Info Jurusan Akuntansi di Malaysia dan Syarat-Syaratnya

jurusan akuntansi

Menentukan jurusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi memang bukan perkara mudah. Bagi sebagian lulusan SMA atau SMK mungkin justru memiliki daftar calon jurusan yang akan dituju dan masih banyak hal yang dipertimbangkan. Salah satu jurusan yang mendapat banyak perhatian adalah jurusan akuntansi dan keuangan. Tidak sedikit para calon mahasiswa yang menginginkan kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri. Karena selain pengalaman dan ilmu yang didapat bisa lebih luas, kesempatan mendapat beasiswa untuk kuliah di luar negeri juga sangat banyak. Satu dari banyak negara yang memiliki kerja sama dengan Indonesia adalah negara Malaysia. Berikut ini adalah info seputar syarat masuk menjadi mahasiswa jurusan akuntansi di Malaysia dan mengapa harus Malaysia.

1.  Materi Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi merupakan jurusan yang mempelajari ilmu untuk mencatat, mengklasifikasikan, kemudian menganalisis semua transaksi keuangan yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan. Semua tahapan tersebut ditulis dalam bentuk laporan keuangan atau pembukuan keuangan yang menaati aturan-aturan dalam akuntansi. Semua proses pencatatan hingga laporan keuangan jadi merupakan salah satu cara penting mengetahui besarnya keuntungan perusahaan, peluang dan resiko perusahaan di waktu yang akan datang, pertimbangan dalam mengambil keputusan, dan lain sebagainya. Itulah kenapa, jurusan akuntansi termasuk dalam jurusan yang dimiliki fakultas ekonomi yang sangat penting dalam dunia ekonomi dan bisnis.

Baca Juga: Intip Mitos & Fakta Kuliah di Luar Negeri Berikut Ini

2.  Manfaat Memilih Kuliah di Malaysia

tie 690084 960 720 - Info Jurusan Akuntansi di Malaysia dan Syarat-Syaratnya

Salah satu alternatif mengambil jurusan akuntansi yang berkualitas adalah dengan kuliah di luar negeri. Jurusan akuntansi sendiri sudah menjadi jurusan favorit banyak pelajar, serta dibutuhkan juga oleh banyak perusahaan, apalagi jika ditambah Anda mengambilnya di universitas luar negeri. Malaysia adalah salah satu negara Asia yang sistem pendidikan tingginya juga berkualitas. Berikut ini adalah manfaat yang Anda dapat jika mengambil kuliah, khususnya jurusan akuntansi, di Malaysia:

a.  Persaingan Masuk Universitas Relatif Rendah

Negara Malaysia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang tidak sebanyak di Indonesia. Jika Indonesia adalah negara urutan ke-4 di dunia untuk jumlah penduduk terbanyak, maka Malaysia hanya ada di urutan ke-6 di Asia. Dari sini menunjukkan bahwa potensi diterima universitas di Malaysia lebih besar daripada di Indonesia. Terlebih lagi dengan kualitas lingkungan pendidikan yang bagus ditambah dengan budayanya masih mirip dengan budaya di Indonesia.

b.  Peluang Mendapat Kerja Lebih Besar

Tidak dapat dipungkiri bahwa lulusan luar negeri memiliki nilai tambah yang dapat menarik perhatian tim HRD perusahaan dalam merekrut Anda. Baik perusahaan Indonesia maupun perusahaan di luar negeri, kemampuan lulusan luar negeri memang sangat diperhitungkan. Karena lulusan luar negeri biasanya memiliki wawasan, sudut pandang, serta koneksi yang lebih luas.

c.  Gaji yang Ditawarkan Lebih Besar

Kuliah di luar negeri terkenal dengan praktek dan teori yang seimbang. Bahkan di Malaysia, beberapa universitas sudah memiliki kurikulum yang melibatkan praktisi berpengalaman sehingga kuliah praktek lebih berkualitas. Hal yang perlu digaris bawahi adalah ilmu akuntansi merupakan ilmu yang membutuhkan banyak praktek dan aplikasi pada laporan keuangan yang baik. Sehingga semakin banyak terjun langsung di dunia bisnis, maka semakin banyak pengalaman. Semakin banyak pengalaman, secara langsung akan semakin meningkatkan nilai tawar Anda kepada calon perusahaan dalam memberikan gaji. Dengan kata lain, kemungkinan Anda mendapat gaji besar lebih terbuka lebar jika Anda lulusan luar negeri, khususnya Malaysia.

d.  Bekal Memulai Bisnis yang Penting

Lulusan jurusan akuntansi berarti ahli dalam masalah mengelola keuangan. Hal ini tentu tidak hanya bermanfaat bagi Anda yang akan menjadi tenaga kerja profesional, namun juga bagi Anda yang ingin memulai bisnis sendiri. Anda sudah memiliki bekal dalam memproyeksikan keuntungan, mengelola modal, dan sebagainya. Terlebih lagi dengan pengalaman internasional yang Anda miliki, bukan tidak mungkin untuk memulai bisnis dengan negara lain kan?

3.  Syarat Kuliah Jurusan Akuntansi di Malaysia

checklist dokumen - Info Jurusan Akuntansi di Malaysia dan Syarat-Syaratnya

Apakah Anda semakin mantap mengambil kuliah jurusan akuntansi di Malaysia? Berikut ini adalah beberapa syarat pokok untuk mengambil kuliah di sana:

  1. Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7 – 9.
  2. Ijazah D3 yang relevan dengan IPK minimal 2,5 (bagi mahasiswa yang akan mengambil ekstensi S1).
  3. Sertifikat IELTS dengan nilai antara 4 – 6,5.
  4. Sertifikat TOEFL dengan nilai antara 450 – 550 untuk PBT atau 40 – 80 untuk iBT.
  5. Serta kualifikasi dan/atau prestasi setara lain yang diakui oleh pemerintah Malaysia.

Persiapkan persyaratan-persyaratan di atas agar Anda diterima di salah satu universitas di Malaysia. Baru setelah Anda diterima, syarat lain seperti paspor, visa pelajar, dan lainnya dapat diurus.

Bagaimana? Apakah Anda semakin tertarik untuk kuliah jurusan akuntansi di Malaysia? Jika ya, maka akan semakin banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari prosedur pendaftaran hingga persyaratan yang harus dipenuhi. Termasuk mempersiapkan kemudahan menerima biaya hidup selama di luar negeri. Salah satu solusinya adalah dengan download dan mulai gunakan aplikasi Qelola. Aplikasi pembayaran dan transfer uang antar negara yang mudah digunakan serta lebih murah biaya transfernya. Ketahui lebih lanjut tentang Qelola di sini.

Tags: , , , ,