Ini 7 Alasan Memilih Kuliah Seni Rupa dan Desain di Malaysia

seni rupa dan desain

Para pelajar yang tertarik dalam bidang seni biasanya akan mengambil kuliah di jurusan seni rupa dan desain. Dalam jurusan tersebut, Anda akan mendapatkan ilmu tentang menciptakan, melakukan, dan mengembangkan karya seni sesuai bidang yang Anda pilih. Tak hanya itu, kuliah seni rupa dan desain akan membuat Anda paham tentang sejarah, perkembangan, dan teori terkait seni dan desain. Hal ini tentu bermanfaat bagi Anda yang ingin berkarir di bidang seni dan desain secara profesional.

Bagi Anda yang ingin memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang seni dan desain dengan tingkat internasional, maka memilih kuliah di luar negeri merupakan pilihan tepat. Salah satu negara yang sering dipilih pelajar untuk kuliah jurusan seni rupa dan desain adalah Malaysia. Ada banyak alasan yang menjadikan Malaysia sering dipilih sebagai tujuan studi di luar negeri. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

1.  Kurikulum Berbasis Industri

two female artists collaborating workshop 236854 7445 - Ini 7 Alasan Memilih Kuliah Seni Rupa dan Desain di Malaysia

Salah satu alasan kuliah jurusan seni rupa dan desain di Malaysia adalah kurikulumnya yang berbasis industri. Dalam artian, sebagian besar universitas-universitas di Malaysia yang menawarkan jurusan seni rupa dan desain telah merancang kegiatan perkuliahan yang tidak hanya teoritis namun juga relevan dengan kebutuhan industri. Proses perkuliahan akan mendorong Anda terlibat langsung dengan industri seni dan desain. Hal ini tentu dapat melatih pengetahuan, kemampuan, dan kepercayaan diri Anda agar siap berkarir nantinya.

2.  Pengajar Profesional

Umumnya, pengajar jurusan seni rupa dan desain di Malaysia merupakan para profesional dari industri seni terkemuka. Bila Anda memilih kuliah jurusan tersebut di Malaysia, maka Anda bisa mendapatkan kualitas ilmu dari ahlinya langsung. Secara tidak langsung, ilmu yang Anda peroleh dari pengajar-pengajar profesional tersebut akan membuat Anda mendapatkan pengakuan yang profesional pula. Pengakuan ini tentu berdampak positif bagi karir Anda kelak.

3.  Memiliki Pengalaman Internasional

successful beautiful asian business young woman holding vintage map globe world map hand 1150 10195 - Ini 7 Alasan Memilih Kuliah Seni Rupa dan Desain di Malaysia

Universitas yang menawarkan jurusan seni rupa dan desain di Malaysia biasanya memiliki banyak kegiatan di bidang seni dalam tingkat internasional. Contohnya, kegiatan pertukaran budaya, lokakarya, pameran, pentas seni, dan lainnya. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut, para pelajar dapat memiliki pengalaman internasional selama kuliah.

Tak hanya itu, para pelajar di jurusan ini juga memiliki kesempatan kuliah beberapa waktu di luar negeri seperti Australia, Inggris, Amerika, dan lain sebagainya. Kesempatan seperti itu terjadi karena sebagian besar universitas di Malaysia telah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas di negara-negara tersebut. Pengalaman internasional yang Anda miliki akan memudahkan Anda berkarir di tingkat internasional setelah lulus.

4.  Berpeluang Mendapatkan Dua Sertifikat

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, banyak universitas jurusan seni rupa dan desain yang menjalin kerja sama dengan universitas di negara lain seperti Australia, Inggris, Amerika, dan sebagainya. Kerja sama ini membuat para pelajar berpeluang untuk mendapatkan dua sertifikat kompetensi dari universitas di Malaysia dan dari universitas mitra di negara lain. Hal ini tentu bisa menjadi nilai tambah untuk Anda, terutama saat memasuki dunia kerja tingkat internasional.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah Informasi Seputar Universitas di Malaysia

5.  Kuliah Berkualitas dengan Biaya Lebih Murah

graduation hat glass bottle with stack coins money wtite saving money education 106094 221 - Ini 7 Alasan Memilih Kuliah Seni Rupa dan Desain di Malaysia

Banyak universitas-universitas di Malaysia yang berkualitas dan telah memiliki kualifikasi internasional. Biaya kuliah di Malaysia pun lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kuliah di negara-negara Eropa, Australia, dan Amerika. Dengan demikian, kuliah di Malaysia bisa menjadi keputusan yang tepat. Sebab, Anda bisa mendapatkan kualitas yang sama dengan negara-negara lain dengan biaya yang lebih murah. Sangat menguntungkan bukan?

Terdapat beberapa universitas swasta asing di Malaysia yang menawarkan jurusan seni dan desain. Misalnya, Monash University Malaysia. Anda bisa mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang sama seperti di negara asal yaitu Monash University Australia, dengan biaya yang lebih murah tentunya.

6.  Fasilitas Canggih dan Inovatif

Setiap universitas di Malaysia dengan jurusan seni rupa dan desain akan menyediakan fasilitas yang canggih dan inovatif untuk mahasiswanya. Tersedianya fasilitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan proses perkuliahan di kelas. Dengan adanya fasilitas yang canggih, para pelajar akan memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan secara praktis dalam bidangnya masing-masing.

7.  Prospek Kerja Luas

adolescente pintor chica asiatica sobre pared aislada 1368 48679 - Ini 7 Alasan Memilih Kuliah Seni Rupa dan Desain di Malaysia

Kuliah jurusan seni rupa dan desain, akan jadi apa nanti setelah lulus? Mungkin pertanyaan seperti itu terbesit di benak Anda. Tenang saja, tidak perlu ragu, ada banyak prospek kerja dengan penghasilan yang cukup menjanjikan untuk masa depan Anda. Berikut ini adalah beberapa prospek kerja lulusan jurusan seni rupa dan desain yang bisa Anda jadikan referensi setelah lulus nanti:

  • Seniman Fine Art
  • Ilustrator
  • Desain Grafis
  • Animator
  • Komikus
  • Kurator Seni
  • Aktris/Aktor
  • Desain Interior
  • Perancang Busana
  • Dosen
  • Pengusaha dalam Bidang Seni

Bagaimana? Apakah Anda sudah memiliki gambaran untuk kuliah jurusan seni dan desain di Malaysia? Apapun jurusan kuliah yang Anda pilih di Malaysia, selalu lakukan persiapan yang matang agar rencana Anda berjalan lancar. Jangan lupa juga untuk selalu disiplin dalam mengelola keuangan. Bagaimanapun, topik pendidikan selalu berkaitan dengan bahasan mengenai pengelolaan keuangan bukan?

Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, Anda bisa menggunakan layanan keuangan Qelola sebagai solusinya. Dengan berbagai fitur menarik, transaksi dan pengelolaan keuangan Anda selama menempuh pendidikan di Malaysia akan berjalan semakin mudah. Melalui Qelola, transaksi pengiriman dan penerimaan uang dari Malaysia ke Indonesia dapat dilakukan secara cepat dengan biaya terjangkau. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati manfaat dari berbagai fiturnya sekarang juga!

Tags: , , , , , , ,