Temukan Berbagai Pengalaman Unik Ini Saat Kuliah di Malaysia

kuliah di Malaysia

Malaysia tidak hanya terkenal sebagai negara tujuan pariwisata saja. Banyak orang yang pergi ke negeri Jiran tersebut untuk rencana lain seperti bekerja, berobat atau menimba ilmu. Malaysia jadi salah satu pilihan untuk meneruskan jenjang pendidikan karena memiliki daftar universitas terbaik. Walaupun Indonesia dan Malaysia punya banyak kemiripan, akan tetapi pengalaman kuliah di Malaysia pastinya akan berbeda dengan di negeri sendiri. Bagi Anda yang berniat untuk daftar kuliah di Malaysia, siap-siap saja untuk menemui berbagai macam hal baru seperti yang akan ditulis pada artikel berikut ini.

Bicara dengan Bahasa Manglish

Malaysia punya latar belakang sejarah sebagai jajahan Inggris. Hal ini membuat hampir semua masyarakatnya cukup fasih dalam berbahasa Inggris untuk percakapan sehari-harinya. Namun jika Anda dengarkan dengan lebih seksama ada yang ganjil dari pengucapan bahasa Inggris warga di sana. Logat Inggris yang mereka ucapkan memiliki dialek yang unik karena pengaruh bahasa Melayu.

Orang-orang kemudian menyebut bahasa ini sebagai bahasa Manglish atau Malaysian English. Penduduk asli Malaysia juga menamai bahasa ini sebagai bahasa Rojak karena logat dan aksennya perpaduan antara Inggris dan Melayu. Bagi yang belum terbiasa mungkin akan menganggapnya sedikit aneh dan lucu karena berbeda dengan pengucapan bahasa Inggris pada umumnya. 

Biasanya orang yang mempraktekan bahasa Manglish akan membubuhi kata lah atau ar pada tiap kalimat. Misalnya saja seperti i don’t know lah atau where are you from ar. Logat bahasa Manglish ini juga hampir sama dengan bahasa Singlish atau Singapore English. Jadi jangan kaget ya saat Anda mulai beradaptasi dengan penduduk asli Malaysia nanti.

Salah Mengartikan Kata

back school children s bus carrying book 168171 445.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Temukan Berbagai Pengalaman Unik Ini Saat Kuliah di Malaysia

Walaupun banyak orang Malaysia yang berbicara bahasa Manglish, namun sebagian juga masih ada yang berbicara bahasa Melayu murni. Nah, bahasa Melayu dan bahasa Indonesia ini banyak yang mirip-mirip namun memiliki makna yang berbeda. Jadi Anda harus berhati-hati saat berbicara dengan bahasa Melayu agar tidak timbul kesalahpahaman. 

Orang Malaysia biasa menyebut anak-anak sebagai budak-budak. Padahal, di Indonesia sendiri budak diartikan sebagai bawahan atau pesuruh. Contoh lain misalnya penyebutan kereta untuk mengatakan mobil. Jadi saat Anda di Malaysia jangan kaget jika orang bilang akan naik kereta tapi pada kenyataannya malah naik mobil. Hal ini akan jadi pengalaman kuliah di Malaysia yang tak terlupakan tentunya.

Sistem Online yang Maju

Negara Malaysia saat ini bisa disebut sebagai negara maju. Salah satu yang membuktikannya adalah kemajuan teknologi yang diterapkan sudah merambah ke berbagai aspek termasuk pendidikan. Hampir semua universitas yang ada di Malaysia menerapkan sistem online untuk mendistribusikan berbagai informasi terkait kegiatan belajar mengajar. Hal ini meliputi mata kuliah yang ditawarkan, hasil ujian, dan perkara biaya administrasi kuliah. Penerapan sistem online di kampus ini pun juga mulai diadaptasi oleh beberapa universitas di tanah air.

Presentasi dengan Bahasa Inggris

speaker stage front room with rear view audience put hand up acton 41418 2646.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Temukan Berbagai Pengalaman Unik Ini Saat Kuliah di Malaysia

Nah, pengalaman kuliah di Malaysia yang akan Anda temui berikutnya adalah seringnya melakukan presentasi dalam bahasa Inggris. Berbicara di depan umum apalagi diawasi oleh dosen tentunya membutuhkan keberanian ekstra. Ditambah lagi Anda harus mempresentasikannya dalam bahasa Inggris. 

Namun hal tersebut mau tidak mau harus Anda lakukan mengingat kuliah di Malaysia memang banyak diisi dengan aktivitas presentasi. Jadi mulai sekarang Anda harus melatih kemampuan bahasa Inggris agar dapat beradaptasi dengan cepat saat menjalani kuliah di Malaysia nanti. Toh, hal ini juga akan bermanfaat meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri Anda sebagai bekal menghadapi dunia kerja setelah lulus.

Baca Juga: 8 Top Alasan Mengapa Harus Kuliah di Malaysia

Duta Pariwisata Indonesia

Saat kuliah di negara Malaysia, secara otomatis Anda akan dianggap sebagai mahasiswa asing. Umumnya teman-teman Anda di kampus akan penasaran dengan asal muasal Anda. Saat mengetahui bahwa Anda berasal dari Indonesia, pembicaraan pun biasanya akan berlanjut dengan berbagai pertanyaan tentang seperti apa negara Anda. 

Nah, kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan berbagai pariwisata yang ada di Indonesia. Sehingga nantinya akan lebih banyak orang yang tahu tentang Indonesia dan melakukan perjalanan wisata ke tanah air.

Kuliah Sambil Travelling

group asian women using camera make photo while traveling park urban city bangkok 7861 867.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Temukan Berbagai Pengalaman Unik Ini Saat Kuliah di Malaysia

Saat liburan tiba, Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk travelling ke berbagai objek wisata menarik yang ada di Malaysia. Tidak hanya Petronas saja yang terkenal di Malaysia lho, namun ada banyak tempat-tempat indah lainnya yang harus Anda jelajahi saat berada di negara ini. 

Selain itu, moda transportasi umum yang ada di Malaysia sudah maju dan mudah diakses sehingga Anda bisa melakukan rencana perjalanan wisata dengan nyaman. Sambil menyelam minum air pengalaman kuliah di Malaysia ini akan jadi momen berharga yang bisa Anda kenang saat kembali ke Indonesia nanti.

Berbagai pengalaman kuliah di Malaysia diatas adalah beberapa contoh yang dialami langsung oleh beberapa WNI yang pernah menempuh studi di Malaysia. Jadi bagi Anda yang punya rencana melanjutkan pendidikan di Malaysia bisa menyiapkan diri untuk beradaptasi dengan hal-hal yang telah disebutkan di atas.

Sebagai mahasiswa yang tinggal di negara lain, tentunya Anda akan sering melakukan panggilan telepon atau bertukar kabar dengan keluarga, kerabat, dan teman yang ada di tanah air. Jika pulsa atau kuota internet Anda habis, isi ulang saja melalui aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola adalah aplikasi yang cukup populer di Malaysia. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur lainnya seperti transfer uang ke Indonesia dan bayar-bayar tagihan seperti listrik, air, dan BPJS Kesehatan.

Untuk bisa menikmati berbagai layanan tersebut, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi di sini. Pelajari juga lebih jauh tentang aplikasi Qelola dengan klik website resminya di sini.

Tags: , ,