Mencari Akomodasi Malaysia untuk Tinggal dan Kuliah

Akomodasi Malaysia

Sekolah di luar negeri tidak hanya menyoal proses belajar mengajar serta praktek ilmu yang didapatkan, namun juga tak terlepas dari urusan lain seperti tempat tinggal, makan, adaptasi dengan lingkungan, serta bersosialisasi. Mendapatkan akomodasi Malaysia harus jadi prioritas utama ketika Anda mengenyam pendidikan di negara ini. Jika tidak, Anda mungkin akan kerepotan karena bingung tidak memiliki tempat bernaung.

Jika Anda mungkin memiliki teman atau kerabat, mungkin masalah akomodasi Malaysia yang Anda perlukan ketika kuliah di negara ini bukan persoalan besar. Anda bisa menumpang di kerabat, atau menyewa kamar pada teman Anda. Namun demikian tidak semua orang memiliki keuntungan ini. Jadi penting untuk Anda, khususnya yang harus mencari tempat tinggal sendiri menyimak penjelasan yang ada di bagian berikutnya.

Memanfaatkan Akomodasi Malaysia di Dalam Kampus

Untitled design331 - Mencari Akomodasi Malaysia untuk Tinggal dan Kuliah

Sebagian besar kampus yang memiliki izin untuk menerima mahasiswa dari luar negeri memiliki fasilitas akomodasi Malaysia yang tersedia di kampus. Kamar atau rumah dapat digunakan dengan membayar uang sewa tertentu, tergantung fasilitas dan ukuran properti yang disediakan. Idealnya, Anda dapat menggunakan fasilitas yang tersedia ini sebagai pilihan utama.

Untuk harga, sangat menyesuaikan dengan kelengkapan fasilitas yang disediakan dalam properti tersebut. Idealnya, kisaran harga sewa setiap bulan berada pada angka 350 ringgit Malaysia hingga 650 ringgit Malaysia per bulan. Namun Anda harus cepat dalam membayar dan menempati fasilitas ini, sebab fasilitas tempat tinggal di dalam kampus banyak menjadi incaran.

Akomodasi Malaysia di dalam kampus ini diincar karena Anda dapat menghemat biaya transportasi yang harus dialokasikan jika tempat tinggal Anda berada di luar kampus. Jadi, sesaat setelah Anda mendapatkan kepastian diterima di perguruan tinggi yang ada di negara ini, segeralah mencari informasi terkait tempat tinggal di dalam kampus yang tersedia untuk mahasiswa asing.

Akomodasi di Luar Kampus

Untitled design330 - Mencari Akomodasi Malaysia untuk Tinggal dan Kuliah

Seperti halnya di Indonesia, fasilitas penyewaan kamar atau rumah secara bulanan juga tersedia di Malaysia. Ketika Anda tidak mendapatkan fasilitas di dalam kampus, properti ini bisa menjadi pilihan untuk tempat tinggal. Tentu saja, harga juga akan tergantung dengan lokasi, fasilitas, ukuran properti, keberadaan fasilitas umum, serta harga tempat tinggal di lokasi sekitar.

Ada 3 properti yang dapat Anda pilih, yakni kamar indekos, apartemen, dan rumah. Tentu yang paling ekonomis adalah kamar indekos, karena ukurannya yang tergolong cukup dan fasilitas yang memadai. Jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa memilih di apartemen atau mungkin menyewa rumah bersama dengan teman-teman Anda.

Untuk harganya, indekos akan berkisar antara 250 ringgit Malaysia hingga 400 ringgit Malaysia. Sedangkan apartemen, berada di kisaran harga 700 hingga 1.500 ringgit Malaysia. Untuk rumah sewa dua lantai kisaran harganya adalah 1.200 hingga 2.000 ringgit Malaysia. Cukup beragam bukan? Anda bisa menyesuaikan pilihan dengan melihat kondisi keuangan dan alokasi budget untuk tempat tinggal.

Sistem Pembayaran Sewa

Untitled design329 - Mencari Akomodasi Malaysia untuk Tinggal dan Kuliah

Jika di Indonesia biasanya sewa dibayarkan setiap bulan, atau 3 bulan sekali, 6 bulan sekali atau per tahun, maka di Malaysia pembayaran biaya sewa sedikit berbeda. Anda akan diminta uang muka sebesar 2 atau 3 kali biaya perbulan sebagai jaminan bahwa Anda tak akan pergi. Selain itu, terdapat durasi minimal yang ditetapkan, misalnya 3 bulan atau 6 bulan yang harus dibayar setiap bulannya.

Jika beruntung mungkin saja Anda mendapat persewaan akomodasi Malaysia yang bisa dibayar setiap bulan tanpa batas minimal sewa. Namun demikian, uang muka 2 sampai 3 kali biaya sewa harus tetap dibayarkan karena ini sudah menjadi semacam prosedur tetap yang diterapkan di hampir seluruh wilayah Malaysia.

Baca Juga: Pilihan Rumah Sewa Penang untuk Tempat Tinggal

Referensi untuk tempat tinggal di Malaysia bisa Anda cari dengan memanfaatkan beberapa situs yang memberikan informasi tempat tinggal yang tersedia di wilayah tertentu. Anda tinggal mengunjungi situsnya, memasukkan alamat yang diinginkan, kemudian cari properti yang cocok dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Cukup sederhana, namun penggunaan situs seperti ini dapat menghemat banyak waktu Anda dalam mencari tempat tinggal.

Menjadi mahasiswa di luar negeri, dalam hal ini Malaysia, memang cukup banyak dipilih. Selain menawarkan jurusan unggulan serta kualitas pendidikan yang baik, kemiripan budaya jadi faktor penarik lain. Mahasiswa Indonesia yang kuliah di Malaysia cenderung mudah beradaptasi karena budayanya tidak jauh berbeda dengan negara Indonesia.

Memahami cara dan tips mencari akomodasi Malaysia ketika Anda berkuliah di sana adalah hal penting yang harus diutamakan. Tentu, pendidikan juga memerlukan biaya untuk tetap berjalan. Anda bisa mencari pekerjaan sambilan untuk menambah bekal setiap bulan dari berbagai profesi yang dapat menerima mahasiswa sebagai pekerja resminya. Jika masih ada sisa, Anda bisa mengirimkannya kepada keluarga yang di Indonesia dengan menggunakan Qelola. Layanan remitansi yang satu ini dapat membantu pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia dengan cepat dan efektif. Ke depan, seiring pengembangannya, Qelola akan dapat memfasilitasi pengiriman dua arah antara Indonesia dan Malaysia. Unduh aplikasinya di sini, dan selamat menempuh pendidikan di Malaysia!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,