Terapkan 6 Kebiasaan Ini Agar Uang Tabungan Anda Terus Meningkat

cara meningkatkan uang tabungan

Ada kalanya barang atau sesuatu yang Anda inginkan tidak dapat langsung terbeli, oleh sebab itu menabung menjadi solusinya. Selain itu, uang tabungan yang Anda kumpulkan ini juga bisa jadi uang cadangan atau dana darurat yang bisa dipakai di saat terjadi sesuatu yang tidak sesuai rencana. Tidak semua orang bisa membiasakan diri untuk menabung karena berbagai kendala. Namun, kebiasaan ini juga bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Bagi yang ingin memulainya, lakukan tips di bawah ini agar uang tabungan Anda dapat meningkat jumlahnya secara terus menerus.

Jadikan Kebiasaan Menabung Sebagai Kebutuhan

Memiliki uang tabungan sangat penting untuk kehidupan Anda di masa depan. Oleh sebab itu, kebiasaan menabung seharusnya menjadi prioritas untuk segera dilakukan. Jadikan hal ini sebagai kebutuhan, karena jika suatu hari ada keperluan mendesak atau mendadak, Anda tidak bingung lagi untuk mencari sumber dana tambahan. Jika perilaku menabung ini giat dilakukan, Anda juga akan terhindar dari hutang. 

Tidak Harus Banyak yang Penting Konsisten

Tidak perlu nominal yang banyak untuk memulai menabung. Anda bisa menyisihkan sedikit demi sedikit agar uang tabungan segera terisi. Pada saat Anda menerima upah, segera pisahkan sebagian uang tersebut untuk ditabung. Baru setelah itu Anda bisa menggunakan sisanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari atau membayar berbagai kewajiban seperti membayar listrik, air, BPJS Kesehatan, dan lain-lainnya. Jika Anda disiplin dalam menyimpan uang tabungan maka tujuan Anda bisa segera terpenuhi.

Hentikan Perilaku Gaya Hidup Konsumtif

credit card payment buy sell products service 1150 16379 - Terapkan 6 Kebiasaan Ini Agar Uang Tabungan Anda Terus Meningkat

Sebenarnya segala sesuatu sekarang bisa dibeli dengan mudah, salah satunya dengan mencicil. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mengajukan kartu kredit. Tidak masalah jika barang yang Anda beli secara kredit ini tidak melebihi kapasitas gaji bulanan Anda. Akan tetapi, banyak orang yang jadi gelap mata kemudian kecanduan untuk membeli segalanya menggunakan kartu kredit. 

Pada akhirnya, bukannya puas karena bisa membeli barang-barang yang diinginkan, malah Anda jadi terlilit hutang bahkan harus berurusan dengan debt collector. Jika tidak ingin hal tersebut menimpa Anda, segera hentikan penggunaan kartu kredit untuk membeli sesuatu yang harganya melebihi pendapatan bulanan Anda. 

Baca Juga: Simpel! Begini Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Baik

Mencatat Pengeluaran Bulanan

Agar uang tabungan bisa terus bertambah, cobalah untuk mencatat pengeluaran dan membuat anggaran di setiap bulannya. Anda tentunya sudah tahu pasti pengeluaran rutin apa saja yang biasa Anda keluarkan dalam seminggu atau sebulan kedepan. Maksimalkan anggaran untuk kebutuhan tersebut agar bisa berjalan sesuai rencana. Apabila pengeluaran yang sudah Anda rencanakan ternyata melebihi anggaran yang sudah dibuat maka coba evaluasi lagi kenapa hal tersebut bisa terjadi. Dengan melakukan hal ini, Anda akan terhindar dari perilaku boros dan membeli barang-barang yang sifatnya mubazir.

Meminimalisir Pengeluaran yang Bersifat Mubazir

Saat ini mungkin Anda sering menghabiskan uang untuk kesenangan sesaat seperti nongkrong di mall, jajan di restoran mewah, bolak balik nonton bioskop, dan lain-lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Jika Anda memang berniat ingin uang tabungan meningkat secara drastis, kurangi intensitas kegiatan yang mubazir tadi karena hanya akan membuat gaji Anda habis secara sia-sia. Tidak ada salahnya sesekali Anda memanjakan diri dengan uang hasil keringat Anda sendiri, akan tetapi jangan sampai kebablasan ya!

Menyisihkan Uang dari Setiap Pengeluaran

flat lay earning money concept 53876 30414 - Terapkan 6 Kebiasaan Ini Agar Uang Tabungan Anda Terus Meningkat

Sebelumnya telah disampaikan bahwa uang tabungan akan bertambah secara terus menerus apabila Anda menjadikan perilaku menabung sebagai prioritas. Selalu menyisihkan uang saat gajian diberikan adalah cara yang jitu agar uang Anda aman dari pemborosan. Walaupun sudah ada anggaran sendiri untuk menabung, namun tidak ada salahnya untuk tetap menyisihkan uang dari setiap pengeluaran Anda. Hal ini memang terdengar berat untuk dilakukan, namun jika Anda berhasil menerapkannya, uang tabungan Anda akan semakin menggendut saldonya.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar uang tabungan Anda bisa bertambah secara konsisten. Kebiasaan menabung ini memang harus dimulai dengan niat dan tekad yang kuat. Di tengah jalan pasti akan menemui banyak rintangan yang membuat Anda ingin memakai uang tabungan tersebut untuk kesenangan sesaat. Tetap fokus pada tujuan Anda menabung ya!

Nah, kebiasaan menabung ini harus dibarengi dengan pengelolaan keuangan yang baik. Salah satu cara mengelola uang dengan benar adalah dengan memanfaatkan produk aplikasi finansial yang aman dan terpercaya. Gunakanlah aplikasi Qelola untuk membantu Anda dalam mengatur keuangan bulanan langsung dari ponsel.

Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan yang saat ini sedang naik daun dan banyak digunakan untuk membantu mengatur keuangan bulanan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik seperti transfer uang hingga ke mancanegara. Selain itu, fitur lainnya yang ditawarkan adalah bayar-bayar tagihan bulanan seperti air, listrik, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Kebutuhan pulsa dan kuota internet juga bisa Anda beli melalui aplikasi ini. Bagi penggemar game online, aplikasi Qelola juga menyediakan voucher games. Kelebihan dan manfaat aplikasi Qelola yang sudah disebutkan di atas bisa Anda dapatkan dengan mengunduh aplikasinya di sini.

Tags: , ,