteri dan kuman bisa bermutasi sehingga lebih sulit untuk ditaklukkan. Dan kita membutuhkan petugas medis untuk mengatasinya.

EP 19 2 - Bidang Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di Masa Depan

Akuntan dan Konsultan Keuangan

Meskipun lulusan akuntansi, ekonomi, atau manajemen terhitung sangat banyak, namun lapangan pekerjaan yang akan menampung mereka cukup mumpuni. Hal ini dikarenakan perputaran keuangan yang semakin hari semakin cepat dan membutuhkan akuntan yang tepat untuk dapat membandingi kecepatannya. Mulai dari analisa keuangan, laporan keuangan, laporan pajak suatu perusahaan dan lain sebagainya butuh untuk dikerjakan sebaik mungkin. Selain seorang akuntan, profesi di bidang ekonomi lain yang semakin cemerlang di masa depan adalah konsultan keuangan. Tanpa jasa konsultan, pengelolaan keuangan suatu bisnis pasti berantakan, apalagi jika pengelola bisnis tidak memiliki dasar di bidang akuntansi.

Ahli Data

Ahli data sendiri adalah profesi yang bertugas mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data yang sudah diperoleh oleh perusahaan. Seorang ahli data akan menerjemahkan data-data ini menjadi laporan yang mudah dimengerti oleh pihak manajemen. Selanjutnya data-data inilah yang digunakan untuk membuat prediksi di masa depan dan penting dalam mengambil keputusan.

Arsitek

Semakin hari akan lebih banyak lagi manusia yang memenuhi bumi ini sehingga tidak akan banyak lahan yang tersisa. Untuk mensiasati kondisi ini maka diperlukan arsitek handal yang bisa memanfaatkan lahan seminimal apapun untuk menjadi hunian yang tetap nyaman.

Industri Kreatif

Profesi yang bergelut di bidang teknis diprediksi akan menghilang seiring banyaknya robot diciptakan untuk menggantikan. Namun beda halnya dengan para pekerja kreatif yang akan tetap bersinar. Ini karena pikiran-pikiran kreatif dan ide-ide cemerlang tidak akan bisa dimunculkan oleh sebuah perangkat. Semua itu dimulai dari seorang manusia. Karena itu industri kreatif diprediksi akan tetap berkembang di masa depan.

Psikolog

Cepatnya pergerakan ekonomi dan berbagai sisi kehidupan yang menuntut manusia bekerja lebih keras berisiko tinggi membuat gangguan mental. Karena itu di masa depan kemungkinan profesi psikolog akan sangat dicari untuk mencegah atau mengatasi agar masalah ini tidak dialami oleh banyak orang.

EP 19 3 - Bidang Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di Masa Depan

Sesukses apapun pekerjaan Anda jika tidak mampu mengatur keuangan dengan baik, Anda tentu saja tidak pernah merasa cukup. Untuk membantu Anda mengatur keuangan dengan baik bisa menggunakan aplikasi Qelola. Aplikasi ini akan membantu Anda membayar berbagai tagihan dengan mudah dan murah serta memudahkan Anda melunasi kewajiban seperti mengirim uang kepada keluarga atau melakukan pembayaran melalui transfer ke berbagai pihak baik nasional maupun internasional. Sehingga uang Anda tidak digunakan untuk hal yang sia-sia. 

Tags: , , , , , , , ,