Prosedur Mendapatkan Visa Pelajar di Malaysia

Visa Pelajar

Menjadi pelajar di negeri orang merupakan impian dari banyak siswa di Indonesia. Bukan hanya karena kualitas pendidikan yang sangat bersaing, namun juga siswa akan mendapatkan banyak sekali pengalaman baru yang tidak ditemui ketika belajar atau kuliah di Indonesia. Namun demikian, setiap calon mahasiswa perlu memahami, bahwa untuk belajar di negeri orang diperlukan berkas yang disebut dengan visa pelajar.

Tentunya ketika calon mahasiswa ingin belajar ke luar negeri, dalam hal ini Malaysia, calon mahasiswa perlu memahami benar prosedur yang harus dilakukan untuk mendapat visa pelajar. Nah untuk memberikan gambaran, atau mungkin cenderung sebagai panduan, untuk mengurus visa ini, Anda atau calon mahasiswa bisa melihat poin-poin berikut ini.

Persiapkan Berkas dan Dokumen yang Diperlukan

Untitled design327 - Prosedur Mendapatkan Visa Pelajar di Malaysia

Berkas utama yang diperlukan adalah Student Pass Application Form, yang bisa didapatkan setelah Anda dinyatakan diterima di universitas yang ada di Malaysia. Formulir ini kemudian harus Anda isi, dan juga dilengkapi dengan beberapa berkas pelengkap lain, diantaranya:

  • Pas foto ukuran paspor.
  • Fotokopi paspor atau dokumen perjalanan.
  • Surat dari universitas yang menerima Anda.
  • Surat pernyataan kesanggupan secara finansial.
  • Surat keterangan sehat.

Berkas Student Pass Application Form beserta seluruh dokumen pelengkapnya harus sudah Anda kirimkan sebelum Anda berangkat ke Malaysia. Jadi idealnya, ketika Anda sampai di Malaysia nanti Anda sudah memiliki visa pelajar yang bisa digunakan.

Selain melengkapi dokumen-dokumen tersebut, Anda juga perlu melakukan pembayaran administrasi yang disebut Personal Bond. Personal Bond adalah surat tanggungan yang berfungsi sebagai jaminan Anda memenuhi semua syarat keimigrasian yang telah ditetapkan. Ketika studi Anda selesai, maka biaya yang digunakan untuk membayar administrasi ini akan dikembalikan. Besarannya sekitar 500 ringgit Malaysia untuk mahasiswa asal Indonesia.

Visa Pelajar Ketika Sampai di Malaysia

Untitled design326 - Prosedur Mendapatkan Visa Pelajar di Malaysia

Segala berkas yang Anda miliki tadi kemudian dikirimkan kepada institusi yang menerima Anda sebagai mahasiswanya. Selalu periksa kembali apakah universitas atau institusi pendidikan tersebut telah memiliki izin menerima mahasiswa asing dari dinas terkait, agar masa studi Anda tidak terganggu.

Student Pass yang sudah dikirimkan kembali pada Anda kemudian digunakan sebagai bukti valid pada pihak imigrasi Malaysia. Ketika Anda tiba di bagian imigrasi, Anda akan diminta menunjukkan berkas ini untuk mengkonfirmasi maksud dan tujuan kedatangan Anda. Dalam waktu beberapa minggu, paspor yang Anda miliki akan ditempeli student pass beserta visa pelajar sehingga Anda menjadi mahasiswa yang legal di Malaysia.

Idealnya proses ini akan dibantu oleh universitas atau institusi yang yang menerima Anda sebagai mahasiswanya. Ketika Anda sudah aktif berkuliah dengan berbekal paspor dan visa pelajar, Anda wajib melakukan pembaruan setiap tahun. Biayanya cukup murah, hanya sebesar 50 ringgit Malaysia saja untuk masa berlaku 1 tahun belajar di Malaysia.

Kemudahan Mengurus Visa Pelajar di Malaysia

Untitled design324 - Prosedur Mendapatkan Visa Pelajar di Malaysia

Sebagai salah satu negara tetangga yang letaknya sangat dekat dengan Indonesia, Malaysia memiliki aturan yang cukup efektif dalam pengajuan visa pelajar. Hal yang terpenting, bahwa pengajuan visa pelajar di negara ini terbilang sangat mudah karena universitas secara langsung akan membantu calon mahasiswanya untuk mendapatkan visa belajar ini. Ini mengapa kemudian Malaysia banyak dijadikan tujuan belajar, tidak sekedar tujuan TKI dan tujuan wisata saja.

Sekali lagi diingatkan, bahwa universitas yang Anda masuki wajib sudah mendapat izin dari Ministry of Home Affairs untuk menerima pelajar asing. Izin ini bisa dilihat pada situs resmi masing-masing universitas. Biasanya universitas yang sudah mau menerima mahasiswa dari luar negeri sudah memiliki izin ini. Sebab jika melanggar peraturan, maka universitas akan terkena sanksi yang cukup berat dari pemerintah.

Selain kemudahan mengurus berkas yang diberikan oleh negara Malaysia, calon mahasiswa juga cenderung dapat beradaptasi dengan cukup cepat mengingat kemiripan budaya yang dimiliki Indonesia dan Malaysia. Jadi jangan ragu untuk mencoba peruntungan kuliah di Malaysia, siapa tahu Anda atau calon mahasiswa lain bisa mendapatkan kesempatan lanjutan berupa bekerja di Malaysia sebagai tenaga profesional.

Baca Juga: Informasi Universitas Kebangsaan Malaysia: Profil, Jurusan, dan Akomodasi

Mendapatkan visa pelajar di Malaysia memang bukan hal yang sulit jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang cenderung harus menjalani proses panjang dan cukup rumit. Ini mengapa, Malaysia menjadi tujuan kuliah yang cukup populer di kalangan calon mahasiswa Indonesia. Selain itu, biaya kuliah yang tidak terlalu tinggi untuk kelas pendidikan internasional juga jadi daya tarik utama.

Nah, setelah memahami cara mengurus visa pelajar, Anda bisa menyiapkan diri mulai sekarang untuk tes masuk dan berkas yang diperlukan. Ketika Anda sudah di Malaysia nanti, Anda bisa mulai juga memanfaatkan kesempatan bekerja paruh waktu untuk menambahkan pundi-pundi tabungan. Jika masih terdapat sisa, Anda bisa mengirimkannya dengan layanan remitansi berkualitas, Qelola. Qelola siap membantu pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia untuk berbagai tujuan. Unduh aplikasinya di sini, dan jadilah mahasiswa yang sukses di Malaysia!

 

Tags: , , , , , , , , , ,