BPJS Kesehatan, Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Diandalkan

asuransi kesehatan terbaik - BPJS Kesehatan, Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Diandalkan

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih Asuransi Kesehatan terbaik. Mulai dari berapa besar maksimum uang pertanggungan yang dijanjikan, memastikan berapa sehat bisnis perusahaan asuransi tersebut, hingga berapa banyak manfaat layanan kesehatan yang diberikan dan jenis penyakit apa saja yang ditanggung.

Beberapa pertimbangan tersebut mungkin saja menjadi alasan mengapa masih ada banyak orang yang tidak mau membeli asuransi. Padahal Asuransi Kesehatan itu penting, lho. Tidak percaya? Simak beberapa alasan mengapa Anda perlu memiliki Asuransi Kesehatan dan rekomendasi Asuransi Kesehatan terbaik di bawah ini.

Baca juga: Serba-Serbi Jaminan Pensiun BPJS yang Perlu Anda Ketahui

Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Memiliki Asuransi Kesehatan dapat memberikan berbagai manfaat untuk kehidupan Anda. Simak berbagai alasan mengapa Anda perlu memiliki Asuransi Kesehatan berikut ini:

  • Dengan memiliki Asuransi Kesehatan, Anda tidak akan merepotkan keluarga atau kerabat jika Anda terserang penyakit atau harus di rawat di rumah sakit dalam jangka waktu tertentu. Karena biaya perawatan dan pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga Anda tidak perlu khawatir.
  • Biaya kesehatan akan mengalami kenaikan setiap tahun. Jika Anda memiliki Asuransi Kesehatan, maka Anda dapat membiayai biaya perawatan Anda tanpa mengeluarkan biaya yang besar dalam jangka panjang jika Anda terkena penyakit kritis atau harus rawat inap di rumah sakit. Secara umum biaya kesehatan di Indonesia mengalami peningkatan setidaknya sebesar 10% hingga 15% setiap tahunnya. Kenaikan biaya kesehatan tersebut juga tidak diimbangi oleh perhitungan kenaikan gaji. Sehingga resiko kehilangan aset atau mengalami kebangkrutan sangat besar jika Anda terkena penyakit.
  • Semakin dini usia Anda, maka semakin murah premi asuransi yang perlu Anda bayarkan. Penilaian tersebut berdasarkan risiko penyakit kronis yang bisa menimpa Anda.
  • Biaya premi Asuransi Kesehatan terbilang cukup murah apalagi jika Anda ingin mencoba menggunakan Asuransi Kesehatan murni.
  • Adanya sistem Asuransi Kesehatan cashless memungkinkan Anda hanya perlu membawa kartu khusus yang disediakan oleh pihak perusahaan asuransi untuk mempermudah saat melakukan klaim.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

asuransi kesehatan terbaik 2 - BPJS Kesehatan, Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Diandalkan

Setelah Anda sepakat bahwa memiliki Asuransi Kesehatan itu penting, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli asuransi.

  1. Pilihlah jenis Asuransi Kesehatan dengan 0 copayment agar Anda tidak perlu membayar dan dapat menikmati klaim seluruhnya.
  2. Pastikan Asuransi Kesehatan Anda dapat bertahan seumur hidup untuk menikmati perlindungan setiap saat. Selain itu, pilihlah jenis asuransi yang dapat diperpanjang jangka waktunya.
  3. Perhatikan dengan baik masa tunggu penyakit dari asuransi Anda sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik dan semaksimal mungkin. Sebaiknya Anda memilih asuransi dengan masa tunggu yang tidak terlalu panjang.
  4. Yang tidak kalah pentingnya, perhatikan perhitungan biaya kamar rumah sakit yang ada. Sehingga lebih baik mengajukan sebuah polis dengan biaya kamar dan pelayanan yang lebih tinggi agar Anda nyaman saat berada di rumah sakit.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan

asuransi kesehatan terbaik 1 - BPJS Kesehatan, Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Diandalkan

Inilah beberapa rekomendasi produk Asuransi Kesehatan terbaik yang bisa Anda pilih supaya tidak bingung.

  1. Prudential menawarkan produk Asuransi Kesehatan yang beragam. Di antaranya yaitu PRUhospital & surgical cover plus, PRUmed cover, PRUprime healthcare, PRUhospital & surgical cover plus syariah, PRUmed cover syariah, dan PRUprime healthcare syariah. Produk tersebut menawarkan jaminan penggantian biaya rawat inap dan pembedahan. Menariknya, asuransi ini juga dapat digunakan di luar negeri seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan lainnya.
  2. Asuransi Kesehatan Manulife juga menawarkan perlindungan untuk perawatan yang dilakukan di luar negeri. Manulife memberikan manfaat biaya kamar sebesar 3 kali dari plan asuransi yang dipilih jika dirawat di seluruh dunia kecuali Amerika Serikat. Selain itu, Manulife juga memberikan manfaat tambahan untuk rawat jalan, gigi, dan melahirkan untuk pembayaran secara tahunan.
  3. Produk asuransi yang ditawarkan Allianz sangat beragam dan perawatan yang ditanggung juga cukup komprehensif. Selain menyediakan jaminan rawat inap, beberapa produk asuransi Allianz memberikan manfaat tambahan seperti Persalinan, Rawat Jalan, dan Rawat Gigi. Serta memiliki manfaat spesial yaitu penggantian biaya Kemoterapi, Hemodialisis, HIV/AIDS, biaya pemakaman, dan evakuasi darurat serta pemulangan jenazah. Selain itu, ada pula perlindungan menyeluruh terhadap 49 kondisi penyakit kritis pada tahap akhir (advanced) tanpa syarat Survival Period.
  4. Asuransi Kesehatan BNI Life terkenal dengan premi asuransinya yang terjangkau dan menyesuaikan kemampuan bayar Anda sebagai nasabah. BNI Life juga menjanjikan jaringan rumah sakit, apotek, dan laboratorium yang luas di seluruh dunia dengan proses klaim Asuransi Kesehatan yang cepat dan mudah. Selain itu, Asuransi Kesehatan ini juga menyediakan berbagai manfaat tambahan yang lengkap mulai dari rawat jalan, rawat gigi, persalinan, hingga kematian.

BPJS Kesehatan, Andalan Masyarakat Indonesia

asuransi kesehatan terbaik 3 - BPJS Kesehatan, Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Diandalkan

Asuransi Kesehatan milik pemerintah dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Asuransi Kesehatan ini bersifat wajib bagi semua orang yang ada di Indonesia. Termasuk orang asing yang bekerja paling singkat selama 6 bulan di Indonesia. BPJS memberikan manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pelayanan Promotif, Preventif yaitu penyuluhan, imunisasi (BCG, DOT-HB, Polio dan Campak), Keluarga Berencana (kontrasepsi, vasektomi dan tubektomi), dan skrining kesehatan (selektif).
  2. Pelayanan Kuratif dan Rehabilitatif, termasuk obat dan bahan medis, yaitu Rawat Jalan dengan dokter spesialis dan subspesialis, dan Rawat Inap di ruang intensif dan non intensif.
  3. Manfaat Non Medis meliputi akomodasi dan fasilitas ambulans.

Selain manfaat tersebut, terdapat sejumlah keunggulan BPJS dari Asuransi Kesehatan Swasta. Di antaranya adalah:

  1. Biaya iuran yang sangat murah.
  2. Manfaat kesehatan yang lengkap dan terjamin.
  3. Tidak Ada Pre–Existing Condition atau penyakit bawaan.
  4. Proses pendaftaran BPJS Kesehatan yang sangat simpel dan mudah, tidak perlu medical check up.
  5. Tidak ada plafond atau batasan biaya penggantian.

Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Jika budget Anda terbatas, karena premi Asuransi Kesehatan yang mahal, maka BPJS adalah pilihan yang tepat. Memiliki jaminan kesehatan merupakan hal wajib bagi Anda mengingat biaya berobat yang mahal dan semakin mahal setiap tahunnya. Pastikan Anda membayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu agar tidak terkena sanksi. Untuk kemudahan bayar tagihan, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi Qelola. Jangan khawatir biayanya mahal, karena bertransaksi menggunakan Qelola kini gratis. Bayar tagihan ini-itu dari Malaysia, pakai Qelola saja!

Tags: , , , , , , , , ,