Ketahui Info Penting Ini, Jika Ingin Lulus Kuliah Langsung Kerja di Luar Negeri!

lulus kuliah

Salah satu hal yang menjadi motivasi terbesar dalam memilih universitas adalah kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik setelah lulus kuliah. Itulah mengapa hingga saat ini jumlah siswa yang memilih untuk kuliah di luar negeri meningkat. Hal tersebut dikarenakan universitas di luar negeri dianggap lebih berkualitas jika dibandingkan dengan yang ada di Indonesia. Banyak di antara mereka yang tidak hanya ingin kuliah di luar negeri saja, tetapi juga ada yang berniat untuk bekerja di negara yang sama ketika mereka lulus kuliah. Apakah Anda salah satunya?

Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua negara bisa supportive untuk memberikan izin kerja bagi mahasiswa internasional setelah mereka lulus kuliah. Padahal, kesempatan inilah yang biasanya ditunggu-tunggu para lulusan untuk mendapatkan pengalaman kerja di luar negeri sebagai daya tarik untuk dicantumkan pada daftar riwayat hidup mereka. Selain itu, ada beberapa hal pula yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih bekerja di negara yang sama di tempat Anda kuliah. Seperti visa, pasar lapangan kerja, biaya hidup, akomodasi, dan lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa rekomendasi negara dan informasi utama yang Anda butuhkan jika Anda ingin kuliah dan langsung bekerja di sana.

Baca Juga: Wajib Tahu! Soft Skill Dunia Kerja yang Dibutuhkan Calon TKI

Belajar dan Bekerja di Irlandia

lulus kuliah 1 - Ketahui Info Penting Ini, Jika Ingin Lulus Kuliah Langsung Kerja di Luar Negeri!

Memutuskan untuk kuliah dan mengembangkan karir di negara Irlandia merupakan salah satu pilihan yang tepat. Anda tidak perlu khawatir, karena ada kesempatan untuk mendapatkan post-study work visa setelah Anda lulus dari universitas di Irlandia. Di Eropa khususnya, negara yang memiliki pengantar bahasa, Irlandia merupakan negara satu-satunya yang menawarkan kesempatan ini. Dikutip dari situs Irish Council for International Students, selagi mencari pekerjaan, Anda bisa mengajukan permohonan tinggal di Irlandia untuk jangka waktu hingga 24 bulan (tergantung tingkat studi) di bawah Skema Pascasarjana Tingkat Ketiga (Irish Third Level Graduate Scheme). Bagi yang memenuhi syarat untuk tetap tinggal hingga 24 bulan (lulusan tingkat 9 dan 10 program), maka akan diberikan izin kerja di Irlandia untuk selama 12 bulan. Setelah itu, visa kerja dapat diperbaharui untuk 12 bulan ke depan. Dengan begitu, Anda pun bisa tinggal selama Anda berada di pekerjaan tersebut.

Belajar dan Bekerja di Malaysia

lulus kuliah 2 - Ketahui Info Penting Ini, Jika Ingin Lulus Kuliah Langsung Kerja di Luar Negeri!

Setelah lulus kuliah di Malaysia, Anda memiliki dua pilihan. Yang pertama adalah kembali ke tanah air dan mencari pekerjaan di Indonesia, dan yang kedua adalah mencari pekerjaan di Malaysia. Biaya hidup di Malaysia yang terbilang relatif rendah, membuat banyak mahasiswa internasional yang akhirnya memilih untuk tetap tinggal dan mencari pekerjaan di Malaysia. Selain karena alasan itu, faktor lingkungan juga menjadi alasan yang membuat mahasiswa internasional memilih untuk berkarir di sana. 

Berakhirnya visa pelajar setelah lulus kuliah di Malaysia, adalah kendala yang biasanya dialami oleh mahasiswa internasional, termasuk Anda nantinya. Oleh karena itu, jika Anda mempunyai keinginan untuk mendapatkan pekerjaan di Malaysia setelah lulus kuliah di sana, ada beberapa informasi penting yang harus Anda ketahui, yaitu:

1.  Menilik Bursa Kerja di Malaysia

Malaysia terkenal dengan industri teknik yang kuat dan bagus. Selain itu, Malaysia juga merupakan pusat finansial Asia Tenggara dengan pusat perbankan Islami yang terbesar di dunia. Khusus buat Anda yang memilih jurusan bisnis, akuntansi, ataupun keuangan, Anda bisa bernafas lega karena Anda akan banyak dicari oleh perusahaan perbankan di sana. 

2.  Mencari Lowongan Pekerjaan di Malaysia

Tahun-tahun belakangan ini, posisi yang diperkirakan masih mengalami kekurangan tenaga kerja adalah di bidang akuntansi, serta minyak dan gas. Posisi di bidang akuntansi memang sangat dibutuhkan, lantaran sektor finansial di Malaysia terus berkembang. Berdasarkan informasi dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), perkembangan keuangan syariah di Malaysia memang sangat menakjubkan, dan bahkan telah mengungguli Indonesia. Seiring dengan hal itu, tentunya Malaysia akan terus membutuhkan SDM yang berkualitas dari perguruan tinggi ternama di sana. Jadi, peluang untuk Anda terbuka sangat lebar. Selanjutnya, untuk sektor minyak dan gas, Direktur Utama Pertamina sempat menceritakan kondisi industri minyak dan gas Malaysia yang terbukti unggul. Jika dibandingkan dengan sektor minyak dan gas di Indonesia, Malaysia lebih unggul bahkan hingga empat kalinya. 

Tips Mendapatkan Pekerjaan di Malaysia Setelah Lulus Kuliah

lulus kuliah 3 - Ketahui Info Penting Ini, Jika Ingin Lulus Kuliah Langsung Kerja di Luar Negeri!

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan ketika ingin mendapatkan pekerjaan di Malaysia, kini saatnya Anda memperhatikan beberapa tips agar Anda lebih mudah diterima kerja di Malaysia setelah lulus kuliah di sana.

  • Memiliki kemampuan untuk membuat e-mail dengan tepat.
  • Memiliki kemampuan untuk membuat Curriculum Vitae yang menarik dan memikat.
  • Mampu membuat surat lamaran dengan benar.
  • Mampu menjawab wawancara dengan baik dan lancar.

Nah, itulah beberapa tips tentang cara mendapatkan pekerjaan di Malaysia setelah Anda lulus kuliah nanti. Jika saat ini Anda masih berstatus menjadi pelajar, memilih kuliah di Malaysia adalah pilihan yang tidak keliru. Selain banyak perguruan tinggi ternama, biaya hidup yang murah, dan suasana kehidupan yang internasional, peluang untuk mendapatkan pekerjaan di Malaysia juga terbuka sangat lebar. Agar Anda lebih mudah dalam mengelola keuangan pribadi selama tinggal di Malaysia, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi Qelola. Selain untuk keperluan transfer uang domestik dan internasional, Qelola juga akan membantu Anda untuk bayar tagihan dengan lebih mudah. Coba unduh aplikasinya dan rasakan berbagai kemudahannya.

Tags: , , , , , ,