Perlukah Melakukan Cek Kesehatan Walaupun Tubuh Sehat?

Cek Kesehatan

Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini juga perlu disertai dengan melakukan cek kesehatan secara rutin. Meski banyak yang merasa bahwa cek kesehatan tidak diperlukan ketika berada dalam kondisi sehat, nyatanya melakukan pengecekan secara rutin juga direkomendasikan oleh dokter dan ahli kesehatan.

Mungkin sejenak Anda bertanya di dalam hati, mengapa pemeriksaan berkala diperlukan? Bukankah jika badan sehat dan bugar, tidak ada yang perlu dikhawatirkan? Nah, jika Anda berpikir demikian, mungkin Anda harus membaca artikel ini hingga selesai. Terdapat beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan agar memahami urgensi cek kesehatan secara rutin.

Manfaat Cek Kesehatan Secara Rutin

Untitled design302 - Perlukah Melakukan Cek Kesehatan Walaupun Tubuh Sehat?

Berbagai penyakit serius sering kali baru diketahui setelah berada pada stadium lanjut yang sulit disembuhkan. Jika saja Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, Anda dapat mendeteksi penyakit yang mungkin ada dalam diri Anda dan menyikapinya dengan lebih bijak.

Selain itu, berikut beberapa manfaat melakukan medical check up secara rutin untuk Anda.

Antisipasi Berbagai Penyakit Tidak Bergejala

Banyak sekali penyakit berat yang tidak menunjukkan gejala ketika awal Anda mengalaminya. Hal ini semata karena daya tahan tubuh yang baik. Namun demikian, tidak berarti Anda bisa menyepelekan penyakit ini. Lambat laun penyakit bisa tumbuh dan menggerogoti kesehatan dari dalam tanpa terdeteksi.

Melakukan cek kesehatan secara rutin dapat membuat Anda mengetahui kondisi kesehatan Anda secara umum. Anda bisa melihat apa saja potensi penyakit yang mungkin ada, meminta pertimbangan dan rekomendasi dari dokter, serta segera memperbaiki pola hidup agar kondisi badan segera kembali ke kondisi normal.

Biaya Kesehatan yang Lebih Terjangkau

Jika secara harfiah mungkin Anda berpikir bahwa cek kesehatan secara rutin akan membuat biaya kesehatan Anda tinggi. Padahal, ketika Anda mengetahui secara detail kondisi kesehatan, Anda bisa melakukan berbagai langkah pencegahan yang diperlukan sehingga potensi penyakit benar-benar dapat diminimalisir efeknya.

Memang memeriksakan kondisi tubuh secara menyeluruh bukan perkara yang memakan biaya murah. Namun demikian jika dihitung akan jauh lebih ekonomis jika Anda melakukan pemeriksaan rutin ini daripada harus menghadapi resiko dan potensi penyakit parah yang sewaktu-waktu menjadi parah dan memerlukan perawatan lebih serius.

Poin yang Akan Diperiksa Ketika Check Up

Untitled design303 - Perlukah Melakukan Cek Kesehatan Walaupun Tubuh Sehat?

Ketika melakukan cek medis secara lengkap, Anda harus memastikan beberapa hal berikut untuk diperiksa. Pertama, adalah cek tekanan darah, lalu kolesterol, fungsi ginjal, fungsi hati, fungsi paru, fungsi jantung, dan juga hematologi. Untuk Anda yang berusia lebih tua, Anda juga wajib melakukan pemeriksaan atas tanda stroke, diabetes, demensia, serta penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Ketika melakukan cek kesehatan ini, Anda juga dapat meminta rekomendasi pola makan dan pola hidup sehat yang sesuai. Kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda dan cenderung unik, meski ada satu pola ideal yang dijadikan patokan. Dengan mengetahui pola hidup sehat dan pola makan yang sesuai, Anda bisa menjaga kondisi kesehatan dengan lebih optimal.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Cek Kesehatan

Untitled design304 - Perlukah Melakukan Cek Kesehatan Walaupun Tubuh Sehat?

Secara ideal, cek kesehatan secara menyeluruh dapat Anda lakukan setiap satu tahun sekali. Dengan catatan selama satu tahun tersebut Anda merasa badan cukup sehat dan bugar. Jika dalam kurun waktu satu tahun Anda pernah mengalami penyakit, jumlah pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang dilakukan akan menyesuaikan dengan kondisi.

Untuk usia yang lebih tua, misalnya 40 tahun hingga 70 tahun atau lebih, setidaknya perlu dilakukan cek kesehatan sebanyak dua kali dalam satu tahun, dalam rentang waktu enam bulan. Sekali lagi, jumlah pemeriksaan rutin yang dilakukan juga harus disertai dengan penerapan pola hidup sehat sehingga benar-benar dapat menjaga kondisi tubuh dalam titik ideal.

Jika Anda memiliki riwayat penyakit dalam, tentu jumlah ini akan meningkat sesuai dengan rekomendasi dokter yang Anda datangi. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi lakukan pemeriksaan rutin dengan disiplin sehingga Anda bisa lekas mengetahui jika ada potensi penyakit yang akan muncul.

Baca Juga: Begini Cara Cek Kepesertaan BPJS Kesehatan dengan Mudah 

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, meski badan terasa sehat dan bugar, tetap perlu dilakukan. Bukan hanya untuk memastikan kondisi kesehatan, namun juga secara klinis Anda dapat mengetahui kondisi detail tubuh Anda. Anda dapat memahami apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan agar tubuh tetap dalam kondisi sehat.

Melakukan cek kesehatan dapat dilakukan di banyak tempat. Misalnya, ketika Anda sedang berada di luar negeri dan jadwal tes kesehatan sudah dekat, Anda bisa melakukan tes ini di rumah sakit terdekat. Tentu saja, Anda juga harus memilih rumah sakit yang berkualitas agar hasil tes valid dan dapat dipercaya. Nah, ketika Anda sedang berada di luar negeri dan ada tagihan rutin yang harus dibayar, Anda bisa memanfaatkan layanan yang disediakan Qelola. Layanan remitansi yang satu ini dapat membantu Anda membayarkan berbagai tagihan dengan biaya administrasi yang murah. Segera unduh aplikasinya di sini, dan selalu jaga kesehatan Anda!

 

Tags: , , , , , , , , , ,