Butuh Oleh-Oleh Khas dari Malaysia? Ini Daftarnya

Oleh Oleh Malaysia

Jalan-jalan ke luar negeri tentu tidak akan lengkap jika pulang tidak membawa oleh-oleh khas negara tersebut. Terlebih lagi jika Anda memiliki banyak saudara di tanah air dan ingin berbagi kebahagiaan dengan mereka. Sehingga meski tidak wajib, oleh-oleh tetap menjadi hal yang penting. Salah satu oleh-oleh yang ditunggu adalah dari negara tetangga, Malaysia. Kenapa? Karena makanan khas Malaysia yang bisa dijadikan oleh-oleh memiliki rasa yang tidak mengecewakan dan bahkan menjadi favorit bagi sebagian orang. Selain itu, kerajinan tangan khas Malaysia juga berkualitas dan memberikan kenangan ketika jalan-jalan di Malaysia. Maka simak oleh-oleh terkenal dan khas dari Malaysia berikut, siapa tau salah satu diantaranya adalah pesanan kerabat dekat Anda.

1.  Makanan Olahan Durian

Jika keluarga atau orang-orang di sekitar Anda adalah penggemar buah durian, maka makanan khas ini bisa dijadikan buah tangan dari Malaysia. Karena olahan durian di Malaysia tak kalah bervariasi dengan olahan durian di Indonesia. Produknya mulai dari kue, permen, hingga yang paling terkenal coklat durian. Terlebih lagi coklat rasa durian dengan merek Beryl’s yang banyak dicari wisatawan. Selain varian produk yang beragam tersebut, olahan durian juga mudah ditemukan di berbagai supermarket atau toko kue di Malaysia.

2.  Tau Sar Piah

Makanan ringan yang bentuknya seperti nastar dan bakpia Jogja ini memiliki rasa yang bisa dibilang mirip dengan bakpia. Kulit pastrynya yang gurih dengan isian yang beragam membuat cemilan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Anda dapat memilih isian mulai dari kacang hijau, kacang merah, pandan, dan lain-lain. Tau Sar Piah juga tidak sulit ditemukan karena tersedia di hampir semua toko besar di Malaysia yang menyediakannya. Jika Anda sedang berlibur di Penang, maka Anda dapat sekaligus mengunjungi toko tertua yang menjual Tau Sar Piah lebih dari 100 tahun, yaitu Gee Hiang.

3.  Old Town Coffee

Old Town White Coffee adalah restoran terbesar di Malaysia yang telah menciptakan campuran kopi instan sejak 1999. Sejak itu, mereka telah mendistribusikan produk mereka ke 13 negara di seluruh dunia. Old Town telah menyempurnakan kopi mereka dengan campuran 3 biji kopi premium yang telah diuji dan berhasil menciptakan kopi yang kaya akan rasa. Anda dapat membeli produk Old Town White Coffee dalam berbagai varian rasa seperti hazelnut, mocha, cane sugar, dan masih banyak lagi. Jangan sampai Anda melewatkan oleh-oleh yang satu ini untuk keluarga atau teman kerja Anda yang gemar minum kopi. Anda bisa menemukan produk kopi ini di supermarket atau langsung datang ke Old Town Cafe dengan harga yang terjangkau.

WhatsApp Image 2018 01 04 at 09.23.50 - Butuh Oleh-Oleh Khas dari Malaysia? Ini Daftarnya

Sumber: oldtown.co.id

4.  Batik Malaysia

Jika Anda ingin oleh-oleh yang berupa barang-barang agar lebih lama disimpan, maka jangan sampai melewatkan batik Malaysia. Meskipun hampir sama dengan batik Indonesia, batik Malaysia tetap memiliki motif yang khas dan berbeda. Sehingga Anda bisa menjadikan batik Malaysia ini sebagai oleh-oleh untuk bibi atau ibu-ibu tetangga. Anda dapat menemukan batik Malaysia dalam berbagai harga dan kualitas. Mulai dari kualitas tinggi sebagai oleh-oleh untuk atasan, hingga kualitas menengah yang bisa dibeli dalam jumlah banyak. Jika Anda sedang liburan di Penang, batik Malaysia disediakan di Campbell Street. Sedangkan jika Anda sedang ada di Kuala Lumpur, datanglah ke Petaling Street untuk membelinya.

5.  Produk Kerajinan Timah

Barang khas Malaysia lainnya adalah kerajinan tangan yang berasal dari timah. Bahkan pengrajin timah terbesar di dunia salah satunya ada di Royal Selangor, Malaysia. Barang-barang yang dihasilkan pun beragam, mulai dari barang pakai seperti gelas, piring, hingga benda penghias ruangan seperti vas bunga, miniatur hewan, miniatur Twin Tower, dan sebagainya. Barang-barang tersebut dibuat dengan ukiran yang sangat detail dan cantik. Tidak lupa dalam setiap ukirannya tentu menggambarkan budaya dari Malaysia itu sendiri. Jika Anda sedang berkunjung ke obyek wisata Royal Selangor, tentu Anda bisa membelinya langsung di situ. Tapi jangan kuatir jika tidak bisa datang ke Royal Selangor, karena di Bandara Kuala Lumpur pun ada toko yang menjual.

6.  Songket Malaysia

303011643f1b1bf0c14b8f5ec2fd6414 - Butuh Oleh-Oleh Khas dari Malaysia? Ini Daftarnya

Sumber: pinterest.com

Oleh-oleh dari Malaysia berupa benda yang masuk dalam kategori premium juga ada lho, yaitu songket Malaysia. Kain songket khas Malaysia ini dibuat dari tenunan sutra dan katun yang melalui proses khusus. Benang yang digunakan saja berasal dari emas atau perak. Sehingga kain ini sangat cocok dikenakan pada acara-acara formal serta sesuai jika Anda ingin memberi hadiah kepada pimpinan. Songket Malaysia dapat Anda temukan di Kuala Lumpur, tepatnya di Central Market, Kompleks Kraftangan, atau di Langkawi. Anda tinggal memilih lokasi mana yang dekat dengan hotel atau obyek wisata tertentu.

Baca Juga: 3 Info Menarik tentang Central Market Kuala Lumpur

Sudah lengkap bukan? Anda dapat membawa pulang makanan khas sekaligus benda-benda unik untuk dijadikan kenang-kenangan. Oleh-oleh tidak hanya untuk menyimpan kenangan, namun juga berbagi kebahagiaan dan pengalaman selama di negara lain bersama keluarga di tanah air. Tidak terkecuali oleh-oleh dari Malaysia. Jadi oleh-oleh tidak dilihat dari jauh atau dekatnya negara asal buah tangan tersebut, namun kenangan di dalamnya.

Bicara soal Malaysia, saat ini ada aplikasi keuangan yang akan membantu Anda ketika liburan di Malaysia. Aplikasi yang bernama Qelola ini akan membantu Anda membayar tagihan rutin yang ada di Indonesia langsung dari Malaysia. Bahkan langsung dari ponsel pintar Anda. Sehingga tidak ada lagi cerita liburan terganggu dengan tagihan iuran BPJS, dan sebagainya. Ingin tahu lebih lanjut tentang Qelola? Cek di sini. Jangan lupa juga download aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , ,