Info Seputar Tes IELTS yang Perlu Anda Tahu

ielts

Saat ini jika Anda ingin menempuh pendidikan khususnya untuk kuliah di luar negeri atau untuk syarat mendapatkan pekerjaan, banyak institusi yang mewajibkan Anda untuk membuktikan kemampuan bahasa Inggris Anda dengan menunjukkan skor IELTS. Lalu apa itu IELTS? IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System. IELTS merupakan salah satu jenis tes kelancaran berbahasa Inggris yang dikenal secara luas di seluruh dunia yang dapat membuktikan bila Anda telah memenuhi batasan kriteria dalam kemampuan berbahasa Inggris Anda, baik untuk kuliah maupun bekerja.

Siapa yang Menjamin Kualitas Tes?

IELTS pertama kali diperkenalkan sebagai standar dalam mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang pada tahun 1989. Pengelola dan pemilik IELTS secara bersama-sama dikelola oleh tiga organisasi yaitu Cambridge English Language Assessment, British Council dan IDP: IELTS Australia yang memastikan bahwa tes yang dipakai dapat dipergunakan di seluruh dunia. Isi dari tes bahasa Inggris tersebut dibuat dan diperiksa secara internasional sehingga menghilangkan perbedaan budaya dan bahasa. Pada tes ini, bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris Britania atau British.

Format Tes IELTS

pexels photo 4476367 - Info Seputar Tes IELTS yang Perlu Anda Tahu

Tes IELTS berdurasi selama 2 jam 45 menit. Tes ini mencakup 4 bagian yaitu mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis.

Tes Mendengarkan: Terdapat 40 soal dengan durasi waktu 30 menit, 4 bagian. Dalam tes mendengarkan ini, kemampuan pemahaman Anda akan diuji secara spesifik dalam berbagai konteks dan format.

Tes Membaca: Untuk Academic ataupun General Training terdapat 40 soal dengan durasi waktu 60 menit, 3 bagian. Dari tes ini Anda harus membuktikan kemampuan Anda dalam memahami bacaan yang terperinci dan rumit dalam bahasa Inggris.

Tes Menulis: Untuk Academic ataupun General Training terdapat 2 soal dengan durasi waktu 60 menit. Dari tes ini Anda diharapkan mampu membuat tulisan dalam bahasa Inggris yang menggunakan topik dan konteks yang sudah disesuaikan untuk Anda. Penilaian tes meliputi kemampuan tata bahasa, struktur kalimat, kosakata maupun gaya menulis Anda.

Tes Berbicara: Dalam tes berbicara ini terdapat 3 bagian dengan durasi waktu 11-14 menit yang diwawancarai oleh native speaker. Anda akan diminta untuk berbicara dengan native speaker secara langsung  dan akan diberikan beberapa pertanyaan tentang diri Anda dan sebuah topik. Anda diminta untuk melakukan percakapan yang menggunakan topik pilihan Anda maupun topik yang sudah ditentukan. Anda juga akan diminta untuk terlibat dalam percakapan serius yang membahas isu-isu abstrak.

Jenis Tes IELTS

pexels photo 3807752 - Info Seputar Tes IELTS yang Perlu Anda Tahu

Ada dua macam jenis tes IELTS yaitu Academic dan General Training test.

  1. Academic test dipergunakan untuk mahasiswa asing yang ingin kuliah di negara-negara yang mempergunakan bahasa Inggris.
  2. General Training test dipergunakan untuk orang asing yang ingin pindah ke negara-negara yang mempergunakan bahasa Inggris atau untuk bekerja di organisasi profesional.

Kedua tes tersebut mempunyai tes yang sama di bagian mendengarkan dan berbicara, tetapi pada bagian membaca dan menulis dibedakan dan disesuaikan secara khusus untuk kebutuhan Academic test ataupun General Training test.

Baca Juga: Pentingnya TOEFL dan IELTS untuk Kuliah di Luar Negeri

Sistem Penilaian Tes IELTS

Penilaian tes menggunakan sistem band score dengan skala 1 (terendah) sampai 9 (tertinggi). Semakin tinggi nilai Anda berarti semakin fasih pula kemampuan berbahasa Inggris Anda. Setiap bagian (band) mempunyai skor dan akan ditotal kemudian dirata-rata. Masing-masing bagian (band) memiliki porsi yang sama, yaitu 25%. IELTS sendiri mempunyai sistem penilaian yang cukup unik, yaitu pembulatan ke atas tiap setengah (0.5) poin. Misalnya ketika Anda memperoleh skor 5.3, skor Anda akan dibulatkan menjadi 5.5. Begitu pula ketika Anda memperoleh skor 5.75, maka skor Anda akan dibulatkan menjadi 6.

Untuk lebih jelasnya berikut kami berikan rincian skor yang terbagi atas beberapa golongan nilai (band):

9 – expert user (sangat ahli)

8 – very good user (sangat baik)

7 – good user (baik)

6 – competent user (cakap)

5 – modest user (sedang)

4 – limited user (terbatas)

3 – extremely limited user (sangat terbatas)

2 – intermittent user (terbata-bata)

1 – non-user (tidak mampu)

Biaya Tes IELTS

Biaya tes IELTS dapat berubah setiap tahun. Tes IELTS merupakan salah satu tes kelancaran berbahasa Inggris yang tergolong cukup mahal. Biaya untuk tes IELTS ini kurang lebih berada pada kisaran Rp2.800.000,- dengan masa berlaku sertifikat hingga 2 tahun. Anda juga dapat mengetahui biaya tes di tempat Anda di situs web IELTS. Karena tes ini cukup mahal, maka Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Kapan Bisa Mengikuti Tes IELTS?

Tanggal tes IELTS sudah ditetapkan sepanjang tahun oleh masing-masing lembaga penyelenggara. Namun pada umumnya tes selalu diselenggarakan setiap hari Sabtu dan hasilnya akan diterbitkan setelah 13 hari setelah tes pada hari Jumat. Hasil tes bisa dicek secara online dan print out-nya bisa dikirim alamat atau diambil di representative di tiap-tiap kota. Jika Anda sudah memastikan kapan ingin mengikuti tes, maka kami sarankan untuk mendaftar 1-2 bulan sebelumnya karena pada beberapa periode, tes IELTS bisa penuh.

Bagi Anda yang akan segera berangkat kuliah ke luar negeri terutama di Malaysia pastinya selain mempersiapkan tes IELTS juga perlu memiliki apliakasi keuangan yang unggul di bidangnya. Anda bisa mulai menggunakan aplikasi Qelola untuk memudahkan masalah keuangan dan transfer secara mudah dan murah ke Indonesia. Dengan Qelola, masalah study Anda lancar, keuangan Anda juga tidak akan terganggu. Segera miliki aplikasi Qelola di Hp Anda sekarang juga.

Tags: , , , , , , , ,