8 Top Alasan Mengapa Harus Kuliah di Malaysia

lulus kuliah

Semua orang tahu bahwa melanjutkan kuliah ke universitas bukanlah sekadar untuk meraih sebuah kualifikasi. Melainkan juga pengalaman yang diperoleh, ikatan persahabatan yang terjalin selama perjalanan kuliah, serta yang terutama adalah bagaimana keseluruhan pengalaman itu membentuk jati diri kita. Selain biaya pendidikan yang terjangkau, biaya hidup yang rendah, serta kekayaan budaya dan bangsa, kuliah di Malaysia adalah rencana sempurna untuk mendapatkan semua itu. Malaysia juga merupakan tempat ideal untuk mengembangkan jejaring persahabatan dan relasi di Asia, serta membangun hubungan dengan sebuah negara yang sedang berkembang pesat.

Alasan baik lainnya untuk memilih kuliah di  Malaysia adalah biaya pendidikan yang rendah dan manfaat tambahan bahwa mahasiswa internasional diizinkan untuk bekerja di Malaysia sambil kuliah. Malaysia juga menawarkan prosedur imigrasi yang relatif sederhana bagi mereka yang memenuhi syarat untuk memperoleh izin tinggal sebagai mahasiswa.

Ingin tahu lebih jelas lagi? Di bawah ini akan kita bahas 8 alasan mengapa harus kuliah di Malaysia.

  1.  Dekat dengan Indonesia

globe e1590915394970 - 8 Top Alasan Mengapa Harus Kuliah di Malaysia

Masih berada dekat dengan negara Indonesia, tentu akan lebih mudah untuk Anda jika ingin mudik di hari libur. Musim, cuaca, dan suhu yang sama akan membuat Anda lebih mudah beradaptasi di lingkungan baru juga. Meski masih serumpun dengan Indonesia, Anda pasti akan menemukan hal baru ketika kuliah di Malaysia. Anda juga bisa mempelajari budaya mereka dan jangan lupa untuk berteman akrab dengan penduduk lokal.

  1.  Biaya Hidup Murah

tips mengatur keuangan 1 - 8 Top Alasan Mengapa Harus Kuliah di Malaysia

Kalau dibandingkan dengan biaya hidup di negara lain seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris, dan negara Eropa lainnya, tentu biaya hidup selama kuliah di Malaysia akan jauh lebih murah hitungannya. Anda bisa menghemat biaya yang keluar untuk uang kuliah juga karena dengan kualitas pendidikan yang sama, Anda bisa mendapatkan fasilitas lengkap di kampus dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan biaya kuliah di negara lain.

  1. Tidak Terhalang Perbedaan Bahasa

Salah satu keuntungan kuliah di Malaysia adalah Anda dapat berkomunikasi dengan leluasa kepada orang-orang di sana karena umumnya mereka menggunakan bahasa melayu yang masih mirip dengan bahasa Indonesia. Masyarakat Malaysia juga terbiasa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari sehingga Anda dapat menggunakan bahasa ini untuk berinteraksi dengan orang di sana.

  1.  Negara Multikultural

Masyarakat Malaysia terkenal dengan keberagaman suku dan etnis yang tinggal di dalamnya. Negara yang sudah terbiasa dengan perbedaan budaya tentu akan lebih baik dalam menerima orang baru yang datang ke wilayahnya. Selama Anda berperilaku baik dan sopan, tidak akan ada masalah yang Anda temui dengan sikap warga di sana nantinya.

  1.  Pendidikan dengan Mutu yang Berkualitas

Di Malaysia ada banyak universitas yang kualitas pendidikannya termasuk tinggi. Tak kalah dengan mutu pendidikan universitas terkenal lainnya. Dan peningkatan mutu pendidikan dan perkembangan universitas-universitas di sana tengah diupayakan dan kemajuannya sangat terlihat. Ada begitu banyak pelajar internasional yang memilih Malaysia sebagai negara tujuan untuk belajar dan UNESCO pernah mendapuk negara ini sebagai ‘Top Countries for International Students 2015’ dan mendapat peringkat ke-9.

  1.  Lebih Mudah Mengurus Imigrasi

rsz 1rsz visa malaysia - 8 Top Alasan Mengapa Harus Kuliah di Malaysia

Untuk dapat kuliah di Malaysia, syarat imigrasi yang harus diurus tidak dipersulit oleh negara. Berbeda dengan negara-negara lain yang membuat syarat yang sangat banyak dan ketat bagi pelajar internasional, Malaysia justru memberi kemudahan bagi pelajar dalam urusan imigrasi. Nggak percaya kalau prosesnya sangat mudah? Coba deh, Anda cek sendiri.

Baca Juga: Anda Harus Tahu! Inilah Sederet Persyaratan Kuliah di Malaysia

  1.  Surga Kuliner dan Wisata

makanan tradisional malaysia - 8 Top Alasan Mengapa Harus Kuliah di Malaysia

Selain sebagai destinasi belajar, Anda juga bisa explore lebih dalam lagi tentang tempat wisata dan kuliner yang ada di negara ini. Makanan yang disajikan akan sangat beragam karena hampir semua etnis ada di negara ini. Mulai dari Chinese food, Indian Food sampai makanan khas suku yang tinggal di sana, bisa Anda nikmati semuanya. Anda juga bisa menentukan akan berwisata ke kota atau daerah mana setelah ada di sana nanti.

  1.  Bisa Kuliah Sambil Bekerja

Jika di negara lain Anda hanya akan mendapat visa study dan dilarang untuk bekerja dalam bentuk apapun sesuai ijin visa, maka di Malaysia Anda bisa berkuliah sambil bekerja part time dengan maksimal batas waktu selama 20 jam per hari.

Mengatur Keuangan Selama Kuliah di Malaysia

Selama menjalani masa kuliah di Malaysia, Anda bisa tetap memiliki fleksibilitas di bidang keuangan dan mengirim uang kepada keluarga di Indonesia dengan mudah. Cukup download aplikasi Qelola di smartphone Anda. Dapatkan fasilitas untuk melakukan transfer dengan biaya termurah, sekaligus membayar semua tagihan di Indonesia. Melalui Qelola, Anda tidak perlu ragu lagi bahwa uang yang Anda kirim tidak akan  sesuai untuk kebutuhannya. Anda bisa menentukan tagihan apa yang Anda pilih, semisal pembayaran BPJS, tagihan listrik, pembayaran pajak bahkan pengisian ulang pulsa untuk HP Anda. Kunjungi website Qelola di sini, untuk informasi lengkapnya.

Tags: , , , , , , , , , ,