5 Kue Malaysia Ini Juga Akrab di Lidah Orang Indonesia Lho!

kue tradisional

Memiliki banyak persamaan dalam bahasa dan budaya menjadikan Indonesia dan Malaysia dikatakan satu rumpun. Ya, selain letak geografis yang berdekatan, kedua negara ini banyak memiliki persamaan, bahkan pada kuliner kuenya. Kue Malaysia dan Indonesia ternyata sangat mirip baik dari segi bentuk, rasa, dan bahannya. Namun, hanya namanya saja yang berbeda. Deretan sajian khas Malaysia ini pasti sudah pernah Anda cicipi sebelumnya. Ingin tahu apa saja? Simak informasinya berikut ini.

Kue Malaysia yang Mirip dengan Kue-Kue Indonesia

Orang Malaysia sendiri menyebut kue dengan istilah kuih. Nah kuih atau kuih Malaysia yang mirip dengan kue buatan Indonesia ini didominasi dengan makanan tradisional. Mungkin Anda tak pernah menyangka sebelumnya, bahwa kue-kue Indonesia ini ternyata juga ada di Malaysia. Apa saja ya? Intip ulasannya berikut ini.

  • Kue Serabi

kue malaysia 4 700x470 - 5 Kue Malaysia Ini Juga Akrab di Lidah Orang Indonesia Lho!

Sumber: bisniswisata.co.id

Bagi Anda yang tinggal di Jawa pasti sudah tidak asing ya dengan kue serabi ini. Serabi atau yang juga disebut surabi di Indonesia ini ada dua jenis yaitu khas Jawa Barat dan khas Solo. baik kue serabi yang ada di Jawa Barat atau pun Solo memiliki ciri khas tersendiri. Untuk kuih serabi yang ada di Malaysia penampakkan dan rasanya lebih menyerupai kue Serabi khas Solo. Kue serabi Solo cenderung bercita rasa manis dan biasanya diberi taburan meses atau keju. 

Berbeda dengan kue serabi khas Jawa Barat yang rasanya dominan asin dan gurih karena dibubuhi oncom di dalamnya. Kue serabi di Malaysia sendiri biasanya polosan tanpa ada taburan atau topping di atasnya dan disajikan dengan gula merah. Uniknya di salah satu kota di Malaysia yaitu Penang, kue serabi malah lebih familiar disebut dengan Kuih Mayat.

  • Kue Cucur

kue malaysia 3 e1590414308697 - 5 Kue Malaysia Ini Juga Akrab di Lidah Orang Indonesia Lho!

Sumber: notepam.com

Kue tradisional selanjutnya yang menyerupai kuih Malaysia adalah kue cucur. Kue yang terbuat dari tepung beras, terigu, gula merah, air, dan gula pasir ini umumnya berwarna coklat dan hijau. Rasa dari kue ini sangat manis dan teksturnya kenyal. Menariknya, di Negeri Jiran, kue ini memiliki beberapa julukan yaitu kuih pinjaram dan kue UFO. Jika Anda berkunjung ke negara Malaysia, kuih pinjaram ini akan banyak Anda temui di wilayah Sabah.

  • Kue Klepon

kue malaysia e1590414358392 - 5 Kue Malaysia Ini Juga Akrab di Lidah Orang Indonesia Lho!

Sumber: pegipegi.com

Siapa sih yang tidak tahu kue klepon? Kue bulat berwarna hijau dibalut parutan kelapa dan berisi gula jawa ini sangat populer di Indonesia. Ternyata, kue ini juga ada di Malaysia lho! Kue yang terbuat dari tepung beras ini lebih populer dengan nama onde-onde di Malaysia. Padahal di Indonesia sendiri juga ada kue yang bernama onde-onde namun bentuknya berbeda. Kalau di Indonesia kue klepon ini berasal dari Jawa, kuih onde-onde Malaysia berasal dari wilayah Melaka. Orang-orang Malaysia pun juga menyebut kuih onde-onde ini dengan nama buah Melaka.

  • Kue Dadar Gulung

kue malaysia 2 - 5 Kue Malaysia Ini Juga Akrab di Lidah Orang Indonesia Lho!

Sumber: indozone.id

Saat mengunjungi pasar tradisional di Indonesia tentunya banyak yang menjual kue dadar gulung. Kue yang jadi favorit orang Indonesia ini memang memiliki rasa yang menggugah selera. Terbuat dari adonan tepung terigu dan santan pada kulitnya membuat kue ini terasa sangat legit di setiap gigitan. Campuran kelapa parut dan gula jawa pada isiannya menambah citarasa kue ini semakin nikmat. Di Malaysia sendiri, kue ini populer dengan sebutan kuih ketayap. Memiliki bahan, bentuk, dan citarasa yang sama, pembeda kue ini hanya isian gulanya. Kalau di Indonesia isiannya adalah campuran gula jawa, di Malaysia isiannya adalah gula melaka.

  • Kue Mangkok

kue malaysia 700x492 - 5 Kue Malaysia Ini Juga Akrab di Lidah Orang Indonesia Lho!

Sumber: mixerroti.id

Kue basah lainnya yang kental dengan nuansa Indonesia adalah kue mangkok. Bentuknya yang bulat dan merekah memiliki berbagai variasi warna seperti putih, hijau, coklat, dan merah muda. Sama dengan kue-kue tradisional yang sudah disebutkan sebelumnya, kue mangkok ini juga berbahan dasar tepung beras. Hanya saja selain gula pasir dan gula jawa, kue ini juga ditambah dengan tape. Kue Mangkok di Malaysia dijuluki dengan nama kuih apam. Kuih apam ini sedikit berbeda bahan dasarnya karena menambahkan es krim soda di dalamnya.

Baca Juga: Berikut Ini Oleh-Oleh Unik yang Wajib Dibawa dari Malaysia

Itu tadi beberapa kue negara Malaysia yang sangat mirip dengan kue tradisional yang ada di Indonesia. Baik di Indonesia maupun Malaysia, kue-kue ini juga sangat populer dan jadi favorit bagi pecinta kuliner kue-kue basah. Bahkan kue Malaysia ini juga cukup populer di daerah-daerah tertentu di sana. 

Nah, tidak hanya kue saja yang populer hingga ke Indonesia. Namun ada lagi hal menarik lainnya di Malaysia yaitu aplikasi transfer uangnya. Karena banyak warga negara Indonesia yang menjadi TKI di Malaysia, maka dibuatlah sebuah aplikasi transfer uang khusu untuk TKI di Malaysia yang bernama aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola adalah aplikasi yang bisa dipakai untuk melakukan pengiriman ke tanah air tanpa harus mengantri di bank. Anda bisa mengunduh aplikasinya melalui ponsel dan melakukan transaksi kirim uang secara online. Selain untuk melakukan transaksi pengiriman uang, aplikasi Qelola juga bisa dipakai untuk membayar berbagai tagihan di tanah air seperti tagihan listrik, air, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan pembelian pulsa hingga kuota internet hanya sekali klik langsung dari HP. Cukup menarik bukan? Segera unduh aplikasinya dan rasakan kemudahan mengirim uang dan bayar-bayar tagihan ke Indonesia dari mana saja dan kapan saja.

Tags: , , , , , , , , , ,