Wajib Tahu! Soft Skill Dunia Kerja yang Dibutuhkan Calon TKI

skill kerja

Bekerja sebagai tenaga kerja di luar negeri (TKI), akan memiliki banyak tantangan. Selain berbeda kebudayaan, masalah bahasa dan kebiasaan juga akan menjadi satu hal yang harus dihadapi. Agar tidak memiliki masalah di kemudian hari selama bekerja di luar negeri, seorang calon TKI harus memiliki beberapa skill kerja yang dibutuhkan. Ada dua jenis skill kerja yang utamanya harus dimiliki oleh calon pekerja secara umum yaitu hard skill dan soft skill. Hard skill merupakan kemampuan yang dapat diukur, diuji, dan dievaluasi. Hard skill adalah kemampuan utama yang dibutuhkan. Sedangkan, soft skill adalah kepribadian, kemampuan komunikasi atau atribut personal yang memang dibutuhkan untuk dapat memberikan performa baik di dalam sebuah pekerjaan.

Bagi calon TKI, kemampuan hard skill seperti penguasaan bahasa, keterampilan kerja adalah yang utama. Namun penguasaan soft skill juga tidak kalah pentingya. Lantas soft skill apa saja yang perlu diperhatikan oleh seorang calon TKI? Berikut akan kita bahas di bawah ini.

Kemampuan Komunikasi

komunikasi e1586116137162 - Wajib Tahu! Soft Skill Dunia Kerja yang Dibutuhkan Calon TKI

Skill kerja yang satu ini memang sangat baik dimiliki baik untuk calon TKI di dunia pekerjaan maupun di kehidupan bermasyarakat. Komunikasi yang baik memang dibutuhkan di setiap lini pekerjaan untuk dapat berkoordinasi dengan baik. Lebih lanjut, setiap jenis pekerjaan yang ditawarkan baik itu secara pribadi maupun perusahaan, pasti memerlukan kerjasama dan koordinasi yang baik. Cara meningkatkan soft skill komunikasi adalah dengan mulai belajar mendengarkan orang lain serta mulai memahami orang lain. Setelah Anda mulai mendengarkan dan memahami orang lain, Anda bisa memilih cara komunikasi yang baik terhadap orang lain.

Manajemen Waktu

waktu - Wajib Tahu! Soft Skill Dunia Kerja yang Dibutuhkan Calon TKI

Manajemen waktu merupakan skill kerja yang tidak boleh Anda lewatkan di dalam dunia pekerjaan. Anda harus bisa mengatur waktu Anda sebaik mungkin agar dapat menyelesaikan berbagai macam pekerjaan dengan baik. Skill manajemen waktu juga akan menunjukan bahwa Anda merupakan pribadi bertanggung jawab dan memiliki kedisiplinan yang tinggi. Sangat penting untuk memiliki soft skill yang satu ini.

Adaptasi

adaptasi - Wajib Tahu! Soft Skill Dunia Kerja yang Dibutuhkan Calon TKI

Skill kerja untuk dapat cepat beradaptasi merupakan keterampilan yang sangat penting bagi calon TKI. Ketika Anda masih fresh graduate dan baru pertama kali masuk ke dunia pekerjaan, Anda harus beradaptasi dengan berbagai jenis pekerjaan, lingkungan, dan kepribadian baru. Demikian pula ketika Anda harus bekerja di lingkungan yang jauh dari tempat Anda berasal. Keterampilan beradaptasi sangat berguna untuk dapat bersosialisasi di lingkungan baru sekaligus memberi kemampuan bertahan di lingkungan kerja.

Mampu Bekerja Sama dengan Orang Lain 

orang sukses 3 - Wajib Tahu! Soft Skill Dunia Kerja yang Dibutuhkan Calon TKI

Berkompetisi memang harus, tapi berkolaborasi juga tidak kalah pentingnya. Meskipun kelak Anda akan bekerja di ruang pribadi maupun sebuah industri yang besar, kemampuan bekerjasama dengan orang lain ini sangat penting untuk Anda miliki. Sebagai calon pekerja Anda harus mampu bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai kesuksesan. Terlebih, di dunia profesional sangat sulit untuk bisa sukses tanpa bantuan orang lain. Di era kolaborasi seperti sekarang, mampu bekerja sama dengan orang lain merupakan poin plus tersendiri. Jangan pernah anggap bekerja sendiri bakal terlihat keren, justru mereka yang mampu bekerja sama dengan siapapun yang kariernya akan cepat naik.

Skill Memecahkan Masalah yang Kompleks

Syarat Perpanjang Paspor - Wajib Tahu! Soft Skill Dunia Kerja yang Dibutuhkan Calon TKI 

Tidak ada pekerjaan yang lepas dari permasalahan. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu memiliki skill kerja berupa pemecah masalah. Semakin ke sini, permasalahan di dunia industri-profesional maupun pekerja individual semakin rumit. Tren industri terus mengalami perubahan yang cukup signifikan dari tahun ke tahunnya. Hal ini tentu berpotensi untuk menimbulkan masalah-masalah yang baru juga.

Tidak cuma pada level manajerial, hampir semua posisi atau jabatan kerja pasti akan memiliki masalahnya tersendiri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah dengan cepat dan efektif. Hal ini bertujuan agar masalah yang ada tidak terlalu berlangsung lama dan menjadi besar.

Sebesar apapun masalahnya, setiap pekerja diharapkan memiliki kemampuan untuk mencari solusi pada setiap masalah yang ada. Dengan memiliki kemampuan pemecahan masalah, tanpa disadari karier Anda pun akan melesat dengan cepat karena memiliki sifat dasar kepemimpinan.

Itu tadi adalah penjelasan tentang keterampilam kerja yang berkaitan dengan soft skill yang bisa Anda simak. Semoga panduan di atas dapat memudahkan Anda untuk bisa bekerja di luar negeri dengan baik. Bagi Anda calon TKI yang akan bekerja di Malaysia  jangan lupa juga untuk mengunduh layanan transaksi online seperti aplikasi Qelola.

Baca Juga: 4 Syarat Bekerja di Luar Negeri Ini Penting untuk Calon TKI

Aplikasi Qelola adalah sebuah aplikasi online yang dirancang khusus untuk TKI di Malaysia yang ingin berkirim uang ke tanah air. Uang yang Anda kirim pun langsung masuk ke rekening tujuan di hari itu juga dalam sekejap saja. Tidak perlu ragu melakukan transaksi keuangan dengan aplikasi ini, karena dijamin aman dan terpercaya. Selain kirim uang, Qelola juga mendukung Anda untuk bisa membayar berbagai tagihan di Indonesia lho! Mulai dari tagihan listrik, air, TV Kabel, bahkan BPJS Kesehatan dapat Anda lunasi langsung dari Malaysia. Caranya bagaimana? Cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola di ponsel pribadi, kini Anda bisa kirim-kirim uang dan bayar-bayar tagihanmu di mana saja dan kapan saja. Lebih lanjut tentang aplikasi ini, Anda bisa mampir ke website resmi Qelola di sini!

 

Tags: , , , , , , , , ,