Jangan Lewatkan Kesempatan Magang di Luar Negeri, Ini 4 Tipsnya!

Magang Di Luar Negeri

Setelah melaksanakan program kuliah ketika berada di luar negeri, tak jarang mahasiswa asal Indonesia kemudian mencari kesempatan untuk magang atau internship. Magang di luar negeri menawarkan banyak hal seru dan pelajaran berharga, yang tentu saja akan berguna ketika lulusan baru ini benar-benar masuk ke dunia kerja. Apakah Anda juga memiliki keinginan magang di perusahaan luar negeri?

Mungkin Anda yang membaca artikel ini adalah mahasiswa yang baru saja lulus dari program studi yang dipilih, dan bingung akan melakukan hal apa. Sebenarnya Anda bisa mencari informasi terkait magang di situs resmi kampus atau organisasi yang bekerjasama dengan kampus Anda. Namun jika ingin mencari sendiri, juga bukan masalah karena akan memberikan banyak pengalaman baru.

Lalu apa tips yang bisa diberikan untuk anak muda yang ingin magang di luar negeri? Well, tanpa berlama-lama lagi, simak penjelasannya di sini!

Kesampingkan Niat Mencari Uang, Utamakan Pengalaman

Untitled design970 - Jangan Lewatkan Kesempatan Magang di Luar Negeri, Ini 4 Tipsnya!

Tak jarang banyak dari Anda yang berharap mendapatkan banyak penghasilan dari program magang yang diikuti. Jika Anda masih memiliki pikiran semacam ini, sebaiknya Anda mulai bertanya pada diri Anda sendiri tentang apa yang Anda cari dengan mengikuti program internship.

Hal utama yang sebenarnya harus menjadi sasaran utama dari program magang adalah pengalaman kerja dan kesempatan belajar di lapangan secara langsung. Memang ada beberapa perusahaan ‘baik hati’ yang memberikan uang saku untuk peserta magang, dan bahkan jika kinerjanya bagus bisa langsung direkrut oleh perusahaan. Namun demikian agar motivasi Anda tetap terjaga, usahakan mengikuti program magang dengan motivasi belajar dan mencari pengalaman baru.

Lakukan Konsultasi Terlebih Dahulu

Untitled design971 - Jangan Lewatkan Kesempatan Magang di Luar Negeri, Ini 4 Tipsnya!

Sebelum meninggalkan kampus untuk mencari program magang, ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan mentor atau dosen pembimbing. Sederhana saja, tujuannya adalah untuk meminta pertimbangan dan rekomendasi program magang seperti apakah yang cocok untuk Anda. Mentor atau dosen pembimbing biasanya dapat melihat potensi yang Anda miliki, dan bisa mengarahkan pada program yang cocok untuk Anda.

Konsultasi ini juga diperlukan manakala program magang di luar negeri yang Anda ikuti memerlukan surat keterangan dari kampus. Misalnya saja, surat keterangan kuliah (jika Anda masih kuliah), surat keterangan lulus, transkrip nilai, surat rekomendasi dari kampus, dan sebagainya. Berkas ini bisa didapatkan pada bagian administrasi kampus dengan mengunjungi situs resminya.

Cari Tahu Kanal Penyaluran Tenaga Magang

Untitled design972 - Jangan Lewatkan Kesempatan Magang di Luar Negeri, Ini 4 Tipsnya!

Tidak sedikit pula yang menyediakan informasi mengenai program magang yang tersedia di sekitar daerah Anda. Berbentuk seperti agen penyalur tenaga kerja, biasanya organisasi seperti ini memberikan tarif tertentu ketika Anda ingin mendapatkan informasi yang dimiliki. Pastikan juga agensi yang Anda pilih cukup kredibel dan merupakan agensi resmi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Pada saat seperti ini juga Anda bisa memanfaatkan relasi semasa kuliah untuk mencari informasi magang di luar negeri. Ini mengapa, penting untuk Anda mengikuti berbagai organisasi ketika masa kuliah agar mendapatkan banyak kenalan yang bisa berguna di kemudian hari. Poin pentingnya hanya satu, pastikan program magang, agensi, atau tawaran yang tersedia adalah legal dan tidak melanggar hukum.

Jangan Ragu untuk Bertanya

Untitled design973 - Jangan Lewatkan Kesempatan Magang di Luar Negeri, Ini 4 Tipsnya!

Ketika Anda magang di luar negeri, jangan pernah takut untuk bertanya ketika memang Anda tidak memahami hal yang harus dikerjakan. Tanyakan pada atasan atau supervisor yang mengawasi Anda, agar pekerjaan yang dilakukan bisa berhasil dengan baik. Tentu ini harus dimulai dengan memperhatikan arahan yang diberikan, baru jika benar-benar tidak dapat dikerjakan, Anda bisa bertanya dengan sopan.

Anggap saja diri Anda adalah lembaran kertas putih yang siap diberikan coretan dan gambaran. Sebisa mungkin, jaga attitude ketika mengikuti program magang, baik pada peserta magang lain atau pada atasan dan staff perusahaan tersebut. Dengan menunjukkan sikap yang baik, setidaknya Anda sudah berusaha menjadi seorang ‘anak magang’ yang ramah dan supel.

Baca Juga: Kuliah Sambil Kerja di Luar Negeri? Intip 8 Tips Ini!

Program magang di luar negeri banyak memberikan kesempatan belajar untuk lulusan baru. Jika bisa menunjukkan kinerja yang cukup baik, Anda juga akan mendapatkan kesempatan mengikuti rekrutmen sebagai pegawai tetap. Tentu saja kesempatan ini tidak boleh dilewatkan karena bisa jadi menjadi batu loncatan untuk karir Anda di negeri orang.

Untuk mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di Malaysia misalnya, ternyata cukup banyak yang mengikuti program magang seperti ini. Baik di perusahaan periklanan, perkebunan, rumah sakit, dan lain sebagainya. Ini menunjukkan bahwa kualitas mahasiswa asal Indonesia bisa bersaing dengan lulusan dari negara lainnya.

Sedikit tips magang di luar negeri di atas semoga dapat berguna dan membantu Anda menemukan petualangan baru yang seru. Tentu ketika sudah bekerja nantinya, Anda juga wajib mengirimkan uang kepada keluarga di Indonesia. Untuk urusan ini, Anda bisa menggunakan layanan Qelola yang memiliki biaya administrasi sangat murah. Unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,