Temukan Wisata Alam Paling Menarik di Penang Malaysia

Pemandangan alam Penang Malaysia

Penang adalah negara bagian Malaysia yang terletak di pantai barat laut Semenanjung Malaysia, dekat Selat Malaka. Dengan total luas daratan hanya 1.048 km2 (405 sq mi), Penang adalah negara terkecil kedua di Malaysia setelah Perlis. Penang, terletak di garis pantai barat laut Semenanjung Malaysia, terletak di antara garis lintang 5,59° dan 5,12° N, dan garis bujur 100,17° dan 100,56° BT. Negara bagian ini terdiri dari Pulau Penang, Seberang Perai (jalur sempit Semenanjung Melayu) dan beberapa pulau kecil. Ibukotanya yaitu George Town terletak di ujung timur laut Pulau Penang.

Populasi Penang Malaysia mencapai hampir 1,767 juta pada 2018.  Ia memiliki kepadatan populasi tertinggi di negara Malaysia dan merupakan salah satu negara bagian yang paling terurbanisasi.  Populasinya yang heterogen sangat beragam dalam hal etnis, budaya, bahasa dan agama. Selain dari tiga ras utama, Melayu, Cina, dan India, Penang adalah rumah bagi komunitas Eurasia, Siam, dan ekspatriat yang signifikan. George Town juga merupakan tempat Situs Warisan Dunia UNESCO. Seorang penduduk Penang dikenal dengan bahasa Penangite atau Penang Lâng (dalam Penang Hokkien).

Dikenal sebagai Lembah Silikon Timur untuk industrinya, Penang adalah salah satu kekuatan ekonomi paling vital di Malaysia.  Penang memiliki Produk Domestik Bruto tertinggi per kapita di antara semua negara bagian Malaysia dan dianggap sebagai ekonomi berpenghasilan tinggi. Selain itu, Penang mencatat Indeks Pembangunan Manusia ketiga tertinggi di negara itu, setelah Kuala Lumpur dan Selangor. Sejalan dengan itu, negara bagian ini memiliki populasi yang berpendidikan relatif tinggi, dengan tingkat melek huruf kaum muda 99,5% pada 2014.

Selain kelebihan dari sektor sumber daya manusianya, Penang juga memiliki kelebihan sumber daya alam yang indah. Beberapa tempat wisata alam yang cantik di Penang akan sangat sulit dilewatkan begitu saja saat Anda bepergian ke sana. Sebagai referensi wisata, di bawah ini akan kami bagikan beberapa tempat wisata alam yang cantik di Penang Malaysia.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Gratis di Penang yang Wajib Anda Tahu

Tempat Wisata Alam Cantik di Penang Malaysia

Taman Botani Penang

taman botani - Temukan Wisata Alam Paling Menarik di Penang Malaysia

Tempat Menarik di Penang Malaysia ini menghadirkan nuansa yang berbeda dari beberapa kawasan wisata di Malaysia lainnya. Waktu paling tepat untuk mengunjungi kawasan ini adalah pagi hari dan sore hari. Dimana, wisatawan bisa menikmatinya dengan jalan-jalan menyusuri setiap sudut kawasan di kaki bukit penang.

Semua pesona yang dihadirkan di sini selalu menyejukkan mata. Kawasan ini juga disebut dengan nama Taman Monyet. Ada begitu banyak monyet-monyet yang berkeliaran di tempat ini. Suasana dan nuansanya yang sejuk selalu menghadirkan rasa nyaman. Semilir angin yang berhembus dalam iklim tropis juga membuat ketenangan dan kedamaian. Senja yang cantik selalu menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang datang dan menikmati waktunya dengan berolahraga atau berdiam diri di taman ini.

Tropical Fruit Farm

19 - Temukan Wisata Alam Paling Menarik di Penang Malaysia

Bagi Anda yang suka dengan berbagai macam buah. Mungkin Tropical Fruit Farm ini adalah tempatnya. Di sini wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai macam jenis buah-buah tropis yang bisa dibeli dan dicoba. Waktu yang paling baik untuk mengunjungi kawasan ini adalah waktu panen atau berbuah. Pada musim ini wisatawan bisa menikmati buah-buahan secara gratis. Di Tropical Fruit Farm Penang Malaysia Anda bisa merasakan kesegaran dari buah yang bisa langsung di petik di ladang. Menyenangkan sekali bukan, seperti panen sendiri di rumah. Tersedia juga jus buah yang bisa dinikmati setiap saat.

Taman Kupu-Kupu Entopia

taman kupu kupu penang - Temukan Wisata Alam Paling Menarik di Penang Malaysia

Tempat wisata cantik di Penang Malaysia ketiga adalah Taman Rama Entopia atau disebut juga dengan taman kupu-kupu. Disini, wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai macam kupu-kupu dari berbagai spesies. Taman-taman nan cantik juga menjadi tambahan sajian yang tidak akan terlupakan. Disini pula wisatawan bisa melihat bagaimana kehidupan kupu-kupu ini melalui berbagai macam video yang cukup menarik.

Waktu yang paling baik untuk mengunjungi taman ini adalah pada pukul 811 siang karena pada waktu tersebut kupu-kupu sedang berada pada masa aktif. Ketika kupu-kupu dalam masa aktif, Anda bahkan bisa merasakan binatang tersebut terbang mendekati tubuh Anda. Namun jika di luar masa aktif mungkin Anda hanya bisa menikmati pemandangan kupu-kupu berkumpul di sarangnya.

Pantai Batu Feringgi

wisata pantai penang - Temukan Wisata Alam Paling Menarik di Penang Malaysia

Tempat wisata menarik di Penang selanjutnya adalah kawasan pantai paling terkenal di Malaysia. Dimana, banyak wisatawan yang datang dan menyaksikan keindahan kawasan ini. Objek wisata di penang ini memiliki suguhan yang tidak boleh dilewatkan terutama soal air. Parasailing, jetski, banana boat, dan berbagai macam wahana lain tersedia di sini. Ombaknya yang begitu tenang, membuat wisatawan bisa menjadikan tempat ini sebagai objek untuk mandi atau sekedar duduk di pasir pantai dan menikmati riuhnya angin sepoi-sepoi.

Sambil menikmati pemandangan pantai, Anda bisa mencicipi beberapa sajian menu makanan lokal dari tempat makan setempat. Oleh karena itu, jangan heran bila kebanyakan warung yang berdiri menyuguhkan makanan khas Penang yang bisa menggoyang lidah tanpa henti. Bagi Anda wisatawan yang berasal dari luar Penang wajib mencoba.

Setelah mengetahui beberapa wisata alam di Penang Malaysia tadi, apakah Anda semakin tertarik untuk mengunjunginya? Jika Anda sudah memutuskan untuk berlibur di Penang, jangan lupa juga untuk menyiapkan budget-nya. Saat ini Anda tidak perlu khawatir dengan fleksibilitas keuangan Anda selama bepergian ke Malaysia. Qelola akan membantu masalah keuangan Anda. Dengan Qelola Anda akan mudah melakukan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Tentu saja dengan biaya yang sangat murah. Download aplikasinya untuk mencoba berbagai fitur yang tersedia sekarang juga.

Tags: , , , , , , ,