Tips dan Trik Agar Lebih Mudah Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

beasiswa luar negeri

Siapa yang setuju, bahwa memperoleh beasiswa luar negeri merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa melanjutkan kuliah di luar negeri? Tapi seperti yang umum diketahui, sayangnya jumlah beasiswa yang terbatas berbanding terbalik dengan jumlah peminat beasiswa yang selalu bertambah setiap tahunnya. Itulah mengapa, banyak sekali pelamar beasiswa luar negeri yang harus kecewa saat gagal mendapat beasiswa yang diinginkan. Jika Anda tidak ingin menjadi salah satu di antara mereka yang gagal mendapatkan beasiswa, simak beberapa tips dan trik di bawah ini.

Baca Juga: Info Seputar Tes IELTS yang Perlu Anda Tahu

Tips dan Trik Sukses Mendapatkan Beasiswa

Berikut ini ada beberapa tips dan trik sukses untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri yang perlu Anda pahami, dan diupayakan sebaik mungkin:

1. Perbanyak Mencari Informasi

beasiswa luar negeri 1 - Tips dan Trik Agar Lebih Mudah Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, jangan malu untuk bertanya dan mencari informasi sebanyak mungkin. Pastikan Anda bertanya kepada orang yang tepat, agar memperoleh informasi yang valid. Misalnya, Anda bisa mencari informasi melalui internet, dan juga bertanya secara langsung kepada pihak kampus atau sekolah seperti penasehat akademik, profesor, dosen ataupun guru, dan lainnya. Jika di kampus atau sekolah Anda saat ini ada bagian khusus yang menangani tentang studi di luar negeri, maka tidak ada yang salah jika Anda bertanya langsung kepada mereka.

2. Menyusun Daftar Peluang Beasiswa yang Ada

Penting bagi Anda untuk membuat daftar beasiswa yang akan Anda apply. Jangan pernah ragu untuk mencari tahu mulai dari jenis beasiswa, kualifikasi yang dibutuhkan, program studi yang ditawarkan, hingga deadline beasiswa itu sendiri. Sebaiknya Anda membuat spreadsheet untuk mempermudah pencarian dan pengklasifikasian beasiswa. Beberapa poin yang perlu Anda masukkan ke dalam spreadsheet tersebut adalah nama universitas, negara, bahasa yang digunakan, program studi, dan informasi penting lainnya. Buatlah daftar beasiswa sebanyak mungkin dan apply sampai Anda berhasil.

3. Memahami Visi dan Misi Organisasi

beasiswa luar negeri 2 - Tips dan Trik Agar Lebih Mudah Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Sebelum mulai melamar beasiswa, sebaiknya Anda juga perlu memahami organisasi penyedia beasiswa itu sendiri. Pahami seperti apa visi dan misi organisasi tersebut. Cari tahu juga hal-hal apa saja yang sepertinya menjadi concern dari organisasi tersebut. Identifikasilah semua informasi yang Anda dapatkan tentang organisasi, dan buat aplikasi Anda sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mereka untuk mengevaluasi para kandidat pelamar beasiswa.

4. Memilih Negara dengan Jumlah Pelamar yang Sedikit

Tips yang satu ini sebenarnya cukup ampuh untuk bisa memperoleh beasiswa ke luar negeri. Jangan hanya memilih negara dengan peminat beasiswa yang membludak saja, tapi Anda juga perlu memilih negara yang paling sedikit peminatnya. Misalkan saja Inggris diminati oleh 500 pelamar, maka kesempatan Anda untuk bisa mendapat beasiswa berada di angka 1:500. Oleh karena itu, buatlah daftar negara-negara yang peminatnya lebih sedikit dan cari tahu lebih dalam mengenai beasiswa-beasiswa yang disediakan oleh negara tersebut. Misalnya negara Malaysia, dan lainnya.

5. Membuat Motivation Letter yang Menarik

Motivation Letter adalah salah satu persyaratan yang selalu dibutuhkan jika Anda mengajukan aplikasi beasiswa. Sebisa mungkin, hindari kata-kata sudah sangat umum digunakan seperti “Saya ingin mempelajari budaya baru”, dan lain sebagainya. Sebaliknya, Anda bisa menceritakan beberapa fakta seperti misalnya Anda jatuh cinta dengan film-film Perancis atau Anda pernah memiliki teman SMA dari Malaysia yang ikut pertukaran pelajar, dan beberapa fakta-fakta pendukung lainnya yang membuktikan bahwa Anda memang punya keinginan dan dasar yang kuat untuk melanjutkan kuliah di negara tersebut. Pada intinya, buatlah essay yang menunjukkan bahwa essay tersebut memang hanya milik Anda.

6. Memasukkan Aplikasi Beasiswa di Awal Waktu

beasiswa luar negeri 3 - Tips dan Trik Agar Lebih Mudah Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Salah satu kebiasaan buruk saat melamar beasiswa adalah memasukkan aplikasi di waktu-waktu terakhir. Hindari kebiasaan buruk semacam ini, dan cobalah untuk memasukkan aplikasi beasiswa di awal waktu. Memang tidak ada jaminan bahwa Anda akan mendapatkan beasiswa jika mengirim aplikasi di awal. Tapi setidaknya, secara logika Anda harus sadar bahwa ada orang lain di pihak penyedia beasiswa yang akan menerima dan memeriksa aplikasi Anda. Nah, orang-orang yang diberi tanggung jawab inilah yang biasanya akan lebih jeli di awal aplikasi beasiswa masuk. Saat sudah mendekati deadline, maka mayoritas dari mereka hanya akan melihat aplikasi secara sekilas, dan sangat mungkin bahwa poin-poin plus di aplikasi Anda lolos dari penglihatan mereka. Jadi, buatlah aplikasi sebaik mungkin dan apply di awal waktu ya! 

Beberapa informasi tips dan trik sukses mendapatkan beasiswa luar negeri di atas mungkin akan sangat bermanfaat bagi Anda. Sembari berusaha, pastikan Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Dan jangan menyerah untuk memburu beasiswa impian Anda, karena bisa jadi saat Anda gagal satu atau dua kali, Anda akan berhasil pada percobaan yang ketiga. Selain informasi di atas, ada informasi lain yang tidak kalah pentingnya yang perlu Anda ketahui. Di Malaysia, ada aplikasi keuangan berbasis e-wallet yang bisa Anda maksimalkan untuk keperluan berbagai macam transaksi. Aplikasi tersebut adalah Qelola. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda akan lebih mudah saat melakukan kirim dan terima uang antara negara. Dengan begitu, selama kuliah di sana Anda tidak akan kerepotan jika harus kirim dan terima uang dari Malaysia ke Indonesia. Ketahui fitur-fitur menariknya, dengan cara unduh aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , ,