Pembayaran Online Tagihan Listrik dan PDAM, Pakai Aplikasi Saja!

pembayaran online

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Salah satu kebutuhan yang tidak bisa dihindari yaitu pembayaran tagihan listrik, PDAM, BPJS, tagihan telepon rumah, TV langganan, pembelian pulsa, dan masih banyak lagi. Nah, di era serba teknologi seperti sekarang ini, segala kemudahan dapat diperoleh hanya dalam genggaman. Bermodalkan jaringan internet, hampir semua hal dapat dilakukan melalui smartphone. Termasuk bayar berbagai macam tagihan setiap bulannya. Dengan kemajuan teknologi yang didukung dengan smartphone dan internet tersebut, Anda tidak perlu repot lagi untuk urusan bayar tagihan. Karena Anda dapat melakukan pembayaran online menggunakan aplikasi.

Baca juga: Memanfaatkan Layanan PLN dan Tips Bayar Listrik Online

Apa Itu Sistem Pembayaran Secara Online?

pembayaran online 1 - Pembayaran Online Tagihan Listrik dan PDAM, Pakai Aplikasi Saja!

Meskipun saat ini sudah banyak orang yang mulai menggunakan layanan sistem pembayaran online atau internet payment system, namun tidak sedikit dari mereka yang belum mengetahui apa pengertiannya. Internet payment system merupakan layanan transaksi dan pembayaran yang dilakukan secara online atau berbasis server.

Sebenarnya cara pembayaran online sendiri merupakan cara pembayaran yang dilakukan lewat fasilitas internet. Cara tersebut diciptakan agar dapat melayani kebutuhan transaksi Anda supaya lebih nyaman dan mudah, kapan dan di mana saja. Dengan menggunakan alat pembayaran online, maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang tunai atau antri di ATM dan bank. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan layanan tersebut?

Kelebihan

Ada banyak keunggulan dan keuntungan tersendiri yang bisa Anda peroleh selama menggunakan internet payment system, yaitu:

  • Semua transaksi dan pembayaran yang dilakukan saat berbelanja secara online bisa dilakukan dalam waktu yang lebih cepat dan efektif.
  • Internet payment system dapat memenuhi kebutuhan Anda dalam memilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Penggunaan layanan internet payment system lebih meminimalisir terjadinya tindak kejahatan yang banyak terjadi dalam sistem pembayaran tunai. Dengan begitu transaksi dan pembayaran yang dilakukan akan lebih aman dan nyaman.
  • Tidak harus memiliki kartu kredit ataupun semacamnya, Anda sudah bisa melakukan transaksi dengan praktis.

Kekurangan

Sementara kekurangan dari metode pembayaran secara online tentu saja Anda membutuhkan akses internet. Apabila tidak ada jaringan internet, Anda tidak bisa mengakses ke akun online yang Anda miliki untuk melakukan transaksi atau pembayaran. Selain itu, adanya sistem pembatasan jumlah maksimum di rekening jumlah transaksi setiap hari dan juga jumlah output penggunaan juga akan memungkinkan Anda terkena hack.

Macam-macam Metode Pembayaran Secara Online

pembayaran online 2 - Pembayaran Online Tagihan Listrik dan PDAM, Pakai Aplikasi Saja!

Pada era teknologi tinggi seperti saat ini, uang tunai saat ini sedang berusaha untuk bertahan pada kompetisi dengan uang elektronik. Sebab, semakin banyak orang yang lebih memilih untuk mempunyai dompet virtual atau dompet digital.

Ada banyak metode pembayaran secara online yang tersedia di Indonesia. Seperti kartu kredit, bank transfer, BCA klikpay, Mandiri clickpay, cash on delivery, t-cash dan masih banyak lagi. Di antara semua metode pembayaran tersebut, kartu kredit dan bank transfer merupakan dua metode yang paling populer. Meskipun demikian, kegiatan transaksi online yang menggunakan bank transfer masih cukup dominan dipakai di Indonesia jika dibandingkan dengan penggunaan kartu kredit. Namun, semakin berkembangnya teknologi orang-orang sudah mulai bergeser menggunakan aplikasi pembayaran online.

Lancar Bayar Tagihan dengan Qelola

pembayaran online 3 - Pembayaran Online Tagihan Listrik dan PDAM, Pakai Aplikasi Saja!

Selamat! Karena saat ini Anda telah menemukan solusi tepat untuk pembayaran online setiap bulan dengan mudah dan murah via aplikasi. Dengan aplikasi Qelola, Anda tidak hanya dimudahkan untuk bayar tagihan listrik, PDAM, dan tagihan lain yang tidak kalah pentingnya. Selain itu, hanya menggunakan satu aplikasi saja Anda juga dapat mengandalkan Qelola untuk kirim uang dari Malaysia ke Indonesia dengan proses yang cepat dan aman.

Kenapa harus Qelola? Qelola memang hadir untuk memudahkan urusan finansial para masyarakat Indonesia atau para TKI yang ada di Malaysia. Baik itu untuk kepraktisan transaksi, hingga kemudahan-kemudahan lainnya. Namun, Anda juga harus ingat untuk menggunakan layanan Qelola secara bijak, termasuk dalam hal membayar tagihan. Apabila Anda lalai dalam hal ini, bisa-bisa tagihan Anda akan menumpuk dan Anda malah akan terlilit hutang. Pasti Anda tidak mau mengalaminya, bukan?

Qelola sebagai salah satu dompet digital andalan para TKI di Malaysia memiliki sejumlah fungsi dan fitur yang dapat membantu kebutuhan sehari-hari. Salah satunya adalah fitur untuk membayar tagihan listrik dan PDAM. Proses pembayaran tagihan listrik dan PDAM di aplikasi Qelola juga terbilang mudah dan cepat. Untuk mengetahui seperti apa cara membayar tagihan listrik dan PDAM di aplikasi Qelola, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi Qelola di smartphone Anda.
  2. Setelah aplikasi berhasil terpasang, selanjutnya Anda harus melakukan pendaftaran akun secara gratis.
  3. Kemudian, pastikan Anda memiliki saldo di Qelola. Anda dapat mengisinya melalui transfer bank.
  4. Setelah itu, Anda tinggal membuka aplikasi Qelola dan lihat tampilan depan. Pilih menu “Listrik” untuk bayar tagihan listrik, atau “Air” untuk bayar tagihan PDAM.
  5. Selanjutnya masukkan nomor pelanggan, lalu ikuti langkah selanjutnya dan lakukan pembayaran.
  6. Setelah seluruh proses selesai, tagihan Anda dipastikan sudah terbayar.

Bagaimana, sangat  mudah bukan untuk melakukan pembayaran online dengan Qelola? Pastikan Anda segera bergabung dengan para pengguna Qelola lainnya. Jangan tunda lagi! Unduh aplikasinya sekarang.

Tags: , , , , , ,