Tips Sukses Meningkatkan Semangat Kerja di Rantau

semangat kerja

Merantau sudah jadi kebiasaan dan bahkan tradisi bagi beberapa suku di Indonesia. Banyak faktor yang menyebabkan kegiatan ini terus dilakukan, baik dari segi sosial, budaya, pendidikan, politik maupun ekonomi. Kegiatan merantau ini pun dilakukan tidak tanggung-tanggung. Bukan hanya berpindah kota, ada banyak yang merantau ke luar pulau bahkan ke luar negeri sekalipun. Dan alasan yang paling banyak adalah untuk bekerja. Namun dari begitu banyak yang memutuskan untuk merantau, banyak yang akhirnya luntang lantung atau pulang dengan tangan kosong. Hal ini biasanya disebabkan oleh semangat kerja yang semakin hari semakin meredup. Padahal semangat kerja ini diperlukan agar perjuangan dan pengorbanan untuk merantau tidak sia-sia. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak tips sederhana yang sukses untuk meningkatkan semangat kerja di perantauan. Apa saja itu? Berikut Qelola memberikan penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: Simak Tips Bekerja Aman Menjadi Tenaga Kerja Indonesia

EP 4 2 - Tips Sukses Meningkatkan Semangat Kerja di Rantau

Ingat Tujuan Anda Merantau

Perlu keputusan yang besar serta keberanian yang tinggi bagi seseorang memilih berjuang sendiri di tanah perantauan. Saat keuputusan ini dibuat pun pastinya sudah ada rencana yang matang mengenai tujuan berpindah ke tempat orang. Begitupun dengan sanak famili di kampung halaman. Ada pertimbangan besar yang membuat mereka rela melepas salah satu keluarganya untuk merantau. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang berada di rantau dan sedang tidak bersemangat melakukan kegiatan, coba ingat kembali tujuan Anda melewati semua rintangan di awal. Ingat bahwa keputusan Anda ini besar dan harus dipertanggungjawabkan. Yakinlah bahwa diri Anda akan meraih kesuksesan di tempat tanah rantau sehingga nantinya bisa pulang dengan bangga.

Miliki Target yang Jelas

Di awal Anda sudah harus mempunyai target yang jelas untuk mewujudkan tujuan Anda. Selain membuat Anda bekerja sesuai jalur yang jelas, target juga bisa membangkitkan semangat. Ketika seseorang mengingat target yang akan dicapai biasanya semangat dalam dirinya akan terbakar dengan sendirinya. Secara tidak sadar target ini adalah penyemangat alami ketika Anda sedang malas bekerja atau ingin berhenti meraih impian di tanah rantau.

Berpikiran Positif

Salah satu hal kecil yang dapat menghancurkan cita-cita dan tujuan besar adalah pikiran negatif. Ini karena sedikit saja pikiran negatif bisa mempengaruhi suasana hati Anda seharian yang berakibat pada penurunan semangat kerja. Oleh karena itu usahakan untuk berpikir positif kapan pun dan di mana pun Anda. Segera alihkan pikiran ke hal-hal yang bisa membuat Anda bahagia ketika pikiran-pikiran negatif tersebut mulai muncul.

EP 4 - Tips Sukses Meningkatkan Semangat Kerja di Rantau

Cintai Pekerjaan Anda

Banyak orang yang memutuskan berhenti bekerja dan pulang ke kampung halaman karena tidak mencintai pekerjaannya. Iniah mengapa ditekankan untuk memilih bidang pekerjaan yang memang Anda sukai sebelum memutuskan ke mana Anda akan pergi. Karena apabila Anda sudah menyukai sesuatu, Anda akan mencurahkan segala tenaga dan upaya. Sementara itu sesuatu yang tidak Anda sukai lama kelamaan akan menjadi beban dan menurunkan semangat. Namun, apabila Anda terlanjur bekerja di bidang yang tidak Anda sukai, coba cari satu poin yang membuat Anda nyaman dan mempunyai alasan untuk tetap berada di situ.

Temukan Teman Baru

Mungkin alasan Anda tidak semangat bekerja di perantauan adalah karena Anda merasa sendiri. Tidak ada sanak keluarga membuat Anda sering merasa kesepian dan akhirnya tidak semangat melakukan apapun. Untuk mengatasi hal ini, pastikan Anda tidak benar-benar sendiri di tanah rantau. Temukan teman baru yang bisa diajak berdiskusi serta menjadi tempat berbagi keluh dan kesah selama berada di perantauan. Namun perlu diingat untuk tidak hanya meminta, tetapi juga memberi. Berikan juga teman Anda kesempatan yang sama untuk bercerita dan mengeluarkan bebannya. Bisa jadi Anda pun merupakan sumber semangatnya.

Bergabung dengan Komunitas Daerah

Sejauh apapun Anda pergi, rumah masih tetap jadi tempat paling nyaman yang akan selalu dirindukan. Rumah adalah tempat yang membuat Anda bahagia dan selalu bersemangat dengan cara-cara sederhana. Berada di tanah rantau mungkin akan mengurangi intensitas Anda mempunyai perasaan ini. Demi menawar kerinduan pada rumah, Anda bisa bergabung dengan komunitas daerah yang ada di tanah rantau. Bahasa yang sama, kebiasaan yang sama, pengalaman yang sama serta banyak hal lainnya yang akan membawamu pulang ke kampung halaman dengan cara yang berbeda. Dengan ini Anda akan ingat kembali dengan tujuan Anda berada jauh dari keluarga dan mulai semangat bekerja.

Ingat Berbagai Tagihan

Poin terakhir ini merupakan cara yang paling efektif dan cepat untuk meningkatkan semangat bekerja. Karena tidak ada yang akan membayar tagihan Anda kecuali diri Anda sendiri. Oleh karena itu, mau tidak mau semangat kerja itu harus tetap ada dan Anda harus tetap bekerja keras. Uang tidak akan datang dengan sendirinya sehingga Andalah yang harus mencarinya.

EP 4 3 - Tips Sukses Meningkatkan Semangat Kerja di Rantau

Bagi Anda yang bekerja di luar negeri dan kerepotan membayar tagihan di Indonesia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk mengatasinya. Selain fasilitas pembayaran tagihan ini, Anda pun dapat melakukan kirim uang ke luar negeri dengan aman dan murah hanya dengan satu aplikasi. Penasaran dengan fitur-fiturnya? Anda bisa mendownload aplikasinya di sini sekarang juga.

Tags: , , , , , , , ,